-->
Unlock Boot Loader Xiaomi

Unlock Boot Loader Xiaomi

Setelah beberapa hari menunggu request unlock bootloader, hasilnya hari ini sukses meng-unlock bootloader ponsel Xiaomi Redmi 4a punya OJOL ^_^. Ya memang, proses unlock bootloader itu perlu kesabaran ekstra, alasannya yaitu kini tidak praktis unlock bootloader smartphone Xiaomi. Aturan gres menyebutkan bahwa untuk unlock booloader device Xiaomi ini kita perlu request dahulu memakai akun Mi kita dan harus menunggu  2-10 hari terhitung dari kita request untuk mendapat persetujuan dari pihak Xiaomi. Cukup usang memang, apalagi kini banyak yang sudah menunggu lebih dari 12 hari namun belum disetujui unlock bootloader.

Langsung saja, berikut yaitu tutorial proses unlock bootloader Xiaomi:

1. Pastikan anda sudah mempunyai Mi Acccount (Akun Mi), dan usahakan akun Mi yang anda daftarkan yaitu melalui nomor HP, bukan daftar dari email. Jika anda sudah punya Account Mi dengan nomor HP, lewati langkah nomor 2 dan 3 berikut.

2. Jika anda belum punya akun Mi, silahkan bikin saja pribadi dari HP Redmi 3 anda, caranya praktis kok. Buka Settings >> Mi Account >> Create a Mi Account for free >> OK

 
3. Di tahap berikutnya akan ada peringatan bahwa pulsa akan terpotong untuk biaya SMS ke server Mi. Pilih saja OK kemudian buat  password gres anda yang terdiri dari abjad dan angka, dan finish. Account Mi anda sudah selesai dibentuk dan ponsel Xiaomi Redmi 3 anda otomatis sudah login memakai Mi Account dengan nomor HP
 


4. Setelah ini kita akan request dahulu unlock bootloader. Caranya, kunjungi halaman >> http://en.miui.com/unlock/ terserah mau lewat browser ponsel Xiaomi anda pribadi atau lewat PC sama saja. Yang saya contohkan berikut request unlock bootloader lewat HP. Klik pada Unlock Now, maka anda akan diarahkan ke halaman login lembaga MIUI China, masuk memakai akun Mi anda, klik tombol hijau, kemudian isikan username lembaga (terserah anda), misal username lembaga saya tripledroid88. Setelah ini anda akan diarahkan ke lembaga MIUI China. klik goresan pena English untuk rubah ke bahasa inggris supaya gak terlalu resah ^_^.


5. Jangan resah kalau anda masuk ke lembaga MIUI China, skip saja. Masuk lagi ke alamat http://en.miui.com/unlock/ klik Unlock Now. Kemudian isikan nama, no HP, dan alasan anda ingin unlock bootloader. Contohnya dapat dilihat di gambar berikut. Jangan lupa centang I confirm …….. kemudian klik Apply Now
Setelah beberapa hari menunggu request unlock bootloader Unlock Boot Loader Xiaomi 
6. Setelah ini anda akan mendapat SMS konfirmasi berupa instruksi verifikasi. Untuk itu pastikan nomor yang anda daftarkan masih aktif, bukan nomor asal. Jika anda belum mendapat SMS verifikasi, klik tombol Sent/ Resend. Masukkan instruksi verifikasi kemudian klik Next. Setelah ini request unlock bootloader akan diproses dan anda wajib menunggu kurang lebih 2-10 hari tapi banyak yang tidak hingga 10 hari. Jika request unlock bootloader disetujui maka anda akan mendapat SMS yang berisi approved unlock request.

Oke, saya anggap anda sudah menunggu selama kurang lebih 2-10 hari dan sudah mendapat SMS persetujuan unlock bootloader dari Xiaomi. Isi SMS nya kurang lebih begini “You’ve been granted the permission to unlock your devices…”. Jika anda sudah mendapat SMS ibarat itu kini saatnya kita unlock bootloader Xiaomi.

1. Login memakai Mi Account di ponsel Xiaomi anda. Ini wajib, ponsel harus dalam keadaan login ke akun Mi.

 
3. Ekstrak dan buka Mi Flash Unlock Tool lewat PC/ laptop dan PC harus terhubung ke internet

4. Login Mi Flash Unlock Tool memakai akun Mi yang digunakan ponsel Xiaomi anda

5. Matikan ponsel Xiaomi anda kemudian masuk ke Fastboot mode dengan cara, dalam keadaan mati tekan tahan tombol power + volume down secara bersamaan, hingga logo fastboot muncul gres lepaskan kedua tombol. Maka ponsel akan masuk ke Fastboot mode. Kemudian hubungkan ponsel ke PC/ laptop memakai kabel data.

 6. Kembali ke Mi Flash Unlock Tool, kalau sudah ada isu Phone connected maka tinggal klik pada tombol Unlock, maka proses unlock bootloader akan berlangsung. Tunggu hingga selesai, tidak hingga 10 detik proses unlock bootloader ini.




8. Jika proses unlock bootloader sukses, klik pada reboot phone. Maka ponsel Xiaomi anda akan restart.


Setelah ini berarti ponsel Xiaomi Redmi 3 anda sudah unlock bootloader.
Demikian tutorial dari saya wacana unlock bootloader pada ponsel Xiaomi Redmi 3. Memang butuh beberapa tahapan untuk unlock bootloader termasuk harus menunggu selama kurang lebih 2-10 hari sebelum anda diijinkan untuk onlock bootlader. Dan tampaknya tahapan yang paling membosankan yaitu menunggu SMS dari Xiaomi sehabis request unlock bootloader. Namun sehabis melewati tahapan tersebut dan anda sudah sukses unlock bootloader, maka anda bebas mau oprek ponsel Xiaomi anda, bebas mau install custom recovery, root, install custom ROM, dan sebagainya. Silahkan anda oprek sendiri sesuai kemauan.


Sumber https://tripledroid.blogspot.com/

Baca juga: