-->
Mengenal Programing Atau Pemograman Komputer (2)

Mengenal Programing Atau Pemograman Komputer (2)

berguru komputer

Dalam pemograman ada beberapa hal yang perlu kita ketahui sebagai dasar untuk mengetahui pemograman lebih lanjut. Adapun beberapa hal tersebut adalah:


 image: google, nurulfikri.ac.id
gambar. berguru komputer 1

1. mengetahui jenis-jenis data yang sanggup diolah di komputer.
Secara garis besar, ada 2 buah jenis atau tipe data, yaitu, data angka, atau data nilai, atau data numerik, dan yang kedua ialah data karakter, atau data alfanumerik. 

Data angka/ numerik ialah jenis data yang sanggup dilakukan operasi matematika padanya, ibarat penjumlahan, pembagian, perkalian, pengurangan, dan lain-lain. Contoh data angka ialah bilangan 1, 2, atau 3, 500000, 2018, 3.5, 2500.55, dan angka lainnya.

Data huruf ialah jenis data yang tidak sanggup di lakukan operasi matemaika padanya, tetapi sanggup dibandingkan sama atau tidak sama. Contoh data huruf ialah kata "sukses", kata "berhasil", "Tahun 2018", "A", "a", "B", "b", dan yang lainnya.

2. mengetahui wacana variabel, pencabangan, perulangan, fungsi.
Variabel ialah daerah untuk menampung data. Variabel ada 2 macam, yaitu variabel biasa yang hanya punya satu data, contohnya variabel password = sukses, lalu variabel yang nilainya sanggup berubah-ubah, ibarat variabel array pada perulangan dengan FOR, akan dibahas selanjutnya.

3. Pencabangan ialah pencabangan pedoman jalannya program, pencabangan dilakukan dengan perintah IF atau jika, jikalau perbandingan bernilai benar maka lanjut, selain itu atau jikalau perbandingan bernilai salah maka ulang. Yang telah disebutkan ialah pencabangan dengan 2 kemungkinan jawaban, bahkan pencabangan sanggup lebih dari 2.

4. Perulangan ialah proses perulangan sebuah aba-aba aktivitas dijalankan. Perulangan dilakukan dengan perintah FOR.

5. Fungsi ialah beberapa aba-aba aktivitas yang sanggup dijalankan dengan memanggilnya, sehingga untuk melaksanakan hal yang sama kita tidak perlu menulis aba-aba aktivitas lagi, tapi cukup dengan memanggil fungsi tersebut.

Semoga bermanfaat.

Baca juga: