-->
Mengenal Istilah Hardware, Software, Dan Plud And Play

Mengenal Istilah Hardware, Software, Dan Plud And Play

belajar komputer

Pada bidang  komputer sering kita mendengar istilah Hardware, Software, dan Plug and Play. Namun mungkin kita sebagai pem mencar ilmu komputer belum ada yang tau apa artinya.
gambar. mencar ilmu komputer 1

Berikut ialah arti dari ketiga istilah tersebut.

Hardware adalah perangkat keras, menyerupai , keyboard, mouse, flashdisk, webcam, casing komputer, peralatan didalam casing komputer (motherboard, kartu memory, harddisk, dll), yang ciri-ciri nya ialah dapat di raba atau di pegang, dan dapat dilihat dengan mata.


Software adalah perangkat lunak, menyerupai sistem operasi Windows,  Program Aplikasi Microsoft Office (Microsoft Word 2013, Microsoft Excel 2013, Microsoft Access 2013, Microsoft PowerPoint 2013, dll), Program pengolah gambar menyerupai Program Paint, PhotoShop, dan lain-lain program.

Semuanya, bagaimana bentuknya tidak dapat diketahui, sebab ia nya tidak dapat dilihat oleh mata, tidak dapat dipegang atau diraba, tetapi dapat kita gunakan untuk keperluan tertentu, jika software nya dalam keadaan baik. Karena jika software terkena virus, kemungkinan besar ianya tidak berfungsi sebagaimana fungsinya.


Plug and Play, ialah kemudahan yang tersedia dalam suatu komputer yang mempunyai kegunaan untuk memudahkan pemakai dalam instalasi prangkat keras. Dengan adanya kemudahan Plug and Play pada komputer, kita sebagai pemakai komputer apabila memasang perangkat keras maka tidak perlu lagi repot-repot menentukan driver atau melaksanakan pengaturan dalam hal settingannya. Karena dengan kemudahan Plug and Play ini, sistem operasi secara otomatis akan menentukan konfigurasinya yang paling tepat.



Semoga bermanfaat, amin.

Baca juga: