-->
Godaan Terakhir Iblis Kepada Insan

Godaan Terakhir Iblis Kepada Insan


Iblis merupakan salah satu mahluk ciptaan Allah SWT yang sebelumnya sangat taat kepada perintah-perintah Allah. Namun sehabis Allah membuat nabi Adam As, perilaku Iblis berubah dan sangat sombong dikarenakan di harus sujud dan tunduk kepada Adam. Dia beranggapan bahwa ia lebih tinggi derajatnya dibanding Adam sehingga membuatnya sombong dan kafir. 

 Iblis merupakan salah satu mahluk ciptaan Allah SWT yang sebelumnya sangat taat kepada pe Godaan terakhir iblis kepada insan

Godaan terakhir Iblis kepada manusia

Iblis akan selalu menarik hati insan dimanapun dan kapan pun, tidak peduli anda itu mirip apa ia tetap akan menarik hati insan hingga hari final zaman kelak. Bahkan dalam proses sakaratul final hidup pun Iblis akan mengoda manusi untuk yang terakhir kalinya. Dalam surah Al-A'raf 8:16-17 yitu "karena engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan yang lurus. Kemudian saya akan mendatangi mereka dari dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan kuri mereka, dan engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersukur dan (taat)". 

Dari ayat diatas terang bahwa Iblis akan selalu menarik hati insan dengan cara apapun supaya sanggup mengikuti dan terjerumus dari bujukannya. Ada beberapa godaan terakhir Iblis pada dikala manusi memasuki masa sakaratul final hidup yaitu:

1. Iblis akan ibarat harta 

Maksudnya ialah pada dikala insan memasuki masa sakaratul maut, Iblis akan ibarat harta benda yang mewah. Jika anda terpesona dengan godaan tersebut, maka nerakalah kawasan anda. Iblis akan selalu menarik hati manusi bahkan dengan ibarat harta benda supaya manusi sanggup terbujuk dan tidak mengingat Allah SWT sehingga ia meninggal dalam keadaan kafir. 

2. Iblis akan ibarat hewan yang ditakuti

Yang kedua ialah Iblis akan menarik hati dan menakut-nakuti manusi dengan ibarat hewan yang menakutkan dan ditakuti manusia. Apabila sang sakaratul final hidup itu memandang hewan itu ia akan meraung dan melompat lantaran takut, seketika itu putuskan roh dari badannya. 
Maka mati dalam keadaan ini ialah mati dalam keadaan fasih dan munafik, nerakalah tempatnya ia berada. Dan kekalkan ia kedalam neraka. 

3. Iblis akan ibarat hewan yang disukai

Yang ketiga ini berbanding terbalik dengan yang ke-dua, lantaran iblis akan menarik hati insan dengan ibarat hewan yang kita sukai dan cintai. Apabila orang yang hendak sakaratul final hidup itu menyukai kucing atau hewan yang lainnya, dan ia meraba hewan tersebut kemudian mati, maka ia mati dalam keadaan lalai dan lupa kepada Allah SWT dan nerakalah tempatnya. 

4. Iblis akan ibarat orang yang dibencinya 

Selanjutnya ialah iblis akan tiba dan ibarat orang yang dibenci sang sakaratul maut. Dengan demikian timbul lah rasa benci dan ingin membunuh orang yang dilihatnya itu sehingga ia lupa dan lalai kepada sang Maha Kuasa dan kemudian ia mati dalam keadaan kebencian, maka nerakalah tempatnya ia berada. 

5. Iblis akan ibarat orang terdekatnya

Selanjutnya iblis akan tiba dan ibarat orang yang terdekat sang sakaratul maut, contohnya orang tuanya yang membawakan makannan dan minuman. Dan kebetulan ia dalam keadaan lapar dan haus kemudian mengambil makan dan minuman yang dibawa oleh orang tuannya itu yang tak lain ialah jelmaan iblis. Dengan rayuan iblis berkata:  wahai anaku makanlah masakan dan minuman ini dan berjanjilah engkau akan mengikuti kami dengan menyembah Tuhan yang kami sembah supaya kita tidak saling bercerai berai dan kemudian kita akan masuk surga. Dan secara bersamaan meninggal dan mengikuti iblis tersebut kemudian ia meninggal dalam keadaan kafir. Dan ia baka didalam neraka.

6. Iblis akan ibarat ulama 

Yang ke-enam ialah iblis akan ibarat ulama yang dikaguminya kemudia ia berkata: wahai muridku sudah usang kami menunggumu rupanya kau sedang sakit disini. Oleh alasannya ialah itu kami bawakan obat dan tabib, kemudian diminum lah obat tersebut kemudian hilang rasa sakit yang dideritanya. Selepas itu iblis berkata: tunggu, sebentar lagi dinding dan tirai akan terbuka untukmu. 

Ketika tirai dibuka terlihatlah gambar yang amat besar, seperti lebih besar dari langit dan bumi dan berkatalah iblis, itulah zat Allah yang patut kita sembah dan berkatalah orang itu, wahai Ulamaku, bukankah ini benda yang sangat besar, tetapi benda ini mempunyai enam sudut, yaitu kiri dan kanannya. Serta didepan dan belakang. Apakah benda ini yang patut saya sembah?  Dalam keraguan dan kekaguman itu maka datanglah malaikat final hidup mencabut nyawanya, maka matilah orang itu dalam keadaan kafir. Maka ia akan baka dalam neraka.

Baca juga: tiga sifat insan dalam iram 

7. Iblis yang terdiri dari 7 barisan

Hal ini sudah tertata terang dalam  hadist baginda Rasulullah, bahwa umat islam akan terbagi menjadi 73 golongan dan hanya 1 golongan Yang diterima Allah SWT, dan sisanya tidak diterima oleh Allah SWT. Maka iblis dengan 72 barisan ini akan menarik hati insan dan menyesatkan manusia. 

Kaprikornus sebisa mungkin bagi kita untuk mengingatkan ucapan " La ilaha illallah" Demi menyelamatkan orang yang kita sayangi menghadapi sakaratul final hidup dari godaan iblis. Hal ini sesuai dengan hadist, "ajarkan olehmu orang yang masih hidup) kepada orang yg kelak hampir meninggal.




Baca juga: