-->
10 Perlengkapan Untuk Memulai Perjuangan Fotocopy Yang Harus Anda Penuhi Terlebih Dahulu

10 Perlengkapan Untuk Memulai Perjuangan Fotocopy Yang Harus Anda Penuhi Terlebih Dahulu

Jika kalian ingin memulai perjuangan fotocopy dan ATK, kalian harus mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk sarana atau perlengkapan yang dipakai untuk keberlangsungan perjuangan fotocopy ini.

Lalu, perlengkapan ibarat apa yang dibutuhkan untuk menjalankan perjuangan fotocopy ? mari kita bahas bersama - sama pada artikel ini


Perlengkapan Wajib Usaha Fotocopy : 

  • Mesin fotocopy
Mesin fotocopy termasuk alat yang wajib anda penuhi dulu ketika akan membuka perjuangan fotocopy. Karena apa ? alasannya yaitu alat inilah yang bertugas sebagai alat utama, untuk perjuangan ini.

Berapa harganya ?

Jelas bervariasi, ada yang 15 jutaan hingga 30 jutaan itu semua tergantung finansial anda. tapi jikalau modal mepet, anda bisa membeli mesin fotocopy bekas dengan kualitas yang masih terjaga. Lumayan harganya bisa turun ke angka 6 – 9 jutaan.
  • Mesin laminating
Mesin laminating dipakai untuk melaminating dokumen, dan jasa laminating itu wajib ada pada perjuangan fotocopy. Karena tak sedikit pelanggan yang ingin melaminating dokumen-dokumen ibarat ijasah.

Jadi, usahakan anda juga memenuhi perlengkapan ini.

Untuk urusan harga, mesin ini dibanderol antara 1 hingga 1.5 juta rupiah.
  • Etalase kaca
Meski perjuangan inti yaitu fotocopy, tapi anda tidak harus berpaku pada jasa fotocopy. Anda bisa menjual perlengkapan ATK untuk menambah ragam perjuangan serta menciptakan toko anda terlihat lengkap.

Dan untuk memajang ATK ini, kita memerlukan etalase beling dengan panjang sekitar 3 hingga 5 meter (tidak harus lurus/segaris). Nantinya, etalase beling ini akan diisi dengan ATK ibarat bolpoint, pensi, penghapus, tipe x dan lainnya.

Untuk urusan harga, etalase punya variasi harga. Ada yang murah 1.5 juta, dan ada pula yang lebih dari 2 juta jadi pastikan anda sesuaikan kualitas dengan budget yang anda miliki.
  • Printer
Usaha fotocopy memangnya perlu printer ?

Secara teknis tidak, tapi jikalau anda akan membuka perjuangan fotocopy lebih baik anda juga menyediakan jasa printing untuk mencetak foto, dokumen, seruan dan lainnya. Hal ini dikarenakan ada banyak orang yang mempunyai urusan dengan dokumen printing tapi mereka tidak punya printer.

Kaprikornus solusinya anda harus mempunyai printer dan komputer.

Untuk printer, harganya juga bervariasi tergantung brand yang anda pilih. Untuk Hp tampaknya harga lebih murah sekitar 500 ribuan hingga 1 jutaan. Tapi jikalau Epson atau Canon, banyak yang mempunyai harga diatas 2 juta rupiah tentu dengan fitur dan kualitas lebih baik.

Disarankan untuk membeli printer color dengan kombinasi warna yang agak banyak (minimal 6 warna). Cari juga yang mempunyai kecepatan cetak tinggi.
  • Komputer
Ada printer, harus ada komputer. Ini dikarenakan printer bisa dioperasikan melalui sebuah komputer atau laptop.

Secara lebih mudah, komputer ini dipakai untuk menyeting dokumen ibarat undangan, edit foto (kadang ada yang perlu edit warna background foto) dan setting dokumen-dokumen lain.

Jadi, komputer apa yang dibutuhkan ?

Kalau bisa pilih komputer yang mempunyai spesifikasi mumpuni RAM minimal 4 Gb dengan processor core i3. Lebih dari itu juga lebih baik. Nanti, sesudah anda mendapat komputer jangan lupa instal beberapa aplikasi desain grafis ibarat Photoshop dan Corel Draw.
  • Meja kursi
Meja dan bangku bekerjsama hanya opsional, artinya jikalau tidak dibutuhkan ya tidak perjuangan dipenuhi. Fungsi meja ini hanya untuk meletakan printer, komputer dan perlengkapan lain ibarat mesin laminating.

Sementara bangku dijadikan sebagai daerah duduk anda didepan komputer dan jikalau perjuangan anda ramai, anda juga harus menyediakan bangku untuk pelanggan anda yang antri.
  • Cover jilid
Penjilidan juga biasanya ditemui pada perjuangan fotocopy, dikala akan menjilid maka pelanggan biasanya meminta jenis cover jilid yang spesifik ibarat yang soft case atau hard case. Kaprikornus anda sediakan macam-macam casing/cover jilid. Dan jangan lupa didik diri anda untuk menjilid dokumen, alasannya yaitu jikalau balasannya rapi para pelanggan akan puas dan kembali lagi ke anda.
  • Pemotong kertas
Pemotong kertas yang dimaksud itu bukan gunting, tapi multi papper cutter. Ini dipakai untuk memotong beberapa lembas kertas sekaligus. Hanya dengan satu gerakan, maka beberapa lembar kertas bisa terpotong dengan rapi.

Ini dibutuhkan demi kerapian dokumen hasil fotocopy, alasannya yaitu kadang hasil cetakan lebih kecil dari ukuran kertas. Kaprikornus perlu disesuaikan.

Untuk harga sekitar 200 hingga 500 ribua tergantung kemampuan potongannya.
  • Neon box
Neon box itu papan nama kotak yang sanggup menyala, semua perjuangan fotocopy wajib mempunyai papan nama ibarat ini.

Tapi bukan sembarang papan nama, papan nama harus dibentuk menarik sehingga pilih neon box yang menyertakan brand dari mesin fotocopy anda. maka sekilas pelanggan pribadi tahu bahwa itu yaitu perjuangan fotocopy.
  • Spandux (bila perlu)
Spandux ini sifatnya opsional, jikalau anda gres buka anda bisa gunakan spanduk untuk memperkenalkan/mempromosikan jasa atau layanan apa saja yang anda tawarkan. Spanduk ini beda dengan neon box.

Neon box itu kecil dan hanya menyertakan brand mesin fotocopy, jikalau spanduk lebih lebar dan berisi semua layanan yang anda tawarkan. Kaprikornus calon pelanggan bisa tahu layanan apa saja yang ada pada perjuangan anda.

Mungkin itu saja artikel yang bisa saya bagikan supaya bisa menambah wawasan kita perihal dunia usaha.

Baca juga: