-->
Penyebab Fatal HP Tidak Bisa Dicas dan Cara Mengatasinya

Penyebab Fatal HP Tidak Bisa Dicas dan Cara Mengatasinya

Penyebab Fatal HP Tidak Bisa Dicas dan Cara Mengatasinya Penyebab Fatal HP Tidak Bisa Dicas dan Cara Mengatasinya

Saya seringkali mendengar keluhan hp yang tidak bisa dicas (di charger) atau malah berkurang ketika dicas. Tentu permasalahan ini sangatlah merugikan dan yang pastinya semua orang ingin memiliki hp yang hemat baterai. Memang langkah yang lebih baik adalah dengan membawa hp ke Service Center terpercaya untuk diperiksa penyebab kerusakannya.

Namun bagi Kamu yang ingin mencoba - coba terlebih dahulu, kali ini saya akan memberikan informasi mengenai penyebab hp tidak bisa dicas dan cara mengatasinya.

Penyebab HP Tidak Bisa Dicas

Memang ada banyak sekali hal yang menjadi penyebab hp tidak bisa dicas, namun secara keseluruhan bisa disimpulkan yaitu :

  • Karena kerusakan baterai
  • Karena Kamu menggunakan adapter yang rusak
  • Karena kerja aplikasi yang menghambat konsumsi baterai
  • Karena kesalahan (bug) pada firmware
  • Karena masalah hardware

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Dicas

Tenang saja, karena bisa saja hal sepele yang menjadi penyebab hp Kamu tidak bisa dicas. Mari lanjut membaca untuk mengetahui cara mengatasinya.

1. Analisis kesehatan baterai

Penyebab Fatal HP Tidak Bisa Dicas dan Cara Mengatasinya Penyebab Fatal HP Tidak Bisa Dicas dan Cara Mengatasinya

Penyebab utama hp tidak bisa dicas biasanya terdapat pada kesehatan baterai yang semakin memburuk. Kesehatan baterai akan semakin memburuk jika Kamu menggunakan hp secara tidak teratur, misalnya bermain game sambil dicas, charger hp semalaman, cabut hp ketika di cas padahal belum penuh. Nah hal - hal tersebut pasti sering dilakukan, padahal hal tersebutlah yang menjadi penyebab baterai hp tidak bisa dicas.

Langkah pertama Kamu bisa menganalisis kesehatan baterai. Secara fisik, baterai yang sudah rusak akan terlihat kembung dan sedikit lembek. Selanjutnya, Kamu bisa menganalisis dari lama ketahanan baterai dan lama charger baterai. Baterai yang rusak biasanya akan cepat habis dan cepat terisi kembali ketika dicas.

2. Usahakan gunakan adaptor yang cocok

Setiap baterai yang tertanam di hp memiliki arus yang berbeda - beda. Charger hp dengan berbagai jenis adaptor, biasanya minjam ke teman adalah penyebab hp tidak bisa dicas. Karena jika keseringan menggunakan adaptor dengan arus yang tidak cocok tentu baterai akan rusak. Jadi alangkah baik tetap gunakan adaptor bawaan pabrik.

Namun jika Kamu mau membeli adaptor baru, langkah pertama Kamu harus memperhatikan real ampere yang masuk, bisa di cek dengan aplikasi Ampere (Google Play). Jadi Kamu bisa dengan memudah memonitor arus masuk yang asli, lalu membeli adaptor yang cocok. Tetapi seringkali permasalahannya ada di kabel USB yang kurang bagus menghantarkan arus listrik ke baterai hp. Jadi coba ganti juga kabel usb jika hp masih tidak bisa dicas.

3. Perhatikan kerja aplikasi yang banyak mengonsumsi baterai

Penyebab Fatal HP Tidak Bisa Dicas dan Cara Mengatasinya Penyebab Fatal HP Tidak Bisa Dicas dan Cara Mengatasinya

Penyebab hp tidak bisa dicas selanjutnya karena kerja aplikasi yang memakan (mengonsumsi) banyak baterai. Jadi meskipun sedang dicas, aplikasi tersebut tetap mengonsumsi baterai yang banyak dan membuat hp tidak bisa dicas.

Cara mengatasi nya, Kamu bisa masuk ke Pengaturan > Baterai. Lalu lihat aplikasi apa yang mengonsumsi baterai secara berlebihan. Jika aplikasi tersebut sekiranyna kurang bermanfaat, mending hapus saja daripada menjadi penyebab hp tidak bisa dicas

4. Coba lakukan update firmware

Bug firmware juga bisa menjadi penyebab hp tidak bisa dicas. Kasus ini pernah saya alami di Asus Zenfone C. Dimana hp tersebut tidak bisa dicas ketika sudah di flash ke firmware versi 55, mungkin ada bug yang membuatnya tidak bisa dicas. Alhasil saya lakukan update ke firmware terbaru dan memang setelah diupdate kondisi hp menjadi normal kembali.

Jadi silahkan Kamu coba update ke firmware terbaru, karena biasanya di firmware terbaru akan memberikan berbagai fasilitas dan meningkatkan kinerja hp supaya lebih baik lagi.

5. Masalah fatal pada hardware

Penyebab fatal hp tidak bisa dicas pastinya ada kerusakan pada hardware (perangkat keras), penyusun hp tersebut. Memang susah jika sudah terjadi seperti ini, jalan keluarnya tidak ada lagi selain diperiksa ke service center terpercaya.

Jadi itulah beberapa penyebab hp tidak bisa dicas beserta cara sederhana untuk mengatasinya. Jika masih tidak bisa dicas, saya sarankan untuk dibawa aja ke Service Center yang terpercaya, supaya ditangani oleh orang lebih mengerti. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga: