-->
Mengatasi Masalah Penggunaan Disk 100% di Windows 10

Mengatasi Masalah Penggunaan Disk 100% di Windows 10

Sebagian besar, mesin Windows sederhana dan dapat diandalkan.

Sayangnya, ketika ada kesalahan, mereka tidak selalu mudah diperbaiki. Kami baru-baru ini mendengar keluhan dari orang-orang yang mengatakan komputer Windows mereka menggunakan 100% dari drive disk mereka.

Ini menghasilkan kinerja sangat lambat.

Tampaknya versi terbaru Windows (Windows 10) memiliki masalah dengan drive fisik. Entah bagaimana, drive-drive itu bekerja terlalu keras. Masalah ini menyebabkan memperlambat sistem operasi Windows. Ini terjadi dengan semua jenis drive, termasuk solid-state drive (SSD) dan hard disk drive (HDD).


Jika Anda menduga komputer Anda berjalan lambat dari yang seharusnya, lihat kolom Disk di Pengelola Tugas. Jika Anda 100% dan Anda tidak menjalankan banyak aplikasi, ada masalah.

Sayangnya, tidak ada cara Anda bisa mengetahui program mana yang menyebabkan masalah ini di dalam Task Manager. Karenanya, dalam artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mendiagnosis dan menyelesaikan penggunaan disk 100% pada Windows 10.


1. Matikan Windows Search


Hal pertama yang Anda butuhkan untuk menonaktifkan Windows Search. Menurut banyak pakar Windows, ada bug di sistem operasi Microsoft Windows 10 yang menghasilkan semacam lingkaran pencarian. Pada dasarnya, komputer Anda terus mencari tanpa alasan, menggunakan lebih banyak memori daripada yang diperlukan. Masalah ini menyebabkan peningkatan beban pada drive sistem fisik.

Untuk mematikan Pencarian Windows sementara, tekan Windows + X, lalu A dan pilih Ya di kotak dialog yang muncul.

Catatan: Tidak ada kotak dialog jika UAC (User Account Control) dinonaktifkan.

Di jendela Command Prompt, ketik: net.exe stop "Windows Search" dan kemudian tekan Enter.


Jika menonaktifkan Pencarian Windows secara permanen, tekan Windows + R, ketik: "services.msc" tanpa tanda kutip dan tekan Enter.

Di jendela Layanan Windows, cari 'Windows Search', klik dua kali padanya, pilih "Disabled" dari menu drop-down jenis Startup dan kemudian tekan OK.



Setelah mematikan Windows Search di Windows 10, kinerja disk harus jauh meningkat. Masalah penggunaan disk Windows 10 100% harus hilang. Jika tidak, lanjutkan ke metode berikutnya.


2. Matikan Superfetch


Terkadang, layanan Superfetch di Windows telah ditentukan sebagai alasan potensial untuk masalah penggunaan disk 100% ini di Windows 10.

Anda dapat mematikan Superfetch dengan perintah "net.exe stop superfetch" di Command Prompt, tanpa tanda kutip.


Untuk menonaktifkan Superfetch secara permanen, navigasikan ke Windows Service (ikuti metode di atas), dan cari Superfetch. Setelah itu, klik dua kali padanya, pilih "Disabled" dari daftar drop-down Startup type dan kemudian tekan OK.


Periksa lagi apakah masalahnya tetap atau tidak. Jika tidak, lanjutkan ke langkah berikutnya!

3. Jalankan Periksa Disk dengan Prompt Perintah


Untuk memulai, luncurkan Command Prompt dengan hak administratif dengan menekan Windows + X, lalu tekan A dan pilih Yes.

Di Command Prompt, ketik: "chkdsk.exe /f /r" tanpa tanda kutip dan tekan Enter.


Terkadang, Anda akan diberitahu bahwa Anda perlu me-restart komputer untuk menggunakan check disk. Tutup saja semua program yang sedang berjalan dan jalankan ulang komputer.

4. Setel Ulang Memori Virtual di Windows 10


Memori virtual menggunakan disk Anda sebagai RAM. Ketika komputer Anda kehabisan RAM, itu akan menggunakan drive sistem Anda untuk menyimpan file sementara dan akan menukar file-file itu kembali ketika diperlukan. Oleh karena itu, ini dapat dianggap sebagai memori fisik meskipun faktanya kinerjanya tidak sama.

Namun, jika ada yang salah dengan pagefile.sys, itu dapat menyebabkan masalah penggunaan disk 100% di komputer Windows 10 Anda. Itulah alasan mengapa Anda perlu mengatur ulang/mengkonfigurasi ulang pengaturan memori virtual untuk memastikan semuanya baik-baik saja.

  1. Untuk memulai, tekan Windows + E, lihat bilah sisi kiri, cari nama komputer Anda (atau PC ini, kalau-kalau Anda belum mengubahnya).
  2. Klik kanan padanya dan pilih Properties.
  3. Di jendela Sistem, lihat bilah sisi kiri dan klik "Advanced system settings".
  4. Dari bagian Performance, klik Settings.
  5. Kemudian pilih tab Advanced, dan klik tombol "Change".
  6. Pastikan kotak bernama "Automatically manage paging file size for all drives" dicentang.


Petunjuk: Untuk memverifikasi apakah memori virtual adalah penyebab masalah penggunaan disk Windows 10 100% atau tidak, Anda dapat menghapus centang pada kotak (disebutkan di atas), pilih "No paging file" dan tekan OK. Setelah itu, mulai ulang komputer Anda untuk melihat hasilnya.


5. Hapus Semua File Sementara Windows


Saya sangat menyarankan Anda untuk menghapus semua file sementara dan kemudian mulai ulang komputer Windows Anda. Menurut beberapa saran dari pengguna di forum Microsoft, membersihkan semua file sementara Windows akan membantu menyelesaikan masalah penggunaan disk 100% di Windows 10.

Untuk melakukannya, tekan Windows + R, ketik: temp dan tekan Enter.


Setelah itu, pilih semua file di folder temp dan kemudian hapus.

Mulai ulang komputer Windows Anda.


6. Matikan Perangkat Lunak Antivirus Anda untuk Sementara


Jika Anda menggunakan perangkat lunak antivirus, program anti-malware, atau aplikasi keamanan internet, saya sarankan Anda untuk sementara menonaktifkannya untuk menguji apakah kinerja disk kembali normal atau tidak.

Jika aplikasi antivirus Anda penyebabnya, Anda dapat menggantinya dengan yang lain dalam daftar perangkat lunak antivirus gratis terbaik untuk Windows. Anda juga dapat menyarankan penyedia aplikasi untuk melihat apakah mereka dapat memberi Anda bantuan.

Jika Anda tidak menggunakan program antivirus pihak ketiga selain Windows Defender, Anda juga harus menonaktifkannya untuk melihat apakah penyebabnya atau tidak. Seorang teman memberi tahu saya bahwa perlindungan berbasis Windows untuk Windows Defender pada Windows 10 terkadang menempati banyak I/O dan penggunaan jaringan, yang dapat menyebabkan masalah penggunaan disk 100%.

Untuk menonaktifkan Windows Defender, navigasikan ke "Settings -> Update & security -> Windows Defender".


Matikan opsi "Real-time protection" dan "Cloud-based protection".

Kesimpulan :

Biasanya, komputer Anda tidak akan pernah menggunakan hingga 100% kinerja disk Anda. Jika Anda tidak dapat memperbaiki masalah penggunaan disk Windows 10% dengan menggunakan metode di atas, maka masalahnya mungkin perangkat keras Anda, terutama HDD / SSD Anda. Mungkin, hard drive Anda menjadi tua, dan sudah waktunya untuk menggantinya.

Selain itu, masalah penggunaan disk yang tinggi dapat dikaitkan dengan alat defrag di Windows 10. Terkadang, komputer Anda mencoba mendefrag drive. Namun, sebenarnya ini adalah solid-state drive bukan hard disk drive. Anda dapat menekan Windows + Q, ketik "Penjadwal Tugas" tanpa tanda kutip dan menonaktifkan tugas defrag disk terjadwal, jika tersedia.
Sumber : https://whatsabyte.com/windows/fix-100-disk-usage-windows-10/
Sumber https://www.batalngoding.com/

Baca juga: