-->
Penikmat Kopi Sejati Harus Tahu Perbedaan Kopi Robusta Dan Arabika

Penikmat Kopi Sejati Harus Tahu Perbedaan Kopi Robusta Dan Arabika

Penikmat Kopi - Penikmat kopi sejati niscaya mempunyai selera tersendiri baik dari cara penyajian, jenis kopi yang diseduh, dan gula atau suplemen yang menciptakan kopi semakin nikmat. intinya semua kopi mempunyai kandungan zat yang sanggup menciptakan seseorang tidak mengantuk, sehingga tidak heran jikalau minuman kopi hitam sangat terkenal dikalangan orang yang mempunyai kerja lemburan, begadang malam atau bahkan juga nikmat dinikmati dipagi hari. 



Masyarakat dunia hanya mengonsumsi 2 macam spesies kopi yaitu Robusta dab Arabika. Terdengar abnormal memang bagi kalangan masyarakat biasa alasannya yang sering didengar yakni brand atau brand kopi menyerupai Kopi Kapal Api, Kopi Luwak, Top Kopi, Kopi Indocafe dan jenis lainnya. 

Yuk lihat perbedaan antara kopi Robusta dan Kopi Arabica. 

1. Kopi Robusta   
Kopi robusta yakni kopi yang sangat digemari oleh orang yang berkebangsaan Eropa. kopi robusta hanya memenuhi sekitar 28 % kebutuhan produksi dunia dan negara Vietnam yakni negara terbesar penghasil kopi robusta. tanaman ini sebagian besar ditanam di kawasan dengan ketinggian 400 sampai 800 M diatas permukaan air laut. 

Kopi Robusta (Robusta Coffe) setiap g/100g yang sudah diproses mempunyai kandungan: 

Sukrosa: 1.6
Gula Pereduksi: 0.3
Polisakarida: 37
Lignin: 3.0
Pectin: 2.0
Protein: 7.5-10
Kafein: 1.1-1.3
Trigonelline: 0.7-0.3
Asam Nikotinik: 0.025
Trigliserida,
Sterol/Tocopherol: 11.0
Diterpen: 0.2
Mineral: 4.7
Asam Klorogenat: 3.3-3.8
Asam Alifatik: 1.6
Asam Quinic: 1.0
Melanoidins: 25

2 . Kopi Arabika (Arabica Coffe)

 Negara yang paling memproduksi kopi Arabica yakni Brazil. Kopi Arabika mempunyai sekitar 70% produksi kopi dari penduduk kopi dunia sehingga masuk akal jikalau kopi arabika (Arabica Coffe) lebih banyak dibandingkan dengan kopi robusta. kopi arabika dan robusta mempunyai perbedaan yang sangat mencolok alasannya adanya perbedaan zat yang terkandung di dalamnya: 
Kandungan Zat Kopi Arabika:

Sukrosa: 4.2
Gula Pereduksi: 0.3
Polisakarida: 31-33
Lignin: 3.0
Pectin: 2.0
Protein: 7.5-10
Kafein: 1.1-1.3
Trigonelline: 1.2-0.2
Asam Nikotinik: 0.026
Trigliserida,
Sterol/Tocopherol: 17.0
Diterpen: 0.9
Mineral: 4.5
Asam Klorogenat: 1.9-2.5
Asam Alifatik: 1.6
Asam Quinic: 0.8
Melanoidins: 25
 
Menikmati kopi hitam memang lezat dinikmati ketika santai maupun ketika banyak pekerjaan alasannya dengan meminum kopi sanggup merangnsang otak untuk sanggup memperlihatkan ide-ide kreatif. Menikmati kopi menjadi semakin nikmat jikalau dilakukan pada saat:

a. Pagi hari
Suasana pagi hari menambah kenikatan tersendiri bagi penikmat kopi alasannya ditambah dengan suasana yang sejuk.

b. Malam hari
Bagi yang suka begadang bekerja maupun hanya berbincang dengan teman kopi dijadikan salah satu penambah kegembiraan atau penyemangat.

c. Bekerja
Bekerja tentu membutuhkan berfikir fokus yang cukup tinggi sehingga dengan minum kopi sanggup dijadikan salah satu cara biar sanggup tetap fokus berfikir.

d. Ngeblog 
Duduk di depan laptop sambil menciptakan artikel merupakan kerjaan seorang blogger. kopi hitam menjadi salah satu teman setia bagi mereka seain itu juga sanggup menggugah pandangan gres sehingga memunculkan ide kreatif. 


Sumber https://www.serbandeso.com/

Baca juga: