-->
6 Tips Sukses Untuk Membuka Perjuangan Fotocopy Bagi Pemula

6 Tips Sukses Untuk Membuka Perjuangan Fotocopy Bagi Pemula

Kalian yang berminat dan berniat untuk membuka perjuangan fotocopy harus mempelajari seluk beluk bisnis fotocopy ini hingga keakar-akarnya. Karena perjuangan fotocopy mempunyai perlakuan yang berbeda dengan perjuangan lain. Apalagi anda ialah pemula di bidang perjuangan fotocopy ini, perlu dicermati bahwa perjuangan fotocopy itu tidak terlalu mengharuskan kita mempunyai keahlian teknis. Karena untuk melaksanakan fotocopy dokumen semua orang juga sanggup melakukannya.

Namun, perjuangan ini akan sangat memerlukan keahlian analisa kita ketika akan mendirikannya. Maksudnya, sukses tidaknya bisnis fotocopy anda nantinya akan sangat dipengaruhi analisan dan perhitungan anda ketika ini. Lantas, bagaimana cara membuka perjuangan fotocopy yang sukses ? dan apa strateginya bagi pemula ? kita akan bahas dibawah.


1. Pemilihan lokasi ialah pintu awal menuju kesuksesan perjuangan fotocopy

Sama ibarat bisnis yang bekerjasama dengan perdagangan, lokasi masih menjadi kunci pertama untuk mendapat bisnis yang sukses dan lancar. Dalam menentukan lokasi perjuangan fotocopy, ada beberapa indikator yang perlu diperhatikan. Antara lain :
  • Target konsumen
  • Persaingan
  • Lalu lintas disekitar lokasi
Yang pertama, anda perlu menentukan sasaran konsumen dari perjuangan anda itu siapa. Sekarang tanyakan dalam diri anda, kira-kira siapa saja yang akan melaksanakan fotocopy dokumen ?

Siapapun bekerjsama berpotensi membutuhkan jasa fotocopy, namun yang paling membutuhkan ialah dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Dari kantor-kantor swasta dan pemerintahan juga memerlukan dokumen fotocopy namun pada kantor tersebut umumnya sudah mempunyai mesin fotocopy sendiri, jadi jangan pilih lokasi diarea kantor.

Lokasi yang paling strategis ialah akomodasi pendidikan ibarat SMP, SLTA dan Perguruan tinggi. Namun, kita lihat indikator berikutnya. Bagimana peta persaingan bisnis pada lokasi tersebut. Kalau ada satu yang sudah berdiri, anda sanggup bekeliling di sekitar lokasi untuk menemukan sudut mana yang kira-kira masih menguntungkan. Artinya anda tetap sanggup membuka perjuangan ini bila sudah ada yang bangun tapi jangan berjejer, buka di lain blok namun masih satu daerah dengan sasaran lokasi yang diambil.

Lokasi dipemukiman juga tak kalah menggiurkan, ini sanggup anda ambil apabila di tempat pendidikan rasanya kurang memungkinkan untuk membuka perjuangan fotocopy. Anda sanggup menyasar ke area pemukiman, contohnya di daerah kost mahasiwa (jangan pilih di kost karyawan).

Atau anda sanggup menentukan di pemukiman penduduk, bila ini targetnya bukan hanya dari kalangan pelajar dan mahasiswa namun juga dari orang umum. Sehingga anda perlu menambah service lainnya ibarat cetak seruan dan jualan ATK.

Akan lebih manis lagi bila lokasinya dijalan yang ramai, sama ibarat perjuangan lain, bila posisinya di pinggir jalan yang ramai maka potensi perjuangan anda untuk sukses juga semakin besar. Kalau anda sanggup mempertemukan indikator ini (berlokasi didekat sarana pendidikan, bersahabat pemukiman pula, dan dipinggir jalan yang ramai) maka itu ialah kesempatan emas. Jangan tunda untuk mengambil lokasi itu.

2. Hitung perlengkapan menurut modal yang dimiliki

Terkadang seorang pemula akan dihadapkan pada problem budget yang minim. Disinilah kita melaksanakan perhitungan perlengkapan apa saja yang akan dibutuhkan semoga modalnya tidak terlalu membludak. Perlengkapan yang harus anda perhitungkan antara lain :
  • Sewa tempat
  • Mesin fotocopy
  • Etalase
  • Biaya listrik bulanan
Hanya empat hal yang perlu anda perhitungkan apabila anda masih mempunyai budget yang minim. Sisanya, anda sanggup isi sendiri etalase dengan ATK yang diharapkan oleh sasaran konsumen anda.

Namun bila anda punya modal lebih (sampai 100 juta misalnya) anda sanggup membeli beberapa perlengkapan aksesori ibarat komputer, printer, dan untuk mesin fotocopy sanggup anda pilih yang otomatis. Agar service semakin lengkap dan jadinya memuaskan.

3. Gunakan mesin fotocopy gres yang sudah umum digunakan atau sanggup bekas bila budget minim

Untuk mesin fotocopy lantaran inilah aset yang paling memberi pengaruh, maka pastikan anda menentukan mesin fotocopy yang terbaik. Pilih mesin fotocopy dengan kondisi sebagai berikut :
  • Hemat energi (ada label energi star) yang mempunyai daya listrik rendah
  • Merk umum digunakan semoga ketika terjadi kerusakan anda tidak perlu gundah mencari teknisi yang sanggup memperbaiki
  • Pilih yang punya kualitas copy yang baik (bersih dan jelas)
Selebihnya, anda sanggup menentukan spesifikasi mesin fotocopy lainnya terserah anda.

Apakah harus memakai mesin fotocopy gres ? Kalau budget anda banyak itu harus pakai yang baru, namun mesin gres tidak sanggup memastikan akan awet. Jadi, anda sanggup pilih mesin fotocopy bekas yang memang masih mempunyai kualitas bagus, sehingga harganya lebih awet.

Anda sanggup membeli mesin fotocopy bekas ini pada kantor-kantor pemerintahan atau swasta. Biasanya di kantor tersebut suka ada upgrade perlengkapan, jadi sangat mungkin mereka mengganti mesin fotocopy ke mesin yang lebih maju semoga proses copy sanggup lebih cepat. Anda sanggup membeli mesin fotocopy yang tidak terpakai tersebut pastinya dengan harga lebih murah.

Jangan membeli mesin bekas di sesama pengusaha fotocopy, lantaran mereka mengganti mesin fotocopy lantaran memang ada kerusakan. Mereka berasumsi mending mengganti gres daripada tekor menghadapi kerusakan yang tak berujung. Kalau anda membelinya, maka anda yang akan tekor.

4. Atur biaya fotocopy per dokumennya sehemat mungkin

Untuk menentukan biaya copy perlembar, anda sanggup menghitungnya menurut harga kertas dan consumable parts lainnya.

Namun jangan lupa untuk melaksanakan sedikit riset, coba anda mengcopy beberapa dokumen ke beberpa jasa fotocopy didekat daerah anda. Lalu bandingkan harga perlembarnya.

Saat anda sudah tahu kisaran harga fotocopy perlembarnya, maka anda sanggup menerapkan harga tersebut tentunya dengan memperhatikan beberapa hal ibarat lokasi dan tingkat persaingan. Kalau lokasinya dipinggir jalan, anda sanggup lah menerapkan tarif lebih tinggi lantaran mereka yang akan melaksanakan fotocopy kebanyakan orang lewat yang bukan dari daerah itu.

Namun, bila lokasinya di bersahabat akomodasi pendidikan atau pemukiman, anda harus menerapkan tarif yang seminim mungkin. Tujuannya untuk menarik pelanggan setia dan semoga mempunyai label murah.

5. lengkapi perjuangan anda dengan service lain yang masih berkorelasi

Kalau anda hanya mengandalkan fotocopy saja itu kurang maksimal. Umumnya, perjuangan fotocopy akan disandingkan dengan beberapa perjuangan lain yang ibarat penjilidan, cetak undangan, cetak foto, dan jualan ATK.

Anda juga sanggup menyandingkan jenis perjuangan lain namun yang masih berkorelasi atau yang masih bekerjasama dengan dunia dokumentasi ibarat pembuatan brosur, atau pencetakan baner.

6. Buat banner didepan gerai yang melampirkan service apa saja yang anda tawarkan


Terakhir, bila perjuangan fotocopy anda sudah buka apa pribadi ada orang yang tiba untuk melaksanakan fotocopy ? tentu tidak lantaran semua orang belum tahu bila ada tempat fotocopy baru.

Oleh alasannya ialah itu, pasang baner didepan perjuangan anda yang mencantumkan semua service yang anda tawarkan. Dengan demikian, mereka yang membacanya akan tahu bila ada tempat fotocopy dan barulah anda mendapat pelanggan.

Selain 6 hal diatas, ada satu hal yang harus anda lakukan yakni berdoa. Karena tanpa doa, semua perjuangan yang anda jalankan hanya berakhir dengan capek dan jadinya kurang berkah. Makara itulah yang sanggup kita bahas semoga sanggup menjadi referensi.

Baca juga: