-->
Melasti Beach Bali, Nirwana Tersembunyi Dibalik Bukit Kapur

Melasti Beach Bali, Nirwana Tersembunyi Dibalik Bukit Kapur


LIBURAN KE MELASTI BEACH, UNGASAN BALI

Masih di Bali sekitar pukul 12 siang bolong, saya melanjutkan perjalanan dari Pantai Balangan menuju pantai Melasti. Untuk kau yang gres mampir di blog ini, ada baiknya baca terlebih dahulu catatan perjalananku sebelumnya DI SINI.

Pantai melasti Ungasan Bali
Hari itu cuaca di Bali terasa sangat panas, bagiku mirip dineraka, tapi bagi bule-bule yang berpakaian setengah telanjang itu merasa ini yaitu surga. Terlihat mereka sangat asyik memperabukan tubuhnya di bawah terik matahari.

Walaupun panas, saya tidak sanggup membohongi diriku kalau panorama di pantai Melasti ini patut diacungi lima jempol. Mau tahu mirip apa penampakan Melasti Beach ? Scroll terus ya ampe mentok ke bawah.

ASAL USUL NAMA MELASTI

Patung Dewa di pantai Melassti Beach
Setiap berkunjung ketempat baru, saya niscaya selalu ingin tau dengan latar belakang nama daerah tersebut.

Setelah membaca di Wikipedia, ternyata Melasti merupakan sebuah upacara pensucian diri untuk menyambut hari raya Nyepi oleh seluruh umat Hindu di Bali. Upacara Melasti digelar untuk menghanyutkan kotoran alam memakai air kehidupan. Upacara Melasti dilaksanakan di pinggir pantai dengan tujuan mensucikan diri dari segala perbuatan jelek pada masa kemudian dan membuangnya ke laut. Dalam keyakinan Hindu, sumber air mirip danau dan maritim dianggap sebagai air kehidupan (tirta amerta).

Pura di Pantai Melasti
Sumber : thebalidestiny.com
Oalah, pantas saja di sekitar pantai Melasti banyak patung yang kuasa dan pura sebagai daerah sembahyang umat Hindu. Kalau saya tiba dikala upacara Melasti, pastilah pantai ini akan sangat ramai.

DAYA TARIK PANTAI MELASTI

Bibir Pantai melasti
Pantai melasti mempunyai banyak keunikan dibanding pantai-pantai lainya yang ada di Bali. Salah satunya yaitu wujud airnya yang bening.

Sebetulnya, saya ingin sekali menceburkan diri ke pantai melasti. Namun, karna terik matahari terasa semakin panas kesudahannya saya memutuskan untuk berjalan-jalan sambil mengambil foto. Sesekali masuk kedalam gua-gua kecil dibawah tebing untuk berteduh. Gua ini juga kami pakai untuk makan siang.


Goa untuk ngadem




 

Keadaan air di pantai Melasti cenderung berombak. Namun, air di pesisirnya sangat hening alasannya ombak lautnya dihalangi oleh watu karang yang berada tidak jauh dari bibir pantai.

Oleh karna itu, kalau kau berada disini jangan lupa berenang ya! Air lautnya ga nahan banget. Next time kalo saya kesini lagi niscaya nyebur deh, tapi datengnya pagi atau sore aja supaya adem.
Bule sedang berendam sambil memadu kasih
BUKIT KAPUR YANG BERKELOK

Bukit kapur di Melasti Beach, in frame : Barat Daya
Daya tarik berikutnya dari pantai melasti yaitu adanya bukit kapur yang berkelak-kelok. Itulah mengapa tebing ini berwarna putih.

Cobalah naik ke atas bukit kapur bila ingin melihat landscape pantai Melasti dari ketinggian. Gila bro! Viewnya cakep, biru lautnya membius banget!.
Melihat pemandangan Pantai Melasti dari atas bukit kapur


Gundukan tanah yang menjorok ketengah pantai itu sengaja dibentuk untuk upacara Melasti, supaya simpel bila ingin membuang sesajen ke laut. Kalian ngelihat ga sih ?
Pemandangan Pantai  Melasti dari atass tebing kapur
Namun, kau harus berhati-hati karna terakhir kali saya kesini bukit kapurnya sedang di keruk. Sepertinya masih dalam tahap perbaikan jalan. Dulu sebelum bukit kapur ini di perbaiki, pantai Melasti masih berada di balik tebing, jadi jarang ada orang yang tahu kalau dibalik bukit kapur terdapat nirwana tersembunyi yang sangat indah.


Bukit Kapur


Mungkin kalau proyek ini sudah selesai, pantai ini akan dibuka secara resmi dan semakin banyak pengunjung yang memadati daerah ini. So, mumpung belum mainstream mending kau cepetan kesini deh.

Saat dalam perjalanan pulang, saya melihat ada pasangan muda mudi yang sedang melaksanakan sesi foto prewedding. Tebing kapur ini emang jadi pilihan yang sempurna untuk foto prewed, duh jadi baper uy.

HATI-HATI! BANYAK MONYET BERKELIARAN

Bali merupakan surganya para monyet, begitu halnya dengan Pantai Melasti. Di sini berbagai monyet-monyet yang berkeliaran dijalan-jalan untuk meminta makanan dari para pengunjung yang lewat.

Untuk kau yang membawa barang-barang berharga sebaiknya di jaga sebaik mungkin, karna simpanse ini gemar mencuri apapun yang ia lihat. Itulah mengapa saya sangat membenci monyet.

BAGAIMANA CARA KE PANTAI MELASTI?

Sumber gambar water-sport-bali.com
Pantai Melasti berada tidak jauh dari jimbaran, tepatnya di jalan Melasti, Banjar Kelod, di Desa Adat Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung – Bali. Oleh karna itu pantai ini sering disebut juga dengan pantai Melasti Ungasan.

Akses menuju pantai ini tergolong mudah, jalananya juga bagus. Kaprikornus kau sanggup memakai kendaraan apapun yang kau mau. Bisa naik kendaraan beroda empat atau motor atau jalan kaki mirip yang dilakukan bule-bule itu juga boleh.

Pantai Melasti Ungasan termasuk pantai yang masih jarang dikunjungi wisatawan, jadi kau tidak perlu khawatir jalanan macet. Nah, supaya kau ga kesasar, berikut ini saya tampilkan lokasinya via google maps.



O iya, pantai melasti tidak dikenakan tarif tiket masuk alias gratis. Jadi, kau hanya perlu menjaga lingkungan saja biar tetap bersih. Pastikan tidak ada sampah yang kau tinggalkan ya. Keindahan pantai melasti yang masih perawan sangat sayang bila kau nodai.

FASILITAS DI PANTAI MELASTI

 Untuk kau yang gres mampir di blog ini MELASTI BEACH BALI, SURGA TERSEMBUNYI DIBALIK BUKIT KAPUR
Secret Place
Salah satu akomodasi di Pantai Melasti yaitu terdapat warung kecil yang berada tidak jauh dari pantai. Warung-warung ini memang masih sedikit tetapi sangat tidak mengecewakan untuk membeli sebotol aqua atau mijon.

Untuk akomodasi lainya saya kurang tahu, So kalo kau ingin menambahkan silahkan tulis di kolom komentar ya, kutunggu lo.

SEBELUM LIBURAN KE PANTAI MELASTI, TONTON DULU VLOG INI!





Sumber https://www.khairulleon.com/

Baca juga: