-->
7 Kemudahan Di Bandara Sepinggan Alias Sultan Aji Muhammad Sulaiman Ini Keren Banget ! Ada Apa Aja Sih ?

7 Kemudahan Di Bandara Sepinggan Alias Sultan Aji Muhammad Sulaiman Ini Keren Banget ! Ada Apa Aja Sih ?


Beberapa waktu yang kemudian dikala ngebolang ke Pulau Derawan, saya sempat melaksanakan transit pesawat dari Bandara soekarno Hatta menuju Bandara Sepinggan, kemudian dilanjutkan menuju Bandara Kalimarau di Berau.
Dari ketiga bandara ini ada salah satu bandara yang membuatku tercengang akan kemudahan lengkap yang disediakan yaitu Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman atau lebih dikenal dengan Bandara Sepinggan. 
Sebetulnya nama Sepinggan sudah tidak dipakai lagi karna bandara ini sudah berganti nama menjadi Bandara Sultan Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Namun, sampai kini orang-orang lebih suka menyebutnya sepinggan karna lebih pendek dan gampang menyebutnya, eh iya ga sih ?


Fyi, Sultan Aji Muhammad Sulaiman merupakan sultan atau raja yang pernah menimba ilmu tata negara di pulau Jawa dan menimba ilmu Keislaman di Saudi Arabia. Sultan Aji Muhammad Sulaiman juga populer arif, bijak dan menjadi lambang majunya pendidikan. Sultan juga gemar menimba ilmu agama dan membuatkan agama Islam di Tanah Kutai.

Sultan Aji Muhammad Sulaiman punya kaitan bersahabat dengan Bandara Sepinggan. Beliaulah yang menggarap pembukaan Bandar udara ibarat yang kita lihat dikala ini.
Bandara Sepinggan yang berada di Balikpapan ini merupakan bandar udara ke-4 terbesar dari 13 bandara yang dikelola PT. Angkasa Pura I. Bahkan menurut survei Airport Service Quality yang dilakukan oleh Airport Council International menyatakan bahwa bandara Sepinggan meraih peringkat ke 6 terbaik di dunia dalam hal layanan penumpang. Ah Masa iya ? Ayo kita buktikan !

Saat pertama kali menginjakkan kaki di Bandara sepinggan, saya eksklusif di sambut oleh landmark bertulisakan ‘welcome to Balikpapan‘ dengan baground penari dayak dan binatang entahlah apa itu namanya pokoknya semua bernuansa Kalimantan yang khas.
Tidak ingin melewatkan landmark yang keren ini jadinya saya dan beberapa sahabat blogger lainya eksklusif berselfie ria. Awalnya saya sempat aib karna diliatin orang lain yang sedang berlalu lalang, tapi mau gimana lagi sayang banget kan kalau landmark yang kece ini dilewatkan begitu aja. Makara yasudah lah kami akan tetap foto-foto like crazy people.

Puas foto-foto tiba-tiba saja kang Ale nyeletuk.
“Wah, Bandara Sepinggan ko jadi keren gini yah, perasaan beberapa tahun kemudian saya kesini masih biasa saja, tiba-tiba kini sudah sekeren ini !”
“Emangnya yang berubah apanya kang Ale ?” Aku kepo
“Pokoknya dulu tidak semegah dan semewah ini!” sabda kang Ale.
Benar apa yang dikatakan kang Ale, Bandara Sepinggan memang megah dan mewah. Bayangkan saja Bandara ini mempunyai Mal di dalamnya, dan menjadi yang Mal bandara pertama yang ada di Indonesia ! unch
Pembangunan yang menghabiskan biaya Rp 2 triliun ini mempunyai terminal penumpang seluas 110.000 meter persegi, gedung parkir seluas 77.000 meter persegi, flyover dan infrastruktur lain, serta dua hanggar, apron, dan kargo.
Proses pembangunan bandara dengan konsep futuristik modern eco airport ini hanya memakan waktu 32 bulan, semenjak Agustus 2011. Mantep ga tuh ?

Btw, dikala itu pesawat kami sempet delay jadinya saya dan dua Blogger Kece teh Evrina dan kang Alee tetapkan untuk keliling bandara sepinggan dan merasakan beberapa kemudahan yang ada di dalamnya. 
Biasanya mah orang-orang kalo dapet pesawat delay eksklusif marah-marah, lah saya mah malah seneng dan pengen lama-lama di Bandara sepinggan. Abisnya kemudahan yang disuguhin lengkap banget sih.
Nah, kira-kira kemudahan apa aja sih yang ada di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman ini ? berikut liputan seadanya.

1. RUANG TUNGGU YANG NYAMAN



Sambil menunggu kedatangan pesawat berikutnya, para penumpang sanggup beristirahat di ruang tunggu yang sudah tersedia. Ruang tunggu ini sangat berbeda dengan ruang tunggu bandara lain yang pernah ku temui. Selain tempatnya nyaman, dekorasinya juga bagus jadi sangat asik untuk senderan atau selonjoran.
Ruang tunggu ini tersedia di setiap gate. Makara jangan tanya ada berapa banya dingklik yang tersedia pastinya banyak banget tempatnya juga sangat luas kaya stadion bola. Ruang tunggu ini emang paling cocok deh untuk para traveler yang hobi nginep di Bandara kalo takut ketinggalan pesawat muehe.

2. FOTO BOOTH SUKU DAYAK

Setelah duduk-duduk manja di ruang tunggu, ternyata bosan juga cuy. Namanya juga orang ga sanggup diem duduk sedetik aja udah bosen. Akhirnya aku, teh Evri dan kang Ale tetapkan untuk keluyuran di bandara Sepinggan, sedangkan teh Resti dan Mba Okka jadi satpam untuk menjaga tas bawaan kami.
Tidak beberapa usang berjalan tiba-tiba kami menemukan spot menarik yang berada tidak jauh dari ruang tunggu. Yaitu rumah-rumahan suku dayak. Karna merasa tertarik jadinya kami melaksanakan ritual foto-foto (lagi).


Berpose bareng Blogger kece Kang Alee dan Mba Evrina
Saking hebohnya foto-foto, tiba-tiba salah seorang penjaga yang anggun jelita tiba menghampiri kami. Aku fikir kami akan diusir, eh ternyata enggak cuy. Dia malah mengatakan baju dayak yang sanggup dipinjamkan secara gratis. Yasudah, tidak banyak cingcong kamipun eksklusif berebutan baju dan segera mengenakanya.
Tidak lupa kami juga minta tolong si Mba-mba anggun untuk fotoin kami. Duh maaf ya mbak sudah merepotkan, harap maklum mbak ini ujian, mohon bersabar.

3. AIRPORT CINEMA


Nonton bioskop di Mall mungkin sudah terlalu mainstream, kemudian bagaimana jadinya kalo nonton bioskop di Bandara ? nah itu gres ajib.
Fasilitas layaknya bioskop ini ternyata tersedia di Bandara Sepinggan loh. Dan ini merupakan bandara pertama yang menyediakan kemudahan Bioskop di dalamnya. Aku sempet kaget ko bisa-bisanya ada kawasan nonton disini.
Airport Cinema yang sudah mulai beroperasi pada 13 Juli 2016 ini mempunyai sofa santai layaknya bioskop premium yang sanggup dihuni oleh 15 pengunjung. Adapun film yang diputar hanya pada jam-jam tertentu saja yaitu pada jam 07.00-09.00, 11.00-13.00, 15.00-17.00, dan 19.00-21.00 Wita. Sehingga saya tidak sanggup masuk kedalam airport cinema karna jam tayang sudah habis, huhuhu.
So, buat kau yang akan ke bandara Sepinggan tidak ada salahnya bila mencoba nonton disini. Nanti ceritain ke saya gimana sensasi nonton di airport Cinema. O iya, untuk sanggup menikmati kemudahan bioskop ini kau harus membawa boarding pass sebagai tiket masuknya yah.

4. READING CORNER


Fasilitas berikutnya yang tidak kalah menarik yaitu reading corner yang berada di gate 6 dan 7. Reading Corner merupakan ruang baca yang nyaman untuk mengisi waktu luang dikala menunggu keberangkatan pesawat.
Reading Corner di Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan ini terdapat dua area yaitu untuk bawah umur dan untuk dewasa. Sehingga kemudahan reading corner ini sangat cocok di kunjungi oleh keluarga.



Diarea bawah umur terdapat buku-buku dan aneka macam permaianan dan alat menggambar ibarat di taman kanak-kanak. Dekorasi ruanganya unik dan colorful. Dijamin anak ku ga akan merasa bosan bila diajak kesini, Eh tapi saya kan belum punya anak.
Adapun di area cendekia balig cukup akal buku-buku yang disediakan yakni buku-buku dewasa. Bukan buku cendekia balig cukup akal yang anu tapi buku-buku Seperti novel, majalah, buku resep masakah dll. Yang paling saya suka dari Reading corner cendekia balig cukup akal yakni dekorasi ruanganya yang sangat nyaman, berasa di rumah sendiri.



Jika kau ingin mampir ke reading corner ini, ada beberapa hal yang harus kau perhatikan.
1.   Dilarang membawa makan dan minum kedalam ruang baca
2.   Sebelum masuk jangan lupa melepas ganjal kaki, dan baca bismilah
3.  Dilarang membawa keluar buku apalagi membawanya pulang, pokoknya jangan!
4.   Gunakan boardingpass untuk tiket masuk.
5.   Jangan bertingkah konyol karna di ruangan ini terdapat CCTVnya.

5. ZONA BERMAIN ANAK-ANAK


Untuk penumpang yang membawa buah hati jangan khawatir bila mereka rewel. Ajak saja mereka ke zona permainan anak, dijamin anak anda akan anteng berada di sana.
Zona permainan (playground) ini ibarat mirip kawasan bermain yang sering kita lihat pada umumnya ibarat ayunan, perosotan dan kuda-kudaan dan beberapa permainan yang entah apa itu namanya.

Disini juga terdapat TrollEY bayi yang sanggup di gunakan Bunda untuk mengajak bayinya jalan-jalan keliling Bandara. sangat asik bukan ? Aku juga mau diajak jalan naik troll baby :0



6. TEMPAT JAJAN SUPER KOMPLIT



Salah satu kemudahan yang paling banyak saya lihat yakni kawasan jajan ibarat toko pakaian, Aksesoris, souvenir, Food Court dan lain-lain. Disini kita sanggup membeli bermacam-macam barang unik untuk oleh-oleh.
Namun, Kekurangan belanja di bandara hanya satu, harganya mahal-mahal cuy. Tapi kalau kau orang yang berduit tampaknya ga ada salahnya ngeborong belanjaan disini karna barang-barang yang dijual bagus-bagus. Setiap kali mampir dari satu toko ke toko yang lain saya saja selalu ngiler dibuatnya huu.


7. FASILITAS LAIN YANG TIDAK BISA AKU JELASKAN

Selain kemudahan yang sudah saya sebutkan diatas, Ada kemudahan lain yang saya sendiripun belum paham apa kegunaanya, jadi saya ga sanggup jelasin satu persatu yap. Seperti ini contohnya :

Nah itulah beberapa Fasilitas lengkap yang disediakan Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman a.k.a Sepinggan di Balikpapan. Aku yakin masih banyak lagi kemudahan yang belum saya kunjungi, mengingat saya hanya keluyuran di lantai 3 saja.

Namun bagaimanapun saya tetap gembira dengan Bandara Sepinggan karna telah menyediakan bermacam-macam kemudahan yang ampuh membunuh rasa bosan dikala menunggu keberangkatan pesawat.

BTW, Sedikit cuplikan Bandara ini ada di video berikut loh :)


Nah, Itu saja kemudahan bandara sepinggan yang sanggup saya bocorin, mungkin ada diantara teman-teman yang mengetahui kemudahan lainnya ? sanggup banget dong di share disini.
o iya, kalo boleh tahu Kira-kira kemudahan apa ajanih yang paling kau suka ? atau pernahkah kau melihat fasiltas serupa di salah satu bandara yang pernah kau kunjungi ? yuk kita diskusi di kolom komentar.

Sumber https://www.khairulleon.com/

Baca juga: