-->
Konfigurasi Jaringan Adhoc dan Sharing Data di Windows 10

Konfigurasi Jaringan Adhoc dan Sharing Data di Windows 10


Berawal dari hilangnya fitur adhoc di windows 10 dan merupakan salah satu tugas di mata kuliah jaringan. Bagi yang belum tahu mari kita simak.

1. Atur PC untuk mengaktifkan ‘file dan printer sharing’.


2. Membuka command prompt pada mode Administrator : Klik tombol windows kemudian ketik ‘cmd’, klik kanan pilih Run as Administrator.


3. Tuliskan perintah netsh pada cmd perintah ini di gunakan untuk menampilkan atau memodifikasi konfigurasi dari suatu jaringan.


4. Kemudian masuk ke menu ‘wlan’


5. Setelah itu tuliskan perintah
set hostednetwork mode=allow ssid=nama jaringan key=password Contoh:  set hostednetwork mode=allow ssid="Lupa Diet" key=gagalnyambung 
Seperti pada gambar di bawah ini.


6. Masih pada cdm tuliskan perintah show hostednetwork untuk melihat status konfigurasi seperti pada gambar di bawah ini.


7. Hidupkan hotspot dengan ketik ‘start hostednetwork’


8. Jika berhasil maka akan ada network baru.


9. Untuk PC lainnya, atur file & printer sharing seperti langkah pertama, kemudian sambungkan ke wifi yang telah dibuat tadi.


10. Ketika sudah tersambung maka buka windows explorer, pergi ke navigasi network. Jika list komputer lebih dari satu, maka ada komputer yang tersambung ke wifi yang telah dibuat.


11. Untuk membagi file/folder dapat dilakukan dengan cara klik kanan, buka tab sharing kemudian share ke ‘everyone’, klik add dan ok.



12. Hasil Sharing Data



Sumber https://www.batalngoding.com/

Baca juga: