-->
Tebaru! Cara Gampang Mengatasi Sayangnya Galeri Telah Berhenti Di Android

Tebaru! Cara Gampang Mengatasi Sayangnya Galeri Telah Berhenti Di Android

Tebaru! Cara Praktis Mengatasi Sayangnya Galeri Telah Berhenti di Android, Sebagai salah satu aplikasi yang paling sering dibuka, aplikasi galeri ini berfungsi untuk membuka banyak sekali jenis file media hiburan menyerupai gambar gif, foto dan video. Tetapi tidak jarang pula, sebagian pengguna menghadapi hambatan aplikasi galeri Android tiba-tiba tidak sanggup buka dan tentu saja akan menciptakan kita merasa kesal.

Salah satu error yang paling sering sekali terjadi pada Galeri Android yakni ada pesan error bertuliskan “Sayangnya Galeri Telah Berhenti” atau “Unfortunately Gallery Has Stopped”. Pesan tersebut sanggup terjadi pada semua jenis smartphone. Ada beberapa penyebab dengan terjadinya error di galeri android yakni menyerupai penumpukan Cache, Memori RAM Penuh, Telah di lakukan rooting pada Android, dan lainnya. Maka dari itu berikut inilah 7 Cara Praktis Mengatasi “Sayangnya Galeri Telah Berhenti” di Android: 2 Menit, simak ulasan selengkapnya dibawah ini ya!


1. Hapus File Cache


File cache merupakan salah satu file yang harus kau perhatikan setiap saat. Dalam 3 hari sekali, minimal pengguna Android harus membersihkan file cache biar performa Android sanggup terus optimal dan maksimal. Setiap aplikasi yang kau jalankan akan membentuk File cache mulai dari Galeri, Kamera, Pesan, Instagram, WhatsApp, BBM, Line, Facebook Lite, Youtube, dan lainnya.

Untuk membersihkan File Cache, ada cara gampang yakni dengan memakai aplikasi dari pihak ketiga menyerupai Clean Master, 1 Tap Cleaner, CM Security, Go Speed, dan lainnya. Saya sarankan biar hasilnya lebih maksimal memang lebih baik, kau memakai aplikasi tambahan/ dari pihak ketiga.

2.  Melakukan Reboot pada Android


Melakukan reboot pada smartphone kau merupakan salah satu Cara Mengatasi Sayangnya Galeri Telah Berhenti di Android. Reboot pada smartphone Android berarti mematikan Android dengan cara melepas semua perangkat pada Android tersebut, menyerupai misalnya baterai, memor eksternal, SIM card serta lain lainnya. Namun, jikalau smartphone kau masih dalam keadaan normal, maka lakukan reboot melalui tombol power.

Setelah hal tersebut dilakukan, tunggulah selama 30 detik. Kemudian pasanglah kembali perangkat yang dilepaskan menjadi Android yang utuh kembali atau hidupkan kembali Android dengan menekan tombol power. Lalu coba kau amati apakah galeri tersebut sudah sanggup dibuka atau tidak. Terkadang sesudah kau melaksanakan reboot pada smartphone kau maka galeri akan sanggup dibuka.

3. Hapus Data Galeri Android


Selain cache atau sampah pada android, aplikasi galeri juga menyimpan data di perangkat kamu. Data-data ini berupa thumbnail foto dan video, serta dat-data pengaturan. Menghapus data aplikasi galeri juga kondusif untuk dilakukan. Foto-foto serta video yang kau simpan akan tetap ada.


4. Unroot Smartphone Jika Pernah Melakukan Root


Jika aplikasi galeri kau selalu macet apalagi error terus dikala dibuka sesudah melaksanakan root, dipastikan sudah terang penyebabnya yakni Rooting. Untuk itu pribadi kau lakukan unrooting, memang cantik serta menciptakan smartphone lebih cepat diakses kalau lakukan rooting, tetapi dibalik semua itu karenanya sangat fatal.

5. Pindahkan File Media ke MicroSD


Supaya beban kapasitas memori internal smartphone tidak penuh yang sanggup menjadikan aplikasi galeri tidak sanggup dibuka, pindahkan banyak sekali file foto dan video ke memori eksternal yakni microSD. Caranya gampang cuma buka aplikasi file maganer/file explorer kemudian gunakan fitur “Move/Pindah” ke folder di microSD.

6. Kembali Ke Pengaturan Pabrik


Beberapa cara di atas bahwasanya sudah cukup untuk mengatasi aplikasi galeri yang error. Tapi jikalau beberapa cara diatas belum juga sanggup menangani error di smartphone kamu, kau sanggup melaksanakan cara ini.

Cara ini yakni dengan mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik. Untuk kembali ke pengaturan pabrik, buka Setelan > Setelan pemanis > Buat cadangan dan reset. Oh, ya. Hal yang perlu kau pastikan terlebih dahulu yakni kau sudah melaksanakan backup data dan aplikasi sebelum melaksanakan ini ya. Karena merestart akan menghapus aplikasi yang ada.


7. Lakukan Factory Reset


Saya tidak menyarankan hal ini tetapi menjadi pilihan terkahir jikalau aplikasi galeri Kamu. masih sering menutup sendiri. Lakukan factory reset untuk memperbaiki system yang error sehingga smartphone Kamu akan kembali ke pengaturan awal dan menyerupai baru. Pastikan untuk membackup akun sebelum melakukannya. Caranya gampang tinggal masuk pada Settings » Backup and reset » Factory data reset.

Demikian ulasan lengkap tentang, Cara Praktis Mengatasi Sayangnya Galeri Telah Berhenti di Android, Semoga sanggup membantu dan bermanfaat. Jika kau ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Sekian dan Terimakasih.

Baca juga: