-->
Info Lengkap Wisata Situ Gunung Sukabumi Dan 5 Destinasi Menarik Yang Ada Di Sekitarnya

Info Lengkap Wisata Situ Gunung Sukabumi Dan 5 Destinasi Menarik Yang Ada Di Sekitarnya



Semenjak dibangun jembatan gantung terpanjang di Indonesia, sekarang daerah wisata Situgunung jadi ramai diperbincangkan publik, terutama oleh para pengguna Instagram. Bagaimana tidak, jembatan ini menyajikan pemandangan landscape yang luar biasa. Tidak butuh waktu usang untuk menjadikanya sebagai salah satu daftar wisata terkenal yang ada di Sukabumi.

Namun, tahukah kau ? Selain jembatan yang fenomenal ini ternyata masih ada lagi loh beberapa tempat menarik yang ada di sekitarnya. Kaprikornus pastikan kalau kau liburan ke Situgunung jangan hanya ke Jembatannya saja ya. 

Nah, berikut ini 5 destinasi menarik yang ada di Kawasan Wisata Situgunung Sukabumi yang wajib kau kunjungi :

1. DANAU SITU GUNUNG

Panorama Danau Situ Gunung
Danau Situgunung merupakan daya tarik utama di Situ Gunung yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Untuk mencapai ke danau ini kau harus berjalan sekitar 1KM atau 20 menit dari pintu masuk. Ikuti saja papan petunjuk yang ada atau kau sanggup bertanya kepada petugas letak danau ini berada. Pokoknya dari pintu masuk eksklusif belok ke arah kiri yes.

Perjalanan menuju danau akan terasa gampang karna jalurnya sudah diaspal. Walaupun begitu kau tidak diperbolehkan memakai kendaraan tetapi wajib berjalan kaki. Kendaraannya simpan di parkiran saja ya.

Sesampainya di Danau Situgunung kau akan melihat luasnya danau di kelilingi pepohonan pinus yang berada di lereng gunung gede pangrango. Waktu yang paling sempurna untuk ke danau ini ialah ketika sunrise dan sunset, alasannya cuacanya sangat anggun untuk mengambil foto.


APA YANG BISA DILAKUKAN DI DANAU SITU GUNUNG ?

1. PIKNIK
Rumput hijau untuk area piknik di tepi danau Situ Gunung
Danau Situgunung sangat cocok untuk tempat piknik bareng teman atau keluarga. Kamu sanggup menyewa tikar untuk selonjoran atau membawanya sendiri dari rumah.

Walau bergotong-royong duduk tanpa tikarpun tidak problem karna di sekitar danau sudah ditumbuhi rumput  yang bersih. Namun, untuk mengantisipasi rumput yang berair karna terkena air embun atau hujan, kau sanggup memakai tikar.

2. NAIK GETEK ALIAS PERAHU RAKIT
Salah satu bahtera rakit di Situ Gunung
Selain menikmati alam dari pinggir Danau kau juga sanggup menikmati danau memakai bahtera getek/Rakit. Hanya dengan tarif Rp.Sekian (Nanti tanya ke Abang-abangnya aja ya, Paling cuma 10 rebuan wkwk). Yang penting kau akan di ajak muter-muter keliling danau hingga puas.

3. MANCING
Mancing di tepi Danau Situ Gunung
Untuk kau yang hobi mancing, danau ini wajib banget dimasukkan ke bucket list. Setiap harinya niscaya selalu ramai orang mancing di tepi danau. Tangkapan mereka pun tidak tanggung-tanggung, ikanya besar!.

Biasanya mereka yang mancing seakan lupa waktu, baik pagi, siang, sore atau malam mereka ga pernah berhenti untuk mancing. Bingung gak tuh ? Tapi tidak mengecewakan juga karna hasil tangkapanya sanggup dipake buat barbequean ketika piknik.


4. BELANJA
Selain bermain di tepi Danau Situgunung, kau juga sanggup jajan di warung-warung akrab danau. Disini banyak yang menjual banyak sekali macam makanan dan aksesoris menyerupai gelang, shall dll.


5. TREKING KELILING DANAU
Peta rute wisata situgunung
Bagi kau yang hobi hiking, kayaknya wajib banget buat menjelajah mengelilingi danau Situ Gunung. Disini memang ada area Loop Trail yang sanggup kau lalui untuk hiking sambil menikmati alam. Selama 1,9 KM atau 1.5 Jam perjalanan, Kamu akan menemui curug Cimanaracun sebagai bonusnya.

Sayangnya saya sendiri belum pernah treking mengelilingin danau Situ Gunung karna saya lebih tertarik treking ke Curug Sawer yang akan kujelaskan di point ke 3. Selain itu, kata orang-orang view Curug Sawer lebih anggun daripada Curug Cimanaracun. Namun, kalau ada kesempatan lagi saya niscaya akan mencoba keliling Danau Situ Gunung.

2. BERKEMAH

Ingin berlama-lama di Situgunung ? Lebih baik kau berkemah!. Kawasan situgunung memang lokasi yang cocok untuk berkemah, alasannya daerah ini masih satu penggalan dari Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Kaprikornus kau akan mencicipi sensasi hambar ala-ala gunung ketika bermalam disini.

Bagi kau yang ingin berkemah akan dikenakan tarif yang lebih besar. Namun, kau akan mendapat akomodasi yang memadai menyerupai lahan untuk mendirikan tenda dan WC yang banyak dan bersih.


calliandra camping ground situgunung
Di Situ Gunung terdapat 6 buah camping ground untuk berkemah. Jika ingin akrab anau berkemahlah di Harendong, Tepus atau Arben Camping ground. Sedangkan jikalau ingin akrab dengan jembatan gantung atau curug sawer, kau sanggup berkemah di Bagedor, Bungbuay atau calliandra Camping Ground.

Selengkapnya sanggup kau tanyakan eksklusif ke petugasnya ya muehe.

3. JEMBATAN GANTUNG SITU GUNUNG

Jembatan gantung situ gunung
Nah ini ia primadona wisata Sukabumi yang sedang naik daun. Semenjak goresan pena ini dibuat, jembatan Situgunung masih ditutup untuk umum, alasannya masih banyak yang harus dibenahi. Walaupun sudah hampir jadi 90%, tetapi para pengunjung masih belum diizinkan untuk masuk jembatan.

Padahal sudah banyak loh wisatawan yang tiba jauh-jauh ke Situgunung hanya ingin berfoto di jembatan ini. Sayangnya, mereka tetap tidak sanggup masuk karna jembatan ini dihalangi oleh pagar penutup.


Jembatan gantungnya masih ditutup
Panjang jembatan ini mencapai 250m dengan ketinggian 150m dan lebar 2 m. Bagi yang takut ketinggian disarankan jangan mencoba lantaran ketika melintas di atas jembatan gantung ini, kau akan berasa bergoyang-goyang. Tapi buat kau yang suka uji adrenalin kayaknya jembatan ini bakal seru abis.

Rencananya Jembatan ini akan dibuka pada bulan april yang akan datang. Pokoknya nanti kalau jembatan ini sudah diresmikan akan saya update lagi ya infonya. Makanya jangan lupa follow saya supaya ga ketinggalan isu tempat main berikutnya :)

UNTUK APA JEMBATAN SITUGUNUNG DIBANGUN ?
Saat pertama kali melihat jembatan ini saya jadi bertanya-tanya, bergotong-royong untuk apa jembatan ini dibangun ?

Aku fikir jembatan ini untuk mempermudah masyarakat setempat dalam menyebrang, tapi ternyata saya salah, jembatan ini memang sengaja dibentuk untuk tujuan pariwisata. Jadi, ketika kau ingin ke Curug Sawer, kau tidak perlu lagi berjalan memutar melewati area treking yang jaraknya tidak mengecewakan jauh dan naik turun.

Nah, dengan adanya jembatan gantung ini, pengunjung akan dipermudah dalam perjalanan sekaligus menghemat waktu. Selain itu, kau juga akan dimanjakan dengan view yang menakjubkan dari atas jembatan. Duh jadi ga sabar nih pengen cepet-cepet mondar-mandir di jembatan Gantung Situgunung.
A post shared by Khairulleon | Travel Blogger (@khairulleon) on


4. CURUG SAWER




Setelah melewati jembatan Situ Gunung, kau sanggup melanjutkan perjalanan menuju Curug Sawer. Curug ini letaknya tidak jauh dari Jembatan Gantung Situgunung, hanya 10 menit saja kau sudah hingga di Curug Sawer dan menikmati percikan riam yang menyegarkan.

Terakhir kali saya kesini, sedang ada pembangunan di sekitar Curug. Menurut salah satu pekerja yang saya tanya, bangunan ini nantinya akan di jadikan warung dan area selfie. Wah semoga saja infrastruktur ini tidak merusak keindahan Curug Sawer ya.


Sepertinya, untuk menarik wisatawan sebanyak-banyaknya, pengelola Wisata Situgunung tidak main-main terhadap proyek ini. Semoga segala pembangunan yang sedang berjalan sanggup cepat selesai supaya kita sanggup menikmati alam Situ Gunung dengan tenang.

5. CURUG CINUMPANG

Puas bermain di Curug Sawer kau sanggup melanjutkan perjalanan menuju Curug Kalinumpang. Sayangnya jaraknya cukup jauh yaitu sekitar 4KM atau setara dengan 40-60 menit berjalan kaki. Namun, jikalau kau tidak berpengaruh berjalan kaki atau ingin cepat hingga ke Curug Kalinumpang, kau sanggup naik ojek.

ADA APA DI WISATA CINUMPANG ?
Curug Cinumpang merupakan tempat wisata keluarga yang sangat cocok untuk  anak-anak. Disini ada taman bermain dan kolam renang yang luas. Tapi kolam renangnya untuk sampaumur ya, dalamnya saja sekitar 2 meter.


Kolam renang di wisata kalinumpang
Sayangnya, ketika saya kesini kolamnya tidak ada airnya. Bahkan di sekitar lantainya terlihat sudah kusam dan berkarat. Sepertinya sudah sangat usang tidak diisi air. Selain itu, Curug Kalinumpang hanya berupa sungai biasa saja, tidak menyerupai Curug Sawer yang ada pancuran air terjunya.

Awalnya sempat menyesal karna sudah jauh-jauh jalan ke Curug Kalinumpang tapi tidak mendapat apa-apa. Namun, saya patut bersyukur karna saya tidak perlu berbalik arah ke Situ Gunung untuk pulang. Sebab wisata Kalinumpang ini sudah terdapat pintu keluar. Kaprikornus rute perjalananya menyerupai ini : masuknya lewat gerbang wisata Situ Gunung dan pulangnya lewat gerbang Wisata Kalinumpang.

So, bagi kau yang naik kendaraan pribadi tampaknya kurang recomended jikalau harus ke Curug Cinumpang. Sebab kau harus jalan balik lagi menuju parkiran Situ Gunung yang jaraknya sangaaaat jauh. Kaprikornus kurasa main hingga Curug Sawer saja sudah cukup yes.

BAGAIMANA CARA KE SITUGUNUNG ?

Gerbang pintu masuk daerah wisata situgunung
Rute menuju Situ Gunung sangat mudah, jikalau kau memakai kendaraan pribadi kau sanggup memakai GPS dengan rute Jakarta – Bogor – Sukabumi atau dari Bandung – Cianjur – Sukabumi.

Ketika hingga di Sukabumi, eksklusif saja ke daerah Cisaat kemudian dilanjutkan menuju Situ Gunung.



Sedangkan jikalau kau memakai transportasi umum, kau sanggup memakai kereta api dari Stasiun Bogor Paledang dan turun di Stasiun Cisaat.

Tarifnya murah kok, yang ekonomi cuma Rp. 20.000 dan direktur Rp. 50.000. Jarak tempuhnya relatif cepat hanya 2 jam saja. Aku saranin beli tiketnya secara online seminggu sebelum keberangkatan supaya kau gak keabisan tiket.

Setelah hingga di Stasiun CIsaat, kau sanggup naik angkot atau berjalan kaki sekitar 10 menit ke alun-alun Cisaat atau Polsek Cisaat.

Setelah itu kau tinggal naik angkot ke daerah wisata Situ Gunung. Hanya dengan tarif Rp. 4000 kau akan di antar eksklusif hingga pintu gerbang Kawasan Wisata Situ Gunung. Pokoknya Transportasi menuju Situgunung mah udah mudah. Disini juga sudah tersedia ojek online (Gojek).

BERAPA HARGA TIKET MASUK KE WISATA SITUGUNUNG ?

Tiket masuk daerah wisata situgunung harga weekdays

Berikut ini rincian biaya masuk Kawasan Wisata Situgunung dengan tarif yang berbeda-beda. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar ya guys. See you :)


Info harga tiket masuk Situgunung terbaru
TONTON JUGA VIDEO VLOG WISATA SITUGUNUNG SUKABUMI BERIKUT INI, JANGAN LUPA LIKE DAN SUBSCRIBE YA :)



Sumber https://www.khairulleon.com/

Baca juga: