-->
Perjuangan Mencari Masakan Halal Di Bali Gampang-Gampang Susah

Kata siapa mencari masakan halal di Bali susah? E tapi emang susah sih wkwk. Penduduk di Bali memang secara umum dikuasai menganut agama Hindu, jadi kebanyakan masakan yang dijual tidak halal.

Tapi kau ga perlu khawatir, bersama-sama cari masakan halal di Bali praktis kok, kau cukup pintar-pintar saja searching di google. Pasti banyak yang sharing wacana tempat makan halal di Bali.

Sialnya, sebelum ke Bali saya sama sekali tidak mencari info wacana masakan disini. Karna saya bukan tipe traveler yang suka makan, Makara saya ga kepikiran mau makan dimana, dengan siapa, semalam berbuat apa.. loh ko jadi nyanyi lagu westlife.

Jadi pada dasarnya banyak mengumpulkan gosip sebelum traveling itu penting banget.

HOTEL GRANDMAS SEMINYAK

Mencari masakan yang paling praktis itu di hotel. Kamu ga perlu capek-capek keluar hotel untuk mencari masakan karna semuanya sudah tersedia disini. Tapi namanya juga insan niscaya pengen mencicipi masakan lokal khas tempat setempat, jadi mau gak mau harus tetap mencari masakan ke luar hehe.

Adapun hotel yang saya booking ketika di Bali yaitu Hotel Grand Mas yang letaknya di tempat seminyak. Aku makan di hotel ini hanya untuk breakfast saja. Itupun hanya menentukan hidangan yang kondusif menyerupai roti, croisant, pancake dan masakan lezat lainya. Tapi kayaknya semua masakan di Hotel Grand Mas ini halal-halal sih.

Pancake DI Grandmas Hotel lezat sekali
Jangan lupa ngeteh
Hotel Recommended nih
Sebetulnya saya ingin mereview hotel grand mas di postingan terpisah. Tapi karna lupa memfoto setiap sudut hotelnya jadi kapan-kapan aja deh nginep di sini lagi 'kalo ada rezeki', Sebab hotelnya minimalis banget tapi bikin nyaman. Ini jadi salah satu hotel yang recommended jika ke Bali :)

MAKAN MALAM DI MY WARUNG BATU BELIG SEMINYAK

Malam harinya sesudah puas menjelajah pulau Bali, saya diajak teman-teman dari komunitas kita.Ina untuk merayakan ulang tahun Kita.Ina yang ke 3. Kami segera order kendaraan beroda empat Gocar untuk ke salah satu restautant yang sudah di booking.

Sayangnya, kami tiba terlalu malam sehingga restaurantnya sudah tutup. Akhirnya kami berpindah ke tempat makan lain yang jaraknya tidak terlalu jauh. Akhirnya kami menemukan My warung kerikil belig.

Tempat makan My warung kerikil belig Ini terbilang unik. Dekorasi ruanganya anti mainstream, cocok untuk tempat nongkrong kawula muda.

Dinner Party with Kita.Ina Team

Yang paling kusuka dari My warung kerikil belig adalah terdapat banyak lukisan dan ornamen khas bali yang dipajang di sekitar restaurant. Namun, yang paling unik yaitu ketika saya masuk ke dalam kamar mandi terdapt banyak sticky note yang melekat di dinding. Hampir tidak ada celah yang kosong, semuanya penuh ditempeli post it note.

Salah satu karyawan disini bilang jika mereka sengaja menyediakan kertas sticky note di kamar mandi untuk dipakai para pengunjung. Namanya juga insan kadang ada aja yang doyan vandalisme iseng corat-coret tembok di toilet. Aku rasa dengan adanya sticky note ini kita jadi tetap sanggup mencorat coret toilet tanpa harus merusak tembok.

Gak mau ketinggalan, saya pun ikut menempelkan sebuah sticky note dengan id Instagramku dengan impian supaya banyak orang nyasar yang memfollow akunku :) btw ini id Instagramku, ayo dong difollow @khairulleon

MAKAN DAGING BABI ?!!

Mampir ke tempat makan ga afdhol dong jika engga mereview makananya. Seperti biasa sebelum makan saya lihat-lihat dulu daftar menunya dan seketika pribadi kaget karna disini menyediakan hidangan daging babi!

Sebenernya was was sih mau makan disini tapi ya udah lah ya nyata thinking aja, hasilnya aku  beli nasi ayam bali sambal matah dan minumnya jus pisang. Intinya pilih masakan yang ga ada komplemen babinya. lagi pula pihak My Warung bilang gini di buku menunya : "If you suffer from any food allergies or intolerances, please notify your waiter before placing your order. We cannot guarantee the absence of traces of allergens."

Nasi Ayam Bali Sambal Matah Enak :)
Jus Pisang juga enak
Enak sih ini, sambal matahnya kerasa banget. Tapi abis makan jadi kepikiran lagi jangan-jangan masaknya pake minyak babi, atau masih ada kandungan babi yang nempel ? Gimana dong ya ? Pusing dah wkwk.

Green Tea Latte enak
Sebelum pulang tiba-tiba mbak-mbak pelayan dateng membawa beberapa kepingan kue. Dia bilang camilan anggun ini gratis untuk Kita.Ina yang sedang berulang tahun. Tak berhenti hingga disitu, semua masakan kami di traktir. Wah senang itu sederhana guys :)

KEHIDUPAN MALAM DI BALI

Keesokan harinya saya ga mau mengulangi tragedi yang sama. Kali ini saya lebih selektif membeli makanan.

Sekitar jam 10 malam saya keluar hotel sambil jalan kaki. Setengah jam perjalanan masih belum juga menemukan tempat makan yang cocok. Yang kutemui justru kafe bar berisik yang penuh dengan bule-bule karokean sambil nenggak bir. Rasanya kayak bukan di Indonesia, It feels like in another country.

Sebenernya saya sering melihat kehidupan malam menyerupai ini di film-film. Tapi rasanya beda banget kalo melihatnya secara langsung. Bahkan saya hingga ga berani mengambil gambar karna takut dikira penguntit wkwk.

Mungkin buat kau yang sering jalan-jalan malam di Seminyak Bali sudah terbiasa dengan suasana bebas menyerupai ini, tapi untukku yang gres pertama ke Bali pribadi mencicipi Shock Culture, wkwk nora banget pokoknya dah.

Toko souvenir tidak pernah tutup

Selain bar, disini juga terdapat banyak toko souvenir yang masih buka. Aku pun memasukinya satu persatu hingga hasilnya menemukan Rumah Makan Padang.

NASI PADANG ADALAH SATU-SATUNYA SOLUSI

Bersyukur banget nemu nasi padang alias masakan sejuta umat di Bali. Ga pikir usang saya pribadi masuk dan mesen ayam bakar favoriteku. Beruntung disini tidak ada hidangan babi, jadi sanggup dipastikan nasi padang disini halal.

Entah karna kelaparan atau gimana, nasi padang disini lezat banget. Bisa ku bilang jadi Nasi padang paling lezat yang pernah kumakan di dunia ini. Sayangnya saya aku lupa memfoto dan gak nyatet dimana letak rumah makan padangnya karna sudah terbuai dengan masakanya yang nikmat.

Setelah kenyang saya pribadi membayarnya Rp. 25.000 saja. Next kalo ke Bali lagi saya niscaya akan makan disini :v

ADA VLOGNYA JUGA, TONTON YUK!