-->
9 Laba Dan Kerugian Bagi Perjuangan Fotocopy Yang Wajib Anda Pahami

9 Laba Dan Kerugian Bagi Perjuangan Fotocopy Yang Wajib Anda Pahami

Kita tahu segala hal itu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing tak terkecuali dalam dunia usaha. Salah satu perjuangan yang gampang dijalankan namun butuh modal cukup besar, yakni perjuangan fotocopy juga mempunyai laba dan kerugiannya masing-masing.

Bagi anda yang berniat membuka perjuangan fotocopy apalagi jika anda pemula, maka simak dulu ulasan dibawah alasannya yakni sebelum anda berperang didalam medan pertempuran bisnis fotocopy, anda harus tahu seluk beluk medan dan teladan perjuangan fotocopy biar jalan anda bisa hingga ke ujung kesuksesan.

Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangannya ?


5 Keuntungan Usaha Fotocopy

1. Praktis dijalankan

Anda niscaya pernah tiba ke tukang fotocopy untuk melaksanakan copy dokumen dan anda niscaya melihat prosesnya. Sekarang perhatikan prosesnya, bagaimana berdasarkan anda ? untuk melaksanakan fotocopy, kita hanya perlu memasukan dokumen yang akan di copy kedalam mesin fotocopy.

Lalu siapkan kertas HVS dan pencet tombol perintah pada controler mesin fotocopy dan bimsalabim dokumen tersebut sudah digandakan hingga beberapa lembar dalam waktu kurang dari 10 detik.

Ternyata yang melaksanakan proses fotocopy itu mesin, dan kita Cuma operator yang kerjanya Cuma mencet tombol saja. Anak SD pun bisa melaksanakan ini, sehingga bisa dikatakan bisnis fotocopy itu sangat gampang dijalankan.

2. Modal berjalan cukup murah

Harga kertas 1 RIM itu hanya sekitar 30 ribu dengan isi mencapai 500 lembar, anggap perjuangan kita akan ramai sehingga perhari itu ada sekitar 1.000 copy. Maka kertas yang dibutuhkan itu 2 RIM = 60 ribu. Sementara tinta toner harganya sekitar 115 ribu/Kg yang bisa mencetak hingga 20 ribu lembar. Ini artinya dalam sehari modal berjalan yang dibutuhkan itu kurang dari 100 ribu rupiah. Dibandingkan jenis perjuangan lain menyerupai toko kelontong atau bisnis warung makan, ini yang paling kecil.
Baca pula Rincian modal perjuangan fotocopy supuer lengkap

3. Stabil alasannya yakni bukan perjuangan musiman

Memang tidak semua lokasi sama dengan laba yang ketiga ini, jika lokasi perjuangan fotocopy ada didaerah pemukiman maka tidak ada istilah musiman. Karena setiap hari, setiap ahad dan setiap bulan ada orang yang membutuhkan jasa fotocopy entah itu fotocopy dokumen keluarga, dokumen pribadi, atau undangan.

Kecuali mereka yang mempunyai perjuangan fotocopy yang terletak didekat sekolah, mungkin akan ramai hanya pada musim-musim tertentu saja.

4. Banyak dibutuhkan orang sehingga potensi laba besar

Seperti yang dikatakan diatas, jika kita sempurna dalam seni administrasi menentukan lokasi maka laba akan besar nantinya alasannya yakni kebutuhan akan copy dokumen kini dibutuhkan oleh semua orang. Dan orang tersebut niscaya akan tiba ke jasa fotocopy kecuali mereka punya mesin fotocopy yang harganya setara dengan motor 150 cc baru.

Contoh yang paling mudah, dikawasan sekolah atau akademi tinggi maka para pelajar atau mahasiswa yang akan berbondong-bondong ke jasa fotocopy apalagi ketika masa-masa ulangan niscaya akan tambah ramai.

Contoh lainnya, dikawasan pemukiman penduduk maka yang akan tiba yakni mereka para penduduk yang punya kebutuhan akan copy dokumen menyerupai pembuatan undangan atau dikala akan menciptakan dokumen ke kantor pemerintahan juga biasanya perlu fotocopian.

5. Cuma butuh ruang yang kecil

Siapa bilang perjuangan fotocopy itu perlu ruang menyerupai toko sembako ? setidaknya, ruangan pada perjuangan fotocopy harus muat untuk menampung mesin fotocopy dan satu buah etalase untuk menjajakan ATK sebagai pemanis perjuangan anda.

Kerugian Usaha Fotocopy


1. Modal awal cukup besar

Kalau yang dibahas diawal tadi yakni modal berjalan atau modal harian yang diharapkan ketika semua aset sudah anda punyai. Tapi duduk perkara bahwasanya pada perjuangan fotocopy ini ada pada pengadaan aset tersebut yang perlu dana besar.

Aset yang perlu disiapkan itu lokasi dengan desain bersih, mesin fotocopy dengan harga lebih dari 20 juta satu unit, dan etalase toko kecil. Modal awal untuk menjalankan perjuangan fotocopy ternyata hampir menyentuh angka 30 juta rupiah. Pertanyaanya, apakah anda bisa menyediakan biaya sebesar ini ?

Kalau tidak maka anda sudah kalah sebelum berperang, anda bisa mencari solusi lain menyerupai memakai paket fotocopy yang dibayarkan dalam sistem kredit atau anda juga bisa sewa mesin fotocopy ataupun anda bisa beli mesin fotocopy  bekas untuk menghemat.

2. Balik modal lama

Kalau satu lembar saja fotocopy, sanggup margin 50 rupiah, maka dalam 1.000 lembar copy, hanya mendapat untung higienis Rp. 50.000,- itupun belum terpotong dengan biaya listrik. Kalau mau menaikan harga, resikonya kalah bersaing alasannya yakni dikala ini sudah perjuangan fotocopy sudah menjamur dimana-mana.

Ini yakni tantangan berikutnya, dalam menjalankan perjuangan fotocpy anda jangan berpaku hanya pada jasa fotocopy saja. Tapi berikan service lain, misal cetak undangan, laminating, cetak foto, dan jual ATK. Memang modalnya lebih jerawat tapi balik modalnya bisa lebih cepat.

3. Kesuksesan sangat ditentukan proses perencanaan yang super matang

Maksud dari pernyataan ini, yakni semua perjuangan anda akan berjalan mulus jika anda sudah merencanakan semuanya dengan sangat amat matang. Mengapa kedengarannya begitu sulit ? ini alasannya yakni perjuangan fotocopy berbeda dengan perjuangan lain, perjuangan ini sangat bergantung pada lokasi.

Sehingga, anda harus bisa memastikan lokasinya strategis. Bukan Cuma ramai, tapi pastikan disitu sasaran anda ada (ada kalangan pelajar setidaknya), pastikan juga service yang anda tawarkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan orang sekitar, pastikan juga disitu tidak ada pengusaha fotocopy lain.

4. Khusus dilokasi akomodasi pendidikan sepi dikala ekspresi dominan liburan

Khusus bagi anda yang menentukan akan menentukan lokasi didekat sekolah atau akademi tinggi memang akan sangat strategis apalagi jika disitu masih sepi persaingan. Tapi sekolah atau akademi tinggi hanya akan terlihat ramai pada dikala jam belajar.

Kalau hari minggu, dan masa libur, tempat-tempat itu tak lebih dari rumah kosong yang sepi dan terkesan mencekam. Lalu siapa yang akan tiba ke tempat anda jika sekolahnya saja libur ? Ini yakni tantangan yang harus dihadapi dan diselesaikan khusus bagi anda yang menentukan di lokasi sekitar akomodasi pendidikan.

Kesimpulannya 9 point kelebihan dan kelemahan perjuangan fotocopy diatas, akan anda hadapi dikala menjalankan perjuangan fotocopy. Khusus untuk kelemahannya, anda harus kreatif untuk mencari tahu jalan keluarnya.

Baca juga: