-->
Waktu Yang Sempurna Untuk Memotong Kuku Bayi

Waktu Yang Sempurna Untuk Memotong Kuku Bayi

Gambar dari: mommiesdialy.com

Ketika gres pertama kali mempunyai anak, saya gres sadar kalau kuku tangan bayi cepat sekali tumbuhnya. Hal tersebut menciptakan khawatir kalau kukunya dapat melukai wajah atau bab tubuhnya yang lain. Selain itu, kuku yang panjang juga menjadi kawasan kuman-kuman tinggal.

Waktu itu saya berniat untuk memotong kuku bayi yang sudah panjang, tapi mama bilang kalau kuku bayi gres boleh dipotong sesudah 40 hari. Solusi sementaranya yakni memakaikannya sarung tangan. Tapi tangan bayi kan juga butuh 'bernapas', tidak seharian dipakaikan sarung tangan.


Menurut laman lifestyle.okezone.com (1/4/2012), anggapan bahwa gres boleh memotong kuku bayi sesudah 40 hari yakni mitos. Kuku bayi boleh dipotong ketika sudah panjang dan dirasa dapat melukai bab tubuhnya.

Namun acara memotong kuku bayi harus dilakukan dengan hati-hati. Selain alasannya tekstur kuku yang masih lembek, bayi dapat saja tiba-tiba bergerak sampai dengan tidak sengaja kita melukai tangannya. Untuk itu, berikut saya tuliskan kapan waktu yang sempurna untuk memotong kuku bayi.

Pertama, waktu yang sempurna untuk memotong kuku bayi yakni ketika bayi dalam kondisi tenang. Hentikan aktifitas memotong kuku kalau bayi mulai terganggu dan menggerak-gerakkan tangan atau kakinya.

Kedua, potong kuku bayi pada dikala ia tertidur pulas. Lakukan dengan perlahan dan penuh kehati-hatian.

Nah, itu ia waktu yang sempurna untuk memotong kuku bayi yang sudah panjang dan tajam. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga: