Dalam dunia sosial media, timing yaitu faktor yang sangat penting. Anda ingin sanggup mengirim pesan atau memposting sesuatu pada ketika banyak orang yang sedang online sehingga sanggup melihat konten Anda tersebut. Semakin banyak orang yang tersedia ketika Anda memposting sesuatu, maka semakin besar pula kesempatan Anda untuk sanggup melibatkan mereka dalam perkembangan bisnis Anda.
Jadi, kapan waktu yang sempurna untuk memposting atau mengupload sesuatu di sosial media bisnis Anda ?
Tidak ada balasan niscaya untuk menjawab pertanyaan tersebut. namun ada sumber daya yang sanggup membantu Anda dalam menemukan waktu pilihan untuk melaksanakan posting. Salah satu yang harus Anda lakukan terlebih dulu yaitu mengenal audiens atau follower Anda, apa yang mereka inginkan dan sosial media apa yang mereka gunakan.
Lab42, sebuah perusahaan riset pasar yang mendapat responden untuk survei mereka melalui media sosial, menyatakan bahwa sekitar 19 persen orang memakai ponsel cerdas mereka ketika berada di restoran untuk memperbarui status Facebook. Di sisi lain, sekitar 24 persen menyampaikan mereka mengambil foto makanan mereka, dan 18 persen check-in ke restoran memakai Foursquare.
Tidak mengherankan bahwa 20 persen pengguna ponsel cerdas menciptakan rencana makan mereka dengan orang lain melalui telepon, dan 19 persen dari mereka memakai perangkat seluler mereka untuk menemukan restoran.
Berikut ini waktu terbaik untuk posting di media sosial:
Seperti yang dilansir Wormtraders dari Social Barrel, komunitas penulis dan penggemar media sosial, penelusuran, dan seluler, dan anggotanya terdiri dari wirausahawan, blogger, programmer, merek, perusahaan, pemasar, inventor, dan para pengguna gadget, ada waktu atau jam-jam tertentu yang sebaiknya dimaksimalkan untuk posting atau publikasi produk di situs jejaring sosial, Google+, Pinterest, Google+, Pinterest, LinkedIn, Facebook, Twitter dan Instagram.
Jadi, kapan waktu yang sempurna untuk memposting atau mengupload sesuatu di sosial media bisnis Anda ?
Tidak ada balasan niscaya untuk menjawab pertanyaan tersebut. namun ada sumber daya yang sanggup membantu Anda dalam menemukan waktu pilihan untuk melaksanakan posting. Salah satu yang harus Anda lakukan terlebih dulu yaitu mengenal audiens atau follower Anda, apa yang mereka inginkan dan sosial media apa yang mereka gunakan.
Lab42, sebuah perusahaan riset pasar yang mendapat responden untuk survei mereka melalui media sosial, menyatakan bahwa sekitar 19 persen orang memakai ponsel cerdas mereka ketika berada di restoran untuk memperbarui status Facebook. Di sisi lain, sekitar 24 persen menyampaikan mereka mengambil foto makanan mereka, dan 18 persen check-in ke restoran memakai Foursquare.
Tidak mengherankan bahwa 20 persen pengguna ponsel cerdas menciptakan rencana makan mereka dengan orang lain melalui telepon, dan 19 persen dari mereka memakai perangkat seluler mereka untuk menemukan restoran.
Berikut ini waktu terbaik untuk posting di media sosial:
Seperti yang dilansir Wormtraders dari Social Barrel, komunitas penulis dan penggemar media sosial, penelusuran, dan seluler, dan anggotanya terdiri dari wirausahawan, blogger, programmer, merek, perusahaan, pemasar, inventor, dan para pengguna gadget, ada waktu atau jam-jam tertentu yang sebaiknya dimaksimalkan untuk posting atau publikasi produk di situs jejaring sosial, Google+, Pinterest, Google+, Pinterest, LinkedIn, Facebook, Twitter dan Instagram.
1. Google+
Trafik Google+ akan meningkat setelah jam 9 pagi dan mencapai puncaknya pada pertengahan hari atau sekitar pukul 11 siang. Pebisnis yang memakai layanan Google+ disarankan untuk tidak mem-posting suatu informasi gres ketika sudah mendekati pukul 5 sore. Waktu terburuk untuk posting di Google+ yaitu pukul 6 petang dan 8 pagi.
2. Pinterest
Apabila Google+ ramainya trafik pada pagi hari, di Pinterest justru sebaliknya. Trafik di Pinterest mulai padat dimulai setelah pukul 12 malam dan puncaknya yaitu hari Sabtu pagi. Disarankan untuk tidak mem-posting sesuatu setelah sore hari khususnya pada pukul 5 sore hingga 7 malam. Idealnya yaitu antara pukul 2-4 pagi atau 8 malam hingga 1 dini hari.
Trafik Google+ akan meningkat setelah jam 9 pagi dan mencapai puncaknya pada pertengahan hari atau sekitar pukul 11 siang. Pebisnis yang memakai layanan Google+ disarankan untuk tidak mem-posting suatu informasi gres ketika sudah mendekati pukul 5 sore. Waktu terburuk untuk posting di Google+ yaitu pukul 6 petang dan 8 pagi.
2. Pinterest
Apabila Google+ ramainya trafik pada pagi hari, di Pinterest justru sebaliknya. Trafik di Pinterest mulai padat dimulai setelah pukul 12 malam dan puncaknya yaitu hari Sabtu pagi. Disarankan untuk tidak mem-posting sesuatu setelah sore hari khususnya pada pukul 5 sore hingga 7 malam. Idealnya yaitu antara pukul 2-4 pagi atau 8 malam hingga 1 dini hari.
3. LinkedIn
Waktu-waktu ideal untuk posting di LinkedIn yaitu sebelum dan setelah jam-jam sibuk atau acara kerja. Disarankan untuk memulai acara di LinkedIn sekitar pukul 7-9 pagi atau 5-6 petang. Puncak trafik di LinkedIn yaitu hari Selasa hingga Kamis. Tidak disarankan untuk publishing sesuatu di jam 10 malam hingga 6 pagi.
4. Facebook
Trafik di Facebook mulai ramai sekitar pukul 9 pagi dan puncaknya yaitu hari Rabu pukul 3 sore. Trafik mulai agak sepi setelah pukul 4 sore. Tidak disarankan untuk posting sesuatu di hari Sabtu. Menurut penelitian, sekitar pukul 8 malam hingga 8 pagi yaitu waktu yang kurang sempurna untuk mem-posting sesuatu.
5. Twitter
Trafik di Twitter dimulai pada pukul 11 siang dan puncak kepadatan ada pada hari Senin hingga Kamis. Waktu ideal untuk posting di Twitter yaitu antara pukul 1 siang hingga 3 sore. Trafik mulai turun setelah pukul 3 sore dan akan turun drastis pada hari Jumat setelah pukul 3 sore. Disarankan untuk tidak nge-twit pada pukul 8 malam hingga 9 pagi.
6. Instagram
Coba pikirkan atau posisikan diri Anda sebagai pengguna Instagram dan coba susun taktik menurut ulasan yang Anda simpulkan. Kapan pengguna bangkit tidur, dan apa yang mereka buka atau cari di Instagram pada pagi hari ? Apakah mereka bekerja full time ? Dimana mereka tinggal ?
Pertimbangkan kegiatan-kegiatan yang mungkin dilakukan pengguna atau follower Anda, contohnya saja bekerja, rapat, makan siang, hingga ke waktu tidur pada malam hari. Semua hal tersebut sanggup Anda sesuaikan dengan acara postingan Anda.
Selain itu, pertimbangkan beberapa analisis ini :
Pertimbangkan kegiatan-kegiatan yang mungkin dilakukan pengguna atau follower Anda, contohnya saja bekerja, rapat, makan siang, hingga ke waktu tidur pada malam hari. Semua hal tersebut sanggup Anda sesuaikan dengan acara postingan Anda.
Selain itu, pertimbangkan beberapa analisis ini :
- Hubspot : Posting kapan saja pada hari Senin hingga Kamis kecuali pukul 15.00 – 16.00
- Latergramme : Posting pada hari Rabu pukul 17.00
- Setiap hari kerja (kecuali simpulan pekan) antara pukul 06.00 – 12.00
Sebagai catatan, analisa waktu di atas diambil dari responden di Amerika Serikat. Memang sanggup digunakan sebagai pola dasar, namun perbedaan waktu dan karakteristik pengguna jejaring sosial di setiap negara berbeda-beda.
Maka, apabila Anda seorang pebisnis yang memanfaatkan jasa layanan jejaring sosial sanggup menganalisa sendiri waktu yang sempurna untuk posting menurut waktu dan karakteristik umum pengguna sosial media di kawasan Anda.
Nah, itulah waktu terbaik untuk posting di media sosial, yang menjadi catatan penting yaitu meski Anda sudah piawai dalam memakai media umum untuk menciptakan status atau mempromosikan suatu produk komersil, Anda tetap harus bersikap bijak dalam memakai sosial media. Jila tidak, kesudahannya segala informasi yang diumbar di media umum sanggup jadi bumerang bagi Anda maupun bisnis Anda.
Dapatkan informasi "Tekno dan Gadget Terbaru" gratis melalui inbox email, caranya Subscribe email kau dibawah ini!