-->
Tips Menentukan Topik Blog

Tips Menentukan Topik Blog

Tips Memilih Topik Blog




Tips Memilih Topik Blog - Banyak sekali blogger yang masih resah perihal bagaimana cara mimilih topik yang akan menjadi tema dari blognya. Saya pun juga demikian. Saat awal-awal menjadi seorang blogger aku menciptakan blog yang membahas aneka macam topik. Ada kesehatan, pendidikan, properti dan lain-lainnya. Banyak orang menyebutnya dengan blog gado-gado. Memang tidak ada yang salah jikalau kita menciptakan blog gado-gado tersebut. Dan ada pula blog gado-gado yang sukses. Namun, apakah kita mempunyai semangat dengan mereka ? Untuk topik dalam sebuah blog, aku akan menyarankan teman untuk membahas perihal niche tertentu. Untuk lebih jelasnya akan aku bahas di bawah ini.

BEBERAPA KESALAHAN YANG SERING DILAKUKAN BLOGGER PEMULA

Membuat blog gado-gado (Beberapa macam topik pembahasan)
Seperti yang telah aku katakan diatas, tidak ada yang salah dengan menciptakan blog ini. Namun blog kita akan kesulitan mempunyai pelanggan/pembaca setia. Bisa saja topik yang di bahas dalam blog kita menciptakan visitor bingung. Dengan kita menciptakan topik yang membahas satu hal, tentu akan meningkatkan peluang blog kita menjadi menunjukkan solusi bagi pembaca. Bukan mustahil mereka akan mulai mengikuti dan menjadi pembaca setia blog sobat.


Minim Pembaca
Kita perlu memilih topik yang memang mempunyai banyak minat bacanya. Misal perihal Tips Seputar Blog yang aku buat ini. Banyak blogger pemula yang masih awam dan perlu beberapa pengetahuan biar blognya dapat baik. Sebenarnya blog ini pun masih belum tepat dan mempunyai banyak kekurangan. Namun setidaknya, aku berusaha menunjukkan solusi kepada para blogger pemula untuk menambah wawasannya.


Ingin Meniru Blogger Sukses
Saya pun memang demikian. Ingin menjadi seorang blogger yang sukses dan itu manusiawi. Namun perlu kita ingat, bahwa blogger yang sukses (contoh : sugeng.id , detik.com) mempunyai semangat yang luar biasa. Pengorbanan waktu, tenaga dan aliran yang tidak gampang pula.


Memilih Topik Populer Namun Tidak Paham
Hal ini pernah aku alami. Banyak sekali topik yang aku bahas dalam sebuah blog, namun kebanyakan tidak terlalu aku minati. Hal ini alasannya ialah pada awalnya aku berpikir bahwa membahas begitu banyak blog akan menghasilkan pundi-pindi yang bermacam-macam pula. Namun pada akhirnya, aku kesulitan dalam mencari sumber informasi.



CARA MEMILIH TOPIK BLOG

Memiliki Banyak Peminat
Kita dapat menciptakan topik blog dengan hal yang banyak peminatnya. Sebagai teladan ialah blog perihal Teknologi atau Seputar Handphone Android. Selain itu kita juga dapat menganalisa melalui beberapa keyword riset untuk mengetahui seberapa besar topik itu dibaca. Namun perlu di ingat, bahwa topik yang banyak peminatnya, tentu saja akan banyak blogger lain yang membuat. Itu tergantung kita dalam menciptakan artikel yang berkualitas.


Memberikan Manfaat Yang Lebih
Dengan kita menciptakan topik blog yang menunjukkan manfaat kepada orang lain, tentu akan menciptakan blog kita berpeluang besar untuk menjadi blog yang banyak pengunjungnya.  


Memilih Yang Cocok Untuk Di Monetisasi
Banyak yang beranggapan bahwa blog gado-gado berpeluang lebih besar untuk di monetisasi. Hal ini alasannya ialah dianggap mempunyai pengunjung yang banyak. Ini tidak salah. Namun kita juga tidak dapat mengabaikan fakta bahwa blog yang membahas topik tertentu justru lebih gampang dalam hal monetisasi. 


Blog gado-gado atau blog yang membahas topik tertentu mempunyai peluang sukses yang sama. Tetapi ada kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam blog tersebut. Saya lebih menyarankan teman untuk menciptakan blog yang sesuai dengan minat dan dengan topik tertentu. Hal ini akan sedikit mempermudah teman dalam usaha, meskipun sama-sama harus sabar dan berjuang. Tidak apa-apa gagal, alasannya ialah memang harus begitu dan mengalami kegagalan. Nikmati prosesnya dan jangan lupa berdoa. Sukses untuk teman semuanya.

Baca juga: