-->
Kenali 7 Penyebab Baterai Laptop Tidak Sanggup Mengisi Penuh Beserta Solusinya

Kenali 7 Penyebab Baterai Laptop Tidak Sanggup Mengisi Penuh Beserta Solusinya


Laptop - Kebuthan laptop atau sanggup juga disebut dengan notebok, semakin hari semakin meningkat hal tersebut dikarenanakan laptop merupakan barang yang sangat sering dipakai oleh para pelajar dan mahasiswa. Namun  sebagian besar tidak tau menau perihal cara perawatannya bahkan rata-rata dari mereka hanya tau cara mengunakannya saja. 

Berdasarkan fatka diataslah admin serbandso.com akan sharing pengalaman cara yang dapt dilakukan untuk mengatasi batre laptop yang tidak bisadi charge penuh. gotong royong ada banya sekal permasalahan ketika menggunakan laptop namun pada kesempatan ini akan fokus ke pembahasan batre yang tidak sanggup diisi penuh. untuk yang permasalahan yang lainnya akan dibahas di artikel selanjutnya.

Penyebab baterai laptop tidak mau mengisi penuh
ada banyak faktor yang  mempengarui baterai laptop tidak dapa mengisi penuh diantaranya:
1. Soket colokan baterai sudah mulai rusak
2. Banyaknya serat kabel yang putus
3. Adaptor laptop tidak befungsi dengan baik
4. Tegangan listrik tidak stabil, kurang atau melebihi Voltase
5. Pemakaian baterai yang sudah usang (Tua)
6. Charging Baterai yang sering melebihi batas.    
7. Baterai Rusak

Cara mengatasi baterai laptop yang tidak mengisi 
  
  • Matikan Latop
Cara yang pertama kali harus dicoba adala matikan laptop, kemudian lepaskan baterai dan pasan kebali, hal tesebut bertujuan untuk memastikan konektor baterai terpasang dengan baik.

  • Biarkan Baterei Mendingin
Jika baterai lapto terlau panas, lepaskan dan biarkan supaya hirau taacuh terlebih dahulu.suhu baterai yang terlalu tinggi sanggup kuat ke kinerja baterai
  • Bersihkan konektor baterei dan motherboard
konektor baterai latop sangatla sensitif dan bila tidak terpasang dengan baik juga sanggup menjadi salah satu penyebab baterai  tidak sanggup mengisi.
  • Tes laptop tanpa baterai
Untuk memastikan kerusakan yang terjadi, sanggup dilakukan pengetesan menhidupkan laptop tanpa baterai, apakah laptop sanggup menyala atau tidak. kalau laptop tidak menyala ada kemungkinan laptop yang rusak.
  • Periksa adaptor secara fisik
Perikasa adaptor laptop secara fisik bertujuan apakah adaptor dalam kondisi normal atau sanggup saja tertukar dengan adaptor laptop yang lain. Pastikan voltase yang tertera pada adaptor laptop tidak kurang atau kelebihan dengan spesifikasi yang tertera pada laptop. 
  • Lihat baterai laptop
Kondisi baterai laptop yang tidak bisa  di isi sanggup juga berasal dari kondisi baterai yang sudah bau tanah atau bahkan sudah rusak.   
  • Intall ulang Softwae  
Software juga sanggup menjadi salah satu penyebah batera laptop tidak sanggup diisi, fungsi sebuah software yaitu untuk memaksimalkan kerja hardware dengan baik. jadi tida ada salahnya untuk mengintall ulang software baterai laptop. 

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi baterai laptop yang tidak sanggup mengisi, semoga bermanfaat dan selamat mencoba semoga cepat mendapat solusinya. bila sudah dicari namun belum ketemusolusinya hal yang teakhir yaitu sanggup membawa laptop ke Teknisi (Jasa Service). 

Sumber https://www.serbandeso.com/

Baca juga: