-->
Ukuran Resolusi Foto Dan Video Instagram Yang Anggun Diunggah

Ukuran Resolusi Foto Dan Video Instagram Yang Anggun Diunggah

Berapa dimensi dan resolusi video dan foto unggahan di Instagram ? Mungkin anda salah satu penggiat instagram yang ingin eksis dan banyak follower, atau mungkin saja anda ingin menyebarkan bisnis melalui unggahan Gambar dan video untuk promosi ?, jikalau iya maka kita sebaiknya tahu dulu berapa rasio yang disarankan untuk diupload supaya sesuai dengan ketentuan.

Berapa dimensi dan resolusi video dan foto unggahan di Instagram  Ukuran Resolusi Foto dan Video Instagram yang Bagus Diunggah

Meskipun tidak secara detail ukuran foto serta video yang dapat diunggah oleh pengguna Instagram, alasannya ketika kita pertama kali menginstall aplikasi ini, tidak ada peringatan atau notifikasi khusus ihwal ukuran dan resolusi yang harus dipatuhi, setidaknya bila kita mengulik ke situs developernya, maka akan ditemukan klarifikasi berapa dimensi dan rasio gambar yang layak untuk diposting pada stories #instagram kita.

Meskipun kita memakai kamera beresolusi tinggi sekelas DSLR, ternyata ketika nantinya foto tersebut diunggah akan mengalami penyusutan resolusi serta rasio panjang dan lebarnya.

Begitu juga ketika kita hanya memotret memakai kamera HP yang punya resolusi pas-pasan, dibawah 1 MP sekalipun, ternyata secara otomatis server instagram akan mengoptimasinya sesuai gambar yang ditentukan tanpa mereduksi pixel yang ada sehingga masih terkesan natural.

Ukuran Foto yang disarankan Instagram


Dari berselancar dan mencari-cari info berapa bekerjsama resolusi gambar yang disarankan pihak instagram, aku menemukan info dari situs resminya bahwa aspek rasio yang disarankan ialah 1.91:1 dan 4:5 serta maksimal lebar 1080 pixels.

Berapa dimensi dan resolusi video dan foto unggahan di Instagram  Ukuran Resolusi Foto dan Video Instagram yang Bagus Diunggah

Makara semumpama kita memiliki gambar dari hasil bidikan kamera dengan resolusi diatas 1080 px, maka secara otomatis ketika kita unggah ke stories Instagram akan diperkecil otomatis maksimal 1080 px.

Begitu juga ketika dimensi panjang dan lebar gambar yang dihasilkan kamera HP atau DSLR kita tidak sesuai rasionya, maka secara otomatis pula akan dijadikan 4:5 ataupun 1.91:1.

Bagaimana jikalau gambar kecil kurang dari 1080 px dan juga rasionya juga tidak sesuai?, ternyata secara otomatis mesin instagram akan menciptakan perbandingan yang serupa dari sisi resolusi dan rasionya, ialah antara batas 566 hingga maksimal 1350 pixels dengan lebar maksimal 1080 px. Atau bahkan sering kita temui jikalau foto terlalu besar akan terlihat area cropping untuk memotong sesuai yang disarankan.




Lalu berapa Ukuran Video yang disarankan Instagram?

Meskipun secara tertulis developer instagram tidak menyertakan detail resmi berapa resolusi dan durasi video yang wajib dipatuhi, banyak pegiat bisnis Online yang instagramable mencari persamaan dengan yang ada di persyaratan Video unggahan Facebook ialah sebagai berikut:

• Caption length text: 2,200 characters Max
• Video aspect ratio: Landscape (1.91:1), Square (1:1), Vertical (4:5)
• Supported video codecs: H.264, VP8
• Supported audio codecs: AAC, Vorbis
• Maximum size: 4GB
• Frame rate: 30fps max
• Minimum resolution: 600 x 315 pixels (1.91:1 landscape) / 600 x 600 pixels (1:1 square) / 600 x 750 pixels (4:5 vertical)
• Minimum length: No minimum
• Maximum length: 60 seconds
• File type: Full list of supported file formats

Itulah beberapa info terkait ukuran gambar dan video yang disyaratkan oleh instagram supaya balasannya anggun dan instagrammable, semoga bermanfaat.

Baca juga: