-->
Keren ! Underpass Bogor Disulap Jadi Ekspo Galeri Seni.

Keren ! Underpass Bogor Disulap Jadi Ekspo Galeri Seni.


Ada yang sudah pernah mampir ke kota Bogor ?
Mungkin diantara kita masih ada yang belum tahu kalau di jantung kota Bogor terdapat sebuah underpass atau terowongan bawah tanah yang dikhususkan untuk para pejalan kaki.
Underpass ini terletak di samping tugu kujang atau akrab Mall paling glamor di Bogor ialah ‘Mall Botani Square’, kalau kata orang Bogor sih di singkat menjadi ‘Boker’.
Jembatan penyebrangan ini memang tidak terlalu mencolok, tetapi kalau kau sedang berjalan di depan Gedung Pascasarjana IPB kau niscaya akan melihatnya. Nah kira-kira menyerupai ini wujud pintu masuknya.

Awalnya underpass ini dikhususkan untuk kanal para wisatawan yang ingin berkunjung ke Kebun Raya Bogor (Bogor Botanical Garden) melalui pintu 4. Tapi mulai kini sudah sanggup di gunakan oleh siapapun.
Underpass yang dibangun dengan biaya 3 miliar ini awalnya sempat terlantar, Namun ketika ini underpass tersebut sudah mulai dihidupkan kembali dengan cara menyulapnya menjadi bazar galeri seni yang menakjubkan.
Underpass yang belum usang di sahkan oleh Wali kota Bogor Bima Arya ini memang terlihat berbeda dengan underpass yang pernah kutemui di kota-kota lain.
Saat memasuki terowongan yang membelah jalan pajajaran ini kita akan disuguhi banyak sekali macam karya seni yang terpajang di sepanjang dinding terowongan menyerupai lukisan, foto, grafity, infographic dan lain-lain.
Tema karya seni di sini selalu up to date dan berganti secara berkala, jadi para pengguna jalan tidak akan pernah merasa bosan untuk melewati jalan tersebut. Bahkan, seringkali para pengunjung meluangkan waktu sejenak untuk melihat-lihat dan berselfie ria.




Selain menikmati bazar seni visual, kita juga sanggup menikmati live music dari Para pengmen jalanan atau komunitas seni di Kota Bogor. Sayangnya ketika terakhir kali melewati jalan ini saya tidak melihat pertunjukan musik, mungkin saya sudah tiba terlalu malam jadi abang-abang musiknya sudah pulang.
O iya, untuk kau yang suka jogging. Kamu juga sanggup menitipkan tas ke petugas yang berjaga di underpass ini loh. Saat ini kota Bogor memang sedang gancar-gencarnya menciptakan akomodasi ramah pejalan kaki. Terlihat di sekeliling kebun raya bogor dan di sepanjang jalan raya sudah disediakan trotoar atau tempat khusus pejalan kaki dan pengguna sepeda. 

Hampir setiap pagi dan sore hari muda mudi berbusana rapi banyak warga Bogor yang memadati pedestrian ini. Terutama para joggingers yang berlalu lalang dari ujung ke ujung, seru sih ngeliatnya sekalian basuh mata.

Saat kita keluar dari underpass ini, kita juga sanggup melihat eksklusif megahnya Tepas Lawang Salapan yang sedang hits di kota Bogor. Bangunan yang gres didirikan tahun 2016 ini memang sangat iconic dan menjadi daya tarik tersendiri.
Oleh karna itu, Jangan lupa untuk berfoto di Lawang Salapan kalau kau sedang disini ya, keindahan bangunanya sangat sayang kalau dilewatkan.

UNDERPASS BOGOR SEPI PEMINAT

Kemudahan akomodasi dan keindahan underpass di kota Bogor ternyata masih belum sanggup menarik masyarakat untuk melewati jembatan ini.
Terbukti setiap kali saya pergi ke Mall Botani Square saya seringkali melihat para pejalan kaki yang lebih menentukan menyebrang melalui zebracross. Padahal di samping lampu merah jelas-jelas sudah tertulis himbauan supaya para pejalan kaki memakai underpass.
Sepertinya kesadaran masyarakat untuk mematuhi peraturan masih sangat minim. Padahal Underpass mempunyai fungsi yang sangat baik ialah sanggup meminimalisir kemacetan kemudian lintas.
So, mulai kini yuk kita tumbuhkan kesadaran untuk memakai akomodasi penyebrangan yang sudah disediakan. Semoga Underpass Bogor yang mempunyai fungsi ganda sebagai penyebrangan jalan dan galeri seni ini sanggup terus terawat dan menjadi pola oleh kota-kota lainya.

Btw, ini ada sedikit cuplikan underpass ketika saya di Bogor. Nah, kalau di kotamu ada akomodasi apa aja nih yang terlihat unik ?



Sumber https://www.khairulleon.com/

Baca juga: