-->
Cara Cek Broken Link Atau Link Yang Sudah Tidak Aktif Dan Cara Memperbaikinya Dengan Mudah

Cara Cek Broken Link Atau Link Yang Sudah Tidak Aktif Dan Cara Memperbaikinya Dengan Mudah

Dalam kesempatan ini gue mau share ilmu gres yang gue dapet dikala sedang asyik berselancar di facebook. Gue nemuin para master blog sedang asyik membahas tentang broken link atau link yang sudah tidak aktif lagi, baik itu eksternal link maupun internal link. Kata para master SEO, URL mati ini cukup membahayakan blog di mesin pencari loh. Selain itu juga, tentunya bagi pengunjung jufa akan merasa dibohongi dengan adanya link error pada blog, baik itu internal link maupun eksternal link yang sudah tidak aktif lagi. Sangat berbahaya jikalau pengunjung merasa tidak puas dengan blog kita, alasannya yakni pengunjung yakni raja yang harus diberi servis memuaskan. Bukan begitu? :D

Karena broken link atau URL mati cukup membahayakan blog kita. Gue kesannya tanya-tanya para master blog untuk menanyakan cara cek broken link atau link yang sudah tidak aktif lagi sekaligus cara memperbaikinya. Klo mau ribet sih tentunya kita dapat cek semua link yang ada di blog kita, baik itu eksternal link maupun internal link. Tapi, jikalau blog yang kau bangkit udah usang dan mempunyai banyak link. Tentunya cara itu akan sangat menguras tenaga dan pikiran. Contohnya aja .com yang sudah mempunyai ratusan artikel dan komentar, belum pernah sekalipun mengecek broken link atau link yang sudah mati itu. Gue pikir, niscaya banyak banget deh URL yang sudah tidak aktif lagi.

Nah, alasannya yakni hal itu gue kesannya menanyakan cara cek broken link atau link yang sudah tidak aktif lagi dengan mudah. Beruntung, gue dikasih tau cara cek url mati dengan mudah, baik itu eksternal link maupun internal link.


Cara Cek Broken Link atau Link yang Sudah Tidak Aktif lagi

Berikut ini gue share cara paling gampang untuk mencari broken link atau link yang sudah tidak aktif lagi, baik itu eksternal link maupun internal link yang gue praktekan eksklusif di blog ini, dan semoga aja link error tidak banyak. Okedeh, selamat membaca!

1. Pertama, silahkan kau mengunjungi brokenlinkcheck.com
2. Silahkan isi alamat blog kau dan klik Find Broken Link menyerupai gambar di bawah ini.


Dalam kesempatan ini gue mau share ilmu gres yang gue dapet dikala sedang asyik berselancar  Cara Cek Broken Link atau Link yang Sudah Tidak Aktif dan Cara Memperbaikinya dengan Mudah

3. Lalu isi kembali URL blog kau dan dilanjutkan isi juga security code dan pilih Report all occurences of each dead link (may be slower). Lalu klik Find Broken Link


Dalam kesempatan ini gue mau share ilmu gres yang gue dapet dikala sedang asyik berselancar  Cara Cek Broken Link atau Link yang Sudah Tidak Aktif dan Cara Memperbaikinya dengan Mudah

4. Tunggu beberapa menit, biarkan brokenlinkcheck.com mengecek blog kamu. Sambil menunggu mungkin kau dapat berdoa semoga url link yang sudah tidak aktif di blog kau tidak banyak. Gue harap sih waktu pertama kali cek broken link di blog ini berdoa begitu juga. Namun sayang, ada 462 link mati dan error di blog .com. Ngenes bro! 


Dalam kesempatan ini gue mau share ilmu gres yang gue dapet dikala sedang asyik berselancar  Cara Cek Broken Link atau Link yang Sudah Tidak Aktif dan Cara Memperbaikinya dengan Mudah

URL yang tidak aktif di .com berasal dari kolom komentar, ekternal link dan internal link. Namun, kebanyakan URL mati berasal dari kolom komentar, Untuk kolom komentar di blog ini memang memakai komentar bawaan dari blogger yang dapat menyertakan link dikala berkomentar. Selain itu, gue gak pake mode moderisasi komentar. Jadi, siapa aja yang komen bebas berkomentar dan menautkan linknya. Padahal hampir tiap hari gue pantau dan hapus komen-komen gak jelas, tapi masih dapat lolos juga. HAHAHA... Yowes! Gue coba memperbaiki broken link ini. Semangat!

Baca Juga: Mudah Banget! Begini Cara Cek Tulisan Blog yang ORI atau Copas!

Setelah bebebera jam. Gue kesannya dapat menghapus semuanya url mati yang ada di blog ini. Gue bahagia! Lalu gue coba lagi cek url yang sudah tidak aktif lagi menyerupai pola di atas. Dan... Gue eksklusif tutup laptop dan tinggal keluar. Liat aja, kini ada 866 broken link ataupun link yang sudah tidak aktif di blog .com


Dalam kesempatan ini gue mau share ilmu gres yang gue dapet dikala sedang asyik berselancar  Cara Cek Broken Link atau Link yang Sudah Tidak Aktif dan Cara Memperbaikinya dengan Mudah

Setelah mood mulai baik. Gue mulai sanksi link mati di blog gue itu. Lupa gue berapa jam hapusin dan edit link yang nempel di blog. Akhirnya sesudah selesai, gue cek lagi dan kini broken link benar-benar sudah hilang di blog ini. 

5. Kebanyakan kisah sampe lupa inti goresan pena ini. Hehe.. Untuk mengetahui di artikel mana broken link itu berada. Silahkan kau klik URL pada kolom Page Where Found. Lalu kau akan masuk ke link artikel di blog kamu. Lalu klik CTRL + U, dan dilanjutkan dengan CTRL + F pada halaman view source dan masukkan broken link yang akan kau perbaiki, kemudian enter. Dengan cepat kau akan mengetahui dimana letak link yang sudah tidak aktif itu lagi. Yaudah deh tinggal edit ataupun hapus link error itu. 

Sebenernya cara di atas cukup ribet, tapi entah kenapa gue malah enjoy. Buat kau yang gak mau ribet sih, kau tinggal klik src pada kolom Page Where Found. Maka kau akan diarahkan link artikel yang sudah mati. Lalu buka blog kau kemudian edit atau hapus link error.

Lakukan kedua cara di atas sampai broken link atau link mati pada blog hilang semua. Selamat mencoba! :D

6. Setelah kau selesai menghapus link error pada blog melalui brokenlinkcheck.com, itu artinya kau sudah selesai mengatasi broken link atau link yang sudah tidak aktif lagi itu. Selamat!

Bagaimana, cukup gampang bukan cek dan memperbaiki link yang sudah tidak aktif di blog. Saran aja, sebaiknya rutin deh untu mengecek broken link atau link mati itu secara berkala. Jangan sampe kesalahan gue menumpuk broken link terulang kembali, sakit banget hapusin link yang tidak aktif itu. Banyak banget sih, tapi mau gimana lagi. Baru-baru ini gue berguru bertahap ngeblog yang bener, klo dulu mah dapat disebut ngeblog yang serabutan. Hehe..

Yaudah deh, demikian goresan pena gue wacana cara cek broken link atau link yang sudah tidak aktif dan cara memperbaikinya. Klo mau tanya-tanya, silahkan tulis di kolom komentar ya dan semoga bermanfaat. Terimakasih!
Sumber https://www.banyolanesia.com/

Baca juga: