-->
Tips Memilih Topik Yang Akan Dibahas Dalam Blog

Tips Memilih Topik Yang Akan Dibahas Dalam Blog


Setelah  membuat  blog, anda akan melanjutkan  dengan  membuat  artikel, disini persoalan bahu-membahu muncul, anda harus menentukan dengan benar topik apa yang akan dibahas, tulis, dan dipublikasikan. Menurut saya, tulislah yang anda kuasai dulu, seiring dengan berjalannya waktu, anda akan memahami bagaimana  cara menjadi  blogger  yang  benar  dengan  teknik- teknik  terbaik pilihan anda. Pahami  juga apa  tujuan anda menciptakan web/blog  tersebut, untuk  personal, komunitas atau bisnis, apakah konten yang anda bagikan terfokus atau umum ? 


Arti dari blog personal disini bukan berarti blog yang  isinya hanya curhatan penulis, bukan menyerupai itu, tapi blog personal berarti blog yang dikelola oleh anda sendiri, apapun niche yang dibawakan. Niche ialah topik atau bahasan yang fokus dan diminati oleh sasaran tertentu. Niche blog  adalah  saat  kita menulis mengenai  suatu  topik  dan  hanya  topik  itu  yang  anda  bahas. Contohnya, blog  yang hanya membahas  tentang  sepakbola,  isinya hanya  tentang  sepakbola saja.
Selain  menentukan  topik  pembahasan  dari  yang  anda  kuasai,  bisa  juga  anda  menentukan topiknya melalui beberapa proteksi pihak ke 3, anda dapat menuliskan topik yang memiliki banyak peminat.Misalnya dengan google adword, di buku sudah ada caranya, silahkan mencari di daftar isi, disana anda dapat menentukan topik apa yang nantinya dapat dituliskan dalam blog.

Ada beberapa topik yang umumnya dibawakan oleh para blogger, diantaranya :
  • Berita  (Politik,  ekonomi,  kriminal, dll) 
  • Tutorial video dan audio 
  • Tutorial edit gambar dan desain 
  • Tutorial komputer dan gadget 
  • Blog makanan 
  • Blog fashion 
  • Blog travel 
  • Bisnis online 
  • Toko atau jasa online 
  • Blog ihwal tanggapan soal 
  • Kesehatan 
  • Otomotif
Daftar  topik  diatas  merupakan  dasarnya  saja  karena  pembahasan  didalamnya  masih  luas, teladan untuk otomotif, disini anda dapat membahas persoalan mobil, motor bahkan ulasan merkoli kendaraan terbaik. Apapun yang anda sukai. Setelah menemukan topik yang terbaik, kiprah anda berikutnya mulai menciptakan artikel gres dengan memasukkan keyword yang paling cocok dan mendatangkan kunjungan banyak orang.
Keyword atau kata kunci ini merupakan bab paling penting dalam penulisan, ketika menulis artikel, kita niscaya mengetik banyak kata disitu, kumpulan-kumpulan kata itu terangkai menjadi beberap paragraf dengan jumlah hurufnya ratusan hingga ribuan, nah dari sekian banyaknya rangkaian yang ada ternyata minimal harus ada 1 kata yang menjadi fokus penulisan, kata yang mau di tembak (diunggulkan) dalam satu posting yang dibuat.

Topik sudah, keyword sudah, jangan lupakan yang paling penting, apalagi jikalau bukan judul. Tanpa judul yang baik, tulisanmu akan menjadi tidak menarik. Menentukan topik menurut hoki Menentukan apa yang akan dibahas dalam blog tanpa melalui proses yang “ilmiah”, tidak ada tool,  tidak ada proteksi software apapun dan prosesnya menyerupai seorang cukup umur yang mencari jati diri. Saya rasa anda akan menyukai cara yang satu ini, dan cara ini juga aku gunakan ketika pertama kali menciptakan blog. Silahkan anda simak cara sederhana dibawah ini.

Buatlah  blog  anda  menggunakan  nama  yang  umum  digunakan,  tidak  secara  pribadi menjelaskan ihwal isi blog, disini anda akan mencari tau diri anda dan konten apa yang paling menarik nantinya. Tulis apapun di blog anda, publish artikel dengan judul dan kategori yang berbeda-beda, bagikan kiriman ke media umum atau tingkatkan keterlihatan di mesin pencari. Lihat blog anda, lihat bab artikel mana yang paling menarik pembaca, setelahnya silahkan buat artikel serupa dan kembali bagikan ke media sosial, apakah  jumlah orang yang  tertarik dengan  goresan pena anda akan  tetap  tinggi ? Jika  tetap  tinggi,  itulah konten paling cocok dengan anda dan blog anda. 

Belum paham dengan maksud aku ? 

Dulu, waktu pertama menciptakan blog, aku menciptakan blog dengan nama yang aneh, disitu aku tulis konten apapun menyerupai gado-gado atau campur-campur, saya  isi curhatan, saya  isi kisah komedi dan goresan pena lainnya. Satu ketika, aku tulis post dengan judul “cara internetan gratis di android  dengan  opera  handler dan BOOOOMMM.. kunjungan  yang  biasa  cuma  100/hari ketika  saya  bagikan  artikel  ke  media  sosial,  kunjungan  harian  saya  naik  dan  terus  naik. Kemudian aku buat artikel serupa, aku bagikan lagi dan kunjungan pertanda angka yang menyenangkan,  tidak  turun,  tetap stabil bahkan  terus naik. Baiklah, aku sudah menemukan konten paling cocok dengan blog saya, tanpa menunggu lama, kunjungan harian blog mencapai 20.000/hari. Sebelumnya,  saya  bahkan  tidak  terfikirkan  untuk  membuat  tulisan  mengenai  internet  dan tutorial serupa. Saya memang menyukai internet, tapi tidak terfikirkan untuk menjadikannya
materi blog kala itu, selain sulit, materinya juga harus panjang. Melihat trafik yang terus naik, kesulitan itu menghilang dan menjadi suatu kebiasan yang menyenangkan.
Giliran anda mencobanya sekarang.

Baca juga: