-->
Usaha Sampingan PNS Bermodal Kecil Tapi Menguntungkan, Nomor 2 Sangat Menarik!

Usaha Sampingan PNS Bermodal Kecil Tapi Menguntungkan, Nomor 2 Sangat Menarik!

Usaha sampingan pns bermodal kecil - Manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya tentu memerlukan uang dan untuk mempunyai uang tentu harus bekerja, karena tidak mungkin selamanya bergantung kepada orang lain. Ada banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang, namun kebanyakan mindset masyarakat Indonesia ingin menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil).

Orang memandang PNS adalah pekerjaan yang sangat menjanjikan, maka pantas banyak sekali anak muda Indonesia yang kuliah mengambil jurusan perguruan dan lain sebagainya yang bisa menjadi pns. Padahal nyatanya tidak seperti itu, untuk menjadi pns Kamu terlebih dahulu harus mengikuti tes CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil), dimana tidak sedikit orang yang terus - terusan gagal dalam tahapan ini. Sudah bertahun - tahun sekolah tapi terus gagal menjadi pns ?

Gaji PNS juga sebenarnya masih kalah besar dengan gaji wirausaha. Namun jika sudah menjadi pns, Anda bisa mendapatkan gaji dengan jumlah yang tetap atau meningkat setiap bulannya, selain itu ada juga tunjangan - tunjangan lainnya, dan masa tua Anda akan terjamin karena akan mendapatkan gaji pensiun.

Ustadz Aam Amirudin mengatakan bahwa profesi pns tidak bisa membuat orang cepat kaya raya dan bebas finansial. Hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari saja, pendapat ini ada benarnya juga, contohnya tidak sedikit gaji pns yang dipotong untuk membayar hutang.

Oleh karena itu, usaha sampingan pns bermodal kecil sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari dan menjadikan kaya raya. Usaha sampingan pns bisa dikerjakan di jam - jam kosong saja atau membayar orang lain untuk melakukannya.


Beberapa Usaha Sampingan PNS Bermodal Kecil

Pada kesmepatan kali ini saya akan membagikan beberapa usaha sampingan pns yang bermodal kecil tapi sangat menguntungkan bilamana Anda menekuni nya dengan benar.

1. Menekuni bisnis online

 Manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya tentu memerlukan uang dan untuk mempunyai uang  Usaha Sampingan PNS Bermodal Kecil Tapi Menguntungkan, Nomor 2 Sangat Menarik!

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa bisnis online adalah salah satu usaha sampingan pns bermodal kecil tapi sangat menguntungkan, bahkan untuk sebagian orang menjadikan bisnis online sebagai usaha utama untuk mendapatkan uang.

Apalagi sekarang merupakan zaman segala internet, membuat bisnis online mempunyai kesempatan besar untuk dijadikan usaha sampingan pns bermodal kecil. Salah satu bisnis online yang banyak diminati adalah menjadi penjual online (olshop).

Olshop itu tidak mempunyai toko fisik secara nyata, melainkan hanya menggunakan akun dan memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan barang. Usaha seperti ini tentu bisa dilakukan oleh para pns, karena memang usaha ini sangat efisien waktu dan bisa dilakukan dimana saja selagi ada jaringan internet.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang dari YouTube bagi Pemula

Anda bisa membuat online shop sendiri seperti di Instagram atau membuat web, juga Anda bisa menjadi penjual di online shop orang lain, seperti menjadi penjual di Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dll. Online shop bisa dikatakan sebagai usaha sampingan pns bermodal kecil, karena dalam penjualan barang di online shop Anda bisa menerima orderan terlebih dahulu baru memesan barang yang akan dibeli.

2. Menjadi seorang penulis atau blogger

 Manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya tentu memerlukan uang dan untuk mempunyai uang  Usaha Sampingan PNS Bermodal Kecil Tapi Menguntungkan, Nomor 2 Sangat Menarik!

Saya yakin bahwa seseorang yang menempuh sekolah sampai ke perguruan tinggi mempunyai wawasan yang lebih luas daripada orang yang tidak sekolah. Silahkan Anda manfaatkan wawasan Anda untuk berbagi kepada orang lain lewat tulisan, seperti halnya yang saya lakukan kali ini.

Jangan remehkan pekerjaan menulis layaknya blogger seperti ini, karena sekarang banyak sekali blogger Indonesia yang menunjukkan betapa besarnya gaji mereka ketika menjadi blogger, bisa sampai ratusan juga perbulan.

Baca Juga : 3 Situs yang Terbukti Membayar Mahal Penulis

Disamping mendapatkan uang, Anda juga mendapatkan pahala ketika Anda bisa membantu orang lain yang sedang mencari jawaban. Menjadi seorang penulis sangat cocok untuk dijadikan usaha sampingan pns, karena menulis, menjelaskan dan merangkai kata adalah hal yang biasa dilakukan oleh seorang pns.

Tidak hanya menulis artikel di internet saja, Anda juga bisa menjadi penulis buku dengan memanfaatkan bakat dan hobi yang dari dulu sudah tertanam, seperti halnya menulis novel atau menulis berita yang nantinya dikirim ke media berita.

Bila Anda tertarik dengan usaha sampingan pns bemodal kecil tapi menguntungkan yang satu ini, saya bersedia mengajarkan Anda dengan memberikan beberapa artikel tentang Tips Blogging yang bisa Anda baca di blog ini juga.

3. Membuka bimbingan belajar atau kursus

 Manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya tentu memerlukan uang dan untuk mempunyai uang  Usaha Sampingan PNS Bermodal Kecil Tapi Menguntungkan, Nomor 2 Sangat Menarik!

Ilmu adalah investasi yang harus di salurkan kembali supaya ilmu tersebut bisa terus bertambah. Anda bisa memanfaatkan dan menyalurkan wawasan dengan membuka bimbingan belajar.

Misalnya Anda mempunyai kelebihan dalam berbahasa Inggris, gunakan kelebihan tersebut dengan membuka kursus bahasa inggris sebagai usaha sampingan pns Anda. Hanya membutuhkan tempat dan media belajar Anda sudah bisa memulai usaha sampingan pns bermodal kecil ini. Tapi coba lihat betapa banyak anak muda yang mengikuti bimbingan belajar diluar jam sekolahnya.

Dalam membuka bimbingan belajar Anda bisa merangkul orang - orang yang bisa diajak bekerja sama dengan membentuk organisasi yang bertujuan sama - sama ingin membuka bimbingan belajar. Atau mungkin Anda bisa mendaftarkan diri menjadi pebimbing belajar di lembaga orang lain, contohnya di Ganesha Operation.

Apalagi sekarang bimbingan belajar itu bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja berkat adanya internet, seperti contohnya Ruangguru. Dimana siswa bisa menonton video pembelajaran dimana saja dan kapan saja selagi mempunyai waktu dan akses internet. Itulah manfaat bilamana kita bisa menggunakan internet sebaik mungkin.

4. Berjualan pulsa

Semakin berkembangnya zaman, dimana semua hal bisa dilakukan meskipun berjarak jauh, contohnya menghubungi saudara, teman, atau orang lain. Namun untuk melakukan kegiatan tersebut, tentu kita membutuhkan yang namanya pulsa. Meskipun membutuhkan kuota internet juga tentu harus membeli kuota tersebut dengan pulsa kan.

Secara garis besar seorang pns sudah mengenal dan terbiasa akan perkembangan zaman yang satu ini, tidak sedikit pns yang mempunyai smartphone dan aktif di media sosial. Berjualan pulsa adalah peluang besar untuk dijadikan usaha sampingan pns. Bahkan Anda bisa menjual pulsa ketika sedang jam kerja sekalipun, karena berjualan pulsa itu tidak membutuhkan waktu yang lama, maksimal 5 menit untuk mengirim pulsa juga sudah cukup.

Meskipun hanya meraih keuntungan sekitar 1rb sampai 2rb saja, tapi jika banyak yang membeli akan menjadi usaha sampingan pns bermodal kecil tapi menguntungkan. Apalagi jika Anda mempunyai konter di rumah yang bisa Anda kelola setelah beres jam kerja.

5. Membuat kost - kostan

 Manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya tentu memerlukan uang dan untuk mempunyai uang  Usaha Sampingan PNS Bermodal Kecil Tapi Menguntungkan, Nomor 2 Sangat Menarik!

Tidak sedikit pns yang mempunyai gaji besar dan mempunyai tabungan yang besar pula. Daripada Anda simpan tabungan tersebut dan dipakai untuk membeli barang yang kurang bermanfaat, lebih baik Anda membangun atau membuka kost - kostan.

Usaha sampingan pns ini memang membutuhkan modal yang lumayan besar karena butuh dana untuk membeli tanah dan pembangunan. Namun jika sudah berjalan, usaha sampingan pns ini sangat menguntungkan, apalagi jika posisi kostan nya strategis. Karena akan banyak sekali, khususnya mahasiswa yang jauh dari rumahnya dan memutuskan untuk tinggal di kostan.

Tarif kostan yang bertempat strategis sekarang minimal Rp. 500.000/bulan. Anda jangan khawatir untuk masalah pengurusan atau penjagaan. Karena dengan tarif segitu dan mempunyai banyak kostan, Anda bisa menyewa jasa orang yang bersedia untuk menjaga kostan Anda tersebut.

6. Membuka usaha peternakan

 Manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya tentu memerlukan uang dan untuk mempunyai uang  Usaha Sampingan PNS Bermodal Kecil Tapi Menguntungkan, Nomor 2 Sangat Menarik!

Ternyata peternakan adalah usaha yang sangat menguntungkan, semua itu saya ketahui setelah melakukan observasi tugas sekolah ke beberapa perternakan ayam petelur.

Dari beberapa tempat yang diobservasi, ternyata mereka tidak sekolah di peternakan, melainkan mereka hanya belajar secara otodidak dengan memanfaatkan buku dan internet. Mereka hanya membutuhkan modal dan keberanian untuk memulai bisnis ini.

Namun dari beberapa tempat tersebut, tidak ada satu tempat yang malah rugi ketika memulai bisnisnya. Semuanya berjalan dengan lancar, bahkan ada sebagian yang berpenghasilan lebih dari Rp.1.000.000 setiap harinya sampai - sampai mereka bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Mungkin bisnis peternakan ini bisa dijadikan usaha sampingan pns yang menguntungkan. Dimana tidak sedikit pns yang memiliki tabungan besar, investasi kan tabungan tersebut untuk membuka bisnis lainnya dan bisa lebih meningkatkan ekonomi Anda. Selain itu, bisnis seperti ini bisa membantu Anda nanti bilamana sudah pensiun.

7. Menjadi driver online

 Manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya tentu memerlukan uang dan untuk mempunyai uang  Usaha Sampingan PNS Bermodal Kecil Tapi Menguntungkan, Nomor 2 Sangat Menarik!

Usaha sampingan pns yang satu ini juga adalah bentuk dari memanfaatkan internet dengan baik. Karena driver online bekerja bila menerima pesanan lewat internet. Bagi seorang pns usaha sampingan ini cocok dan bermodal kecil untuk kalangan pns, karena secara garis besar pns sudah mempunyai smartphone dan kendaraan yang layak, bahkan mobil sekalipun bisa digunakan.

Menjadi driver online bisa dilakukan kapan saja jika Anda mempunyai waktu luang, meski tengah malam juga bisa selagi ada orang yang memanggil. Meskipun driver online dikenal dengan bayaran yang murah, tapi sekarang banyak sekali orang yang lebih memutuskan untuk naik angkutan online, karena memiliki fasilitas yang nyaman. Jadi Anda jangan khawatir mendapatkan tumpangan yang sedikit, selagi Anda berada di tempat strategis (kota) pasti akan banyak orang memanggil.

Itulah beberapa usaha sampingan pns bermodal kecil tapi menguntungkan yang bisa saya rangkum saat ini, ke depannya artikel ini akan saya update bila menemukan usaha sampingan pns yang lebih menguntungkan lagi.

Jangan terpaku dengan satu pekerjaan untuk mendapatkan kesuksesan, tapi coba untuk berinvestasi lebih besar lagi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga: