-->
Penyebab Sakit Tenggorokan Berdahak Tidak Batuk

Penyebab Sakit Tenggorokan Berdahak Tidak Batuk

Mungkin Anda pernah mengalamin tenggorokan sakit berdahak namun tidak dibarengi batuk. Perlu Anda ketahui bahwa ternggorokan berdahak dirasakan setiap orang, akan tetapi kadarnya saja yang berbeda. Dahak kerap menganjal tenggorokan meskipun Anda tidak sedang terkena flue dan batuk, kemudian mengapa hal ini terjadi ? simak ulasan berikut ini.

Mungkin Anda pernah mengalamin tenggorokan sakit berdahak namun tidak dibarengi batuk Penyebab Sakit Tenggorokan Berdahak Tidak Batuk

Penyebab Tenggorokan Berdahak Tapi Tidak batuk

Sebagaimana diawal paragraf tadi, tenggorokan Anda berdahak tidak akan terjadi tanpa ada penyebabnya. Meskipun intinya lendir dan dahak sendiri diperlukan untuk itu Berikut beberapa faktor penyebab yang menciptakan tenggorokan berdahak meski tidak batuk:

1. Infeksi


Produksi lendir biasanya dipercepat dikala badan sedang dalam tahap menghadapi infeksi. Hal ini merupakan respon alami badan untuk menghilangkan partikel abnormal yang mungkin menjadikan infeksi. Singkatnya, badan cenderung merangsang produksi lendir guna meningkatkan pertahanannya untuk melawan serangan abnormal yang menular. Akibatnya, terjadilah penebalan lendir. Pada fase ini, jalan keluar yang paling gampang untuk mengeluarkan lendir kental yaitu melalui tenggorokan.


2. Iritasi polutan

Paparan asap, gas beracun, menyerupai welirang dioksa dan nitrogen dioksida menjadikan produksi lendir secara berlebihan. Akibatnya, terjadilah pembengkakan dan peradangan di susukan pernapasan.

3. Sinusitis akut


Sinusitis akut yaitu suatu kondisi yang ditandai dengan pembengkakan rongga sinus. Pembengkakan tersebut membatasi susukan sinus yang pada alhasil menjadikan terbentuknya lendir. Sinusitis akut sanggup disebabkan oleh infeksi kuman atau infeksi jamur. Selain itu, tidur telentang dikala Anda mengalami infeksi sinus juga menjadikan penumpukkan lendir di penggalan belakang tenggorokan, yang sanggup menjadikan sakit tenggorokan dan problem tidur.

4. Kehamilan

Ya, seiring dengan kenaikan berat, emosi yang tidak stabil, dan morning sickness, produksi lendir yang berlebih sanggup terjadi jawaban dampak kehamilan. Perubahan hormonal selama kehamilan sanggup mengeringkan susukan hidung yang menyebabkannya meradang. Nah, lantaran adanya problem tersebut, produksi lendir di hidung dan tenggorokan menjadi berlebih. Untuk mengurangi melancarkan sirkulasi pernapasan jawaban penumpukkan lendir, Anda sanggup memakai lap berair hangat yang diletakkan di hidung atau pipi.

5. Mengonsumsi susu


Mengonsumsi produk susu ketika sedang flu, pilek, ataupun demam sanggup menjadikan penebalan dan tidak terkendalinya produksi lendir. Reaksi alergi terhadap masakan tertentu juga sanggup menjadikan penyumbatan hidung yang menciptakan lendir mengalir dari hidung ke tenggorokkan. Mengonsumsi susu, produk gandum, dan telur sanggup memperparah tanda-tanda alergi masakan yang Anda alami sekaligus menjadikan produksi lendir yang berlebih yang pada alhasil sanggup menumpuk di tenggorokan.


6. Faktor fisiologis tertentu

Seseorang yang mempunyai gangguan tenggorokan dan menelan juga sanggup menjadikan penumpukkan lendir di tenggorokan. Ini lantaran orang yang mempunyai gangguan tenggorokan dan menelan otot tenggorokannya mempunyai kontrol yang rendah sehingga lendir tidak sanggup dikeluarkan dan tetap mengendap di tenggorokan. Selain itu, mempunyai septum yang menyimpang, yaitu suatu kondisi di mana tulang rawan yang membagi hidung menjadi dua sisi bergerak sehingga menjadikan perubahan pada pedoman lendir.

Demikianlah penyebab sakit tenggorokan tapi tidak ada dahaknya, biar gosip ini bermanfaat buat kita semua. Sekian Semoga Bermanfaat.

Baca juga: