-->
Mengenal Blog, Harus Mulai Berguru Dari Mana ?

Mengenal Blog, Harus Mulai Berguru Dari Mana ?


Oke, baiklah. kali ini kita berguru bareng - bareng mengenali blog, apa itu blog ? harus mulai berguru dari mana ? perlu saya beritahukan bahwa artikel ini tidak sepenuhnya menggunakan bahasa dengan ejaan yang disempurnakan atau tampilan goresan pena menyerupai sebuah karya ilmiah. Oleh sebab itu saya mohon maaf apabila kalian para pembaca menemukan cuilan yg gila dan sedikit membingungkan dalam artikel saya ini, silahkan ditanyakan saja melalui pesan pribadi atau sanggup di kolom komentar.
Harus mulai darimana, jikalau itu pertanyaan anda, ada 2 hal yg harus diperhatikan, yaitu apakah Anda sudah mengetahui dan sudah menciptakan blog atau anda tidak mengetahui sama sekali perihal blog ? 

1. Anda sudah mengetahui blog dan sudah pernah membuatnya. 
Ini akan lebih mudah, setidaknya anda sudah tau blog itu apa dan bagian-bagian didalamnya, Anda sanggup pribadi melihat cuilan daftar isi dan membuka materinya dengan cepat. Misalnya, bagaimana cara mendaftar ke adsense dan sanggup diterima, bagaimana menulis artikel di blog, dan bagaimana beralih dari blogger ke wordpress self host atau pencarian lain yang dibutuhkan.

2. Bagaimana kalau anda tidak mengerti sama sekali dengan blog ?
Silahkan ikuti artikel ini dari awal, baca secara berurutan dan praktekan semuanya. Materi dalam blog www.agusjenro.com ini dibentuk dari proses dasar ke proses yang lebih tinggi, Ketika anda membuka blog ini dan merasa resah harus mulai darimana, saya sarankan mulailah dari awal dan tanpa melompat-lompat.
Layanan blog populer

Layanan blog yang paling terkenal ketika ini adalah Blogger.com dan CMS Wordpress dan juga Worpdress.com, selain itu masih ada Wix, blog.com dan lainnya, tapi mungkin tidak akan saya bahas dalam
blog ini. Untuk anda yang ingin lebih profesional dalam dunia blog dan web, silahkan beralih ke Wordpress self host dengan menggunakaan CMS dari Worpdress dan install di hosting milik anda. Nantinya anda sanggup lakukan banyak penambahan dan menciptakan blog anda bukan sekedar kawasan informasi tapi juga website multi fitur atau AIO.

Sebenarnya untuk penggunaan wordpress self host bukan suatu kewajiban, layanan blog gratis dari blogger.com juga manis berdasarkan saya. Peralihan dari blogger ke wordpress entah untuk berguru hal gres atau memang beralih secara keseluruhan bukan suatu problem kalau dilakukan dan bukan problem juga kalau tidak dilakukan. Sementara ketika anda sedang berguru tanpa ingin melaksanakan pengeluaran uang yang banyak, maka blogger.com jadi pilihan paling tepat.

Wordpress sendiri mempunyai 2 produk yaitu wordpress.com dan wordpress.org atau biasa dikenal dengan Wordpress self host, untuk membedakannya cukup sederhana, situs wordpress.com merupakan layanan serupa dengan blogger.com, sedangkan wordpress.org yaitu file open source yang sanggup anda download scriptnya dan upload ke hosting anda sendiri.
Stop dulu disini. Anda sudah tau apa itu hosting ?
Wordpress.org yaitu sebuah file / script untuk menciptakan website anda sendiri. Nah, sebab ini yaitu file open source anda akan membutuhkan kawasan untuk menjalankan dan menampilkan programnya. Seperti file MP4 yang butuh Gom Player atau KMPlayer untuk memutar video. Hosting inilah yg menjadi tempatnya, mau tidak mau, suka tidak suka, anda harus membeli hosting untuk menjalankan wordpress self host.

Pilihan penempatan selain hosting yaitu VPS (Virtual Private Server) atau Cloud hosting. Ibaratnya, kalau hosting (shared hosting) itu kawasan kos, nah kalo VPS itu rumah kontrakan, lebih bebas tapi lebih susah juga kalau belum terbiasa, untungnya, kita hidup dijaman kini dengan kekuatan teknologi yang luar biasa, menggunakan VPS saat ini jauh lebih gampang yaitu dengan menyambungkan ke serverpilot. Wordpress yaitu script website yang sanggup dijadikan blog, media sosial, ecommerce, marketplace dan apapun. Dalam pengertian yang benar, sanggup kita sebut Wordpress sebagai CMS (Content Management System), seringkali orang keliru menyampaikan pengertian tentang Wordpress. Beda dengan blogger.com yang 100% yaitu layanan blog, anda tidak sanggup mengubahnya menjadi media sosial, bukannya tidak sanggup sama sekali, tapi jikalau melaksanakan itu artinya anda melawan kodrat lagipula, perlu ilmu lebih untuk membuatnya di blogger.com.

Tahukah anda ?
1. Blog yaitu jenis situsnya, blogger yaitu orang yang menulis di situs tersebut dan blogger.com yaitu layanan penyedia untuk pembuatan situs blog.
2. Artikel, posting dan goresan pena dalam blog mempunyai arti yang sama yaitu konten yang anda bagikan. Seringkali orang memanggilnya dengan nama yang berbeda tetapi bahwasanya objeknya sama.
3. Draft itu konsep, menyimpan atau tidak mempublikasikan artikel. Ketika saya menyebutkan kata Draft disini, artinya anda disarankan untuk menyimpannya dulu, dimanapun itu.
4. Menempelkan arahan adsense menggunakan HTML, di blogger anda sanggup menentukan tata letak – html / javascript, dalam Wordpress silahkan gunakan ads inserter.
5. Dalam blog ini ( www.agusjenro.com ) nanti juga akan membahas perihal cara mendaftar adsense, didalamnya tidak hanya proses mendaftar tapi juga solusi dari penolakan.
6. Gmail itu juga termasuk email tapi milik google, anda sanggup gunakan yahoo atau layanan email lain, tapi jikalau tetapkan menggunakan blogger.com maka anda harus menggunakan gmail.
7. Menu penghasilan di blogger sanggup ditampilkan lebih cepat, tapi bukan berarti anda akan pribadi diterima ketika mendaftar google adsense. Tetap lihat umur blog anda sebelum tetapkan mendaftar iklan.
8. Submit ulang adsense yaitu proses mendaftarkan kembali blog anda sesudah sebelumnya ditolak dan belum layak, tapi jikalau anda menggunakan email baru, proses yang anda lakukan yaitu mendaftarkan kembali menyerupai sebelumnya, bukan submit ulang. Kegiatan yang dinamakan dengan submit ulang yaitu ketika anda mendaftarkan blog ke adsense berkali-kali dengan email yang sama.
9. 1 orang hanya boleh mempunyai 1 akun adsense, tapi anda tetap sanggup mempunyai akun adsense lain yang nanti juga akan saya bahas di lain waktu.
10. Anda sanggup menggunakan data fiktif untuk mendapatkan pin verifikasi dari adsense.
11. Verifikasi adsense sanggup dilakukan dengan KTP jikalau pin anda tidak hingga meskipun sudah 3x minta pengiriman ulang.
12. Klik iklan sendiri dilarang, tapi anda sanggup melakukannya dengan perhitungan yang baik. Nanti juga akan saya bahas di lain kesempatan.
13. Meningkatkan klik sekaligus pageviews blog sanggup dilakukan dengan memasang script auto reload, menempatkan iklan didalam artikel.
14. Cara terbaik untuk menciptakan blog berada di daftar atas pencarian google yaitu dengan memperbanyak pembaca di setiap artikel yang gres dipublikasikan.
15. Anda sanggup menggunakan seo live assistant dan adwords untuk menentukan keyword terbaik sebelum goresan pena di publikasikan.
16. Jangan aktifkan kolom komentar google plus jikalau anda ingin menggunakan kolom komentar orisinil bawaan template / blog di blogger.
17. Jika anda ingin mempelajari wordpress, gunakan paket hosting dari namecheap.com, selain murah, penggunaannya juga mudah.
18. Menggunakan VPS digitalocean murah dan kuat.
19. Anda sanggup menggunakan serverpilot untuk membuka file manajer di digitalocean.
20. Anda sanggup mendapatkan domain harga murah di hari besar.
21. Harga domain hanya 1 dollar sanggup anda dapatkan di namecheap atau dotser.
22. Menggunakan facebook untuk bisnis sebaiknya focus ke pengenalan diri atau branding daripada pribadi focus mencari laba dari produk.
23. Mempromosikan artikel di grup facebook itu mudah, tidak perlu menggunakan auto post yang sanggup berakibat akun facebook anda terkunci.
24. Anda sanggup menampilkan blog pribadi di fanpage, ini menyerupai webview di android.
25. Jika anda ingin beriklan di Instagram, pengaturan iklan seluruhnya ada di facebook.
26. Anda sanggup menggunakan blog yang sudah di banned adsense kembali sanggup dipasang
adsense.
27. Cloudfare menyediakan SSL gratis
28. SSL dari cloudfare sanggup digunakan di platform blogger dan wordpress, selain itu anda juga sanggup memakainya di web biasa.
29. Blog download tidak problem jikalau ingin bermain adsense, lakukan dengan cara yang benar.
30. Spefisikasi minimal yang disarankan sebelum mendaftar adsense yaitu memiliki
tayangan harian blog diatas 1000.
31. Membuat barcode untuk blog sanggup dilakukan dengan mudah.
32. Cara termudah menciptakan iklan anda kondusif yaitu dengan tidak meminta orang klik iklan
33. Daripada meminta saling mengunjungi blog, lebih baik anda beriklan.

Bagaimana ? sudah mengenal apa itu blog ? Jika anda sudah paham dan mengenal apa itu blog, silahkan buatlah dan praktekanlah.... Mengenai cara membuuat blog secara gratis silahkan Anda baca artikel saya perihal Membuat Blog Di Blogger.com Secara Gratis.

Baca juga: