-->
5 Tips Untuk Perjuangan Fotocopy Pemula Biar Sukses Sampai Omset Naik 300%

5 Tips Untuk Perjuangan Fotocopy Pemula Biar Sukses Sampai Omset Naik 300%

Ketika membuka perjuangan fotocopy dan ATK, ada beberapa teknis yang perlu anda pahami. Teknis ini berkaitan pribadi dengan tata cara management bisnis fotocopy.

Sebenarnya, tidak ada hukum khusus yang wajib diikuti dikala anda buka perjuangan fotocopy. Namun, kita kan mencari laba yang besar, jadi semua hal perlu kita optimasi. Langkah-langkah meningkatkan secara optimal toko ATK dan fotocopy inilah yang berpotensi meningkatkan omset perbulan.

Lalu menyerupai apa cara buka perjuangan fotocopy yang sukses ?


Mari kita bahas tips – tips dalam menjalankan perjuangan ini.
Pemilihan Lokasi Yang Sangat Pas
Pemilihan lokasi kita bahas yang pertama sekali. Ini disebabkan menyerupai apa lokasi yang anda pilih, akan menentukan menyerupai apa bisnis anda nantinya.
Bukan Cuma bisnis fotocopy, bisnis niaga lain yang offline juga sangat bergantung pada pemilihan lokasi.
Setidaknya, pada perjuangan fotocopy anda harus memilihnya dengan pertimbangan sebagai berikut ;
  • Strategis
  • Kalau bisa ada di pinggir jalan
  • Dekat dengan pemukiman/perumahan penduduk
Strategis dalam hal ini, artinya lokasi yang anda pilih setidaknya menjadi kemudian lalang mereka para calon konsumen anda. Untuk mencari lokasi yang strategis untuk bisnis fotocopy, pertama anda perlu memahami siapa sasaran konsumen anda.

Untuk bisnis fotocopy, sasaran konsumen kita yaitu meraka para siswa/mahasiswa, PNS, karyawan kantoran, dan orang sipil.

Sehingga, untuk menemukan tempat yang strategis setidaknya anda perlu melihat apakah lokasinya akrab dengan akomodasi pendidikan atau tidak ? jika menentukan lokasi didekat kantor perusahaan atau kantor pemerintahan, kini umumnya kantor-kantor tersebut sudah mempunyai mesin fotocopy sendiri.

Sehingga lebih pas jika kita pilih didekat sekolah atau kampus.

Selain itu, kita juga menargetkan orang sipil yang sedang mempunyai urusan dengan dokumentasi. Sehingga selain berada didekat akomodasi pendidikan, lokasi yang dipilih juga didekat perumahan, kost-kostan. Semakin padat perumahan semakin anggun pula.

Dan jangan lupa pilih lokasi di pinggir jalan utama, bukan jalan utama antar provisnis tapi jalan utama desa atau kecamatan. Ini dikarenakan jalan utama desa atau kecamatan, menjadi kanal utama warga untuk memenuhi kebutuhan. Kalau jalan antar provinsi atau antar kota, itu mereka umumnya hanya melintas.

Pemilihan mesin fotocopy yang berkualitas
Saat menentukan mesin fotocopy memang terkesan untung-untungan, lantaran brand anggun tak menjamin umur mesin tahan lama. Oleh alasannya itu, jangan tertipu dengan pelengkap harga mahal jika anda sendiri belum tahu bagaimana kualitasnya.

Perlu diketahui juga, mesin fotocopy sebagai aset utama perjuangan fotocopy secara tidak terlihat juga mensugesti biaya operasional secara keseluruhan. Artinya, mesin fotocopy yang cengeng, akan menuntut biaya perawatan dan perbaikan. Sehingga biaya operasional membludak.

Namun, mesin fotocopy yang anggun dan baka mempunyai hasil cetakan baik sehingga mengundang kepuasan para konsumen. Sehingga bisa sanggup feedback faktual dan konsumen anda pun semakin bertambah.

Lalu mesin menyerupai apa yang harus dipilih ?
  • Pertama pastikan service center dari vendor mesin fotocopy tersebut dekat. Sehingga begitu ada kerusakan, bisa ditangai dengan mudah.
  • Pilih yang mempunyai kualitas cetak baik (tidak buram) dan bersih, lantaran kadang ada mesin fotocopy yang mempunyai hasil cetakan kotor (ada bayangan hitam), sehingga konsumen kurang puas. Untuk menemukan mana yang terbaik, anda bisa meminta sampel hasil fotocopy tiap mesin.
  • Bekas atau baru, itu tergantung. Kalau anda tidak mempunyai duduk kasus dengan modal, beli gres itu harus. Tapi jika anda masih minim modal, beli bekas pun tidak duduk kasus mengingat harga mesin fotocopy gres itu sekitar 20 jutaan namun minta garansi juga pada sang penjual.
Setelah anda berhasil menentukan mesin fotocopy yang pas, baca baik-baik hukum pakai mesin tersebut. Pahami apa yang dihentikan dilakukan, sehingga mesin fotocopy bisa lebih awet.

Lengkapi perjuangan anda dengan menjual ATK yang diperlukan
Kalau kita mengandalkan fotocopy saja, itu kurang menguntungkan seramai apapun bisnis anda. Karena coba perlembar fotocopy itu biayanya sekitar 200 rupiah. Agar menerima omset 50 ribu perhari saja, kita harus melaksanakan fotocopy 250 lembar.

Namun, jika anda menjual barang lain yang masih berafiliasi dengan dokumentasi maka manfaatnya bisa berlipat-lipat.

Barang yang dijual yaitu ATK, namun sesuaikan dengan lokasi anda. Artinya jika akrab dengan kampus, sediakan banyak stok barang ATK yang memang paling dibutuhkan mahasiswa. Namun jika lokasinya ada didaerah perumahan, sediakan banyak stok barang yang memang banyak diharapkan orang umum.

Ambil jasa lain juga (pengetikan, print, cetak undangan)
Selain menjual ATK, ada sektor lain yang bisa anda ambil. Yakni jasa pengetikan, jasa cetak undangan, dan jasa printing. Jasa-jasa menyerupai itu sangat identik dengan kepentingan dokumentasi, mengingat kini banyak orang punya laptop tapi tidak punya printer. Sehingga untuk mencetak dokumen, pilihannya ada di perjuangan anda.

Apalagi jika lokasinya didaerah perumahan, biasanya akan ada orderan cetak usul pernikahan, usul ulang tahun, hingga cetak foto. Oleh lantaran itu, semoga semakin menarik siapkan pula variasi format usul yang menarik.

Selain tiga service tambahan diatas, anda juga bisa tambahkan lagi jika anda mampu. Misal cetak banner, penjilidan, dan lain sebagainy.

Banner atau papan nama yang jelas
Kalau sasaran konsumen anda hanya orang-orang terdekat disekitar lokasi perjuangan anda, maka banner atau papan nama ini tidak terlalu penting lantaran mereka sudah tahu bahwa disitu ada sebuah jasa fotocopy. Namun untuk orang jauh yang kebetulan lewat, mereka tidak tahu jika disitu ada jasa fotocopy.

Sehingga apabila mereka mempunyai kepentingan terkait dokumentasi, mereka hanya akan melewati toko anda. Namun dengan papan nama atau banner yang terlihat jelas, mereka bisa tahu bahwa disitu ada jasa fotocopy dan mereka juga tahu service apa saja yang anda tawarkan. Sehingga jika cocok dengan kebutuhan mereka, mereka akan mampir.

Selain 5 cara diatas, masih ada satu tambahan yakni anda harus mengompress biaya operasional untuk meningkatkan pendapatan tanpa menaikan penjualan. Cara ini, umumnya dipakai pada bisnis-bisnis besar namun anda juga bisa menerapkannya. Prinsipnya, anda perlu mengevaluasi beberapa hal menyerupai pemakaian listrik, tenaga kerja, pemakaian air dan biaya operasional lain. Kalau bisa, minimalkan penggunaan hal-hal tersebut semoga biaya pengeluaran untuk operasional makin minim.
Kalau biaya operasional minim, otomatis range untuk pendapatan higienis akan semakin bertambah.

Baca juga: