-->
Kelebihan Keyboard Mechanical yang Wajib Diketahui

Kelebihan Keyboard Mechanical yang Wajib Diketahui

Kelebihan keyboard mechanical - Semua orang pasti mengenal keyboard, karena yang pasti ketika ada komputer atau laptop pasti ada keyboard, sekalipun menggunakan keyboard on screen. Karena keyboard berperan sangat penting dalam komputer, dan sangat berguna untuk memberikan perintah seperti mengetik.

Namun kebanyakan orang hanya mengenal keyboard dengan cara menekan tombol (keycaps) maka sebuah tulisan akan muncul di layar, begitu simple nya. Padahal sebenarnya terdapat berbagai jenis keyboard yang ada, dimana tiap jenis tentu beda rasa dan beda harga pula.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai Kelebihan Keyboard Mechanical. Dimana keyboard mechanical adalah jenis keyboard yang umum digunakan oleh para gamers, editor, editing karena memang keyboard mechanical mempunyai kelebihan tersendiri.

Apa saja kelebihan keyboard mechanical tersebut ? silahkan Anda baca artikel ini sampai tuntas...

1. Keyboard Mechanical lebih nyaman digunakan

 sekalipun menggunakan keyboard on screen Kelebihan Keyboard Mechanical yang Wajib Diketahui

Pengalaman pengguna (user experience) atau kenyaman adalah kelebihan keyboard mechanical yang pertama kali akan kamu rasakan ketika pertama kali menekan keycaps. Dari sisi bentuk keycaps nya juga berbeda, tentu dirancang dengan bentuk yang lebih nyaman dan aman bagi penggunanya. Selain itu ada sensasi lain yang akan kamu dapatkan, seperti respons keycaps yang lebih sensitif membuat kamu tidak perlu mengeluarkan tenaga dalam untuk menekannya, tingkat keakuratan keyboard mechanical juga sangatlah tinggi.

Maka tidak heran jika banyak gamers professional, penulis professional yang memilih untuk menggunakan keyboard mechanical. Karena memang selain dari memiliki sensasi yang berbeda juga membuat orang yang menggunakannya lebih aman dari penyakit, contohnya dari resiko terserang RSI (Repetitive Stain Injury), dimana resiko yang muncul ketika kamu terlalu lama dan terlalu banyak mengetik.

2. Keyboard Mechanical lebih awet

Keawetan (durability) adalah kelebihan keyboard mechanical yang selanjutnya. Hal ini memang terbukti, karena bahan yang digunakan untuk membuat keyboard mechanical ada dari plastik sampai metal, semua itu sesuai harganya, maka tidak heran jika keyboard mechanical lebih berbobot. Akan tetapi harga keyboard mechanical paling rendah berbeda jauh dari harga keyboard normal. Untuk mendapatkan keyboard mechanical biasa saja kamu harus mempunyai uang sampai Rp. 300.000 sampai Rp. 500.000. Tapi kamu jangan ragu untuk membelinya, sekalipun mahal tapi ada kualitas juga tentunya.

3. Feedback Keyboard Mechanical lebih tinggi

Kelebihan keyboard mechanical selanjutnya yaitu memiliki feedback yang cukup tinggi, misalnya feedback suara "click" ketika kamu menekan keycaps. Meskipun kamu menekan setengah nya saja suara "click" sudah akan terdengar dan itu menunjukkan bahwa respons sudah diterima, begitu cepatnya. Semua itu karena rancangan mekanik dengan menggunakan switch, dimana switch tersebut menerima input dari keycaps. Menariknya lagi, ada banyak switch yang bisa kamu gunakan dan setiap jenis switch tersebut mempunyai karakteristik respons yang berbeda.

4. Keyboard Mechanical lebih mudah dirawat

 sekalipun menggunakan keyboard on screen Kelebihan Keyboard Mechanical yang Wajib Diketahui

Perawatan keyboard, baik pc atau leptop sangatlah penting, karena hal tersebut akan sangat berpengaruh dalam kenyamanan dan keawetan. Seperti contohnya debu yang banyak menempel di keyboard tentu akan mengurangi sensitifitas bahkan sampai tidak berfungsi lagi. Tapi jangan khawatir karena kelebihan keyboard mechanical lebih dirancang untuk mudah merawat keyboard supaya tidak cepat rusak. Dengan mudah kamu bisa membuka semua keycaps untuk bisa membersihkan dari beragai kotoran seperti debu.

5. Keyboard Mechanical lebih estetik

 sekalipun menggunakan keyboard on screen Kelebihan Keyboard Mechanical yang Wajib Diketahui

Sebelumnya saya sudah bilang bahwa keyboard mechanical umumnya digunakan oleh para gamers yang biasanya keyboard ini mempunyai lampu LED RGB yang sangat estetik. Nah itulah kelebihan keyboard mechanical yang akan kamu dapatkan, selain nyaman di tangan, nyaman juga di mata hehe. Kamu juga bisa memodifikasi setiap keycaps yang ada, misalnya menggunakan keycaps yang lebih berwarna - warni lagi.

Jadi itulah beberapa kelebihan keyboard mechanical yang akan kamu rasakan ketika sudah membelinya. Jangan ragu lagi untuk membeli keyboard meca, karena memang banyak kelebihannya, apalagi buat para gamers. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga: