-->
Cara Root Xiaomi Redmi 5A Dan Install Twrp Recovery Niscaya Sukses

Cara Root Xiaomi Redmi 5A Dan Install Twrp Recovery Niscaya Sukses

Cara Root Praktis Xiaomi Redmi 5A - Dalam posting kali ini kami akan membahas mengenai cara Root dan Cara Install TWRP Recovery Redmi 5A. Saat ini root dapat memakai SuperSU atau Magisk.

Sedikit mengulas mengenai ponsel ini. Xiaomi Redmi 5A ialah Smartphone Android yang telah dirilis di Indonesia beberapa bulan dan dibandrol dengan harga yang murah, sebab itu banyak sekali orang yang berbondong-bondong ingin membeli Redmi 5A. HP dengan arahan "Riva" ini berhasil memikan banyak pecinta gadget mulai dari para Mi fans sebutan fans Xiaomi atau para pelanggan gres yang tertarik dengan smartphone ini.

 Dalam posting kali ini kami akan membahas mengenai cara Root dan Cara Install TWRP Recove Cara Root Xiaomi Redmi 5A Dan Install TWRP Recovery Pasti Sukses

Redmi 5A Dibekali Chipset Qualcomm Snapdragon 425 dan GPU Adreo 308, dibagi dalam 2 varian yakni 2 GB RAM + 16 GB Internal Storage dan 3 GB RAM + 32 GB Internal Storage. Salah satu kelebihan yang ditawarkan ialah kini MicroSD atau SD Card dan Slot Dua SIM mempunyai dedicated slot tersendiri, sehingga pengguna tidak perlu mengorbankan salah satu slot SIM card yang ada hanya untuk menambahkan MicroSD, Selain itu kita dapat menemukan kamera belakan ber-resolusi 13 Megapixel dan kamera depan 5 MP. Redmi 5A sudah menjalankan MIUI 9 based on Android 7.1 Nougat dan memakai baterai berkapasitas 3080 mAh untuk menunjang daya ponsel ini. Bisa dibilang Redmi 5A ketika ini menjadi smartphone Android murah yang sangat berkualitas kalau dibandingkan dengan kompetitor dari merk lain di harga yang sama. Tentunya ponsel ini ialah ponsel dengan Garansi Resmi Indonesia.

Kembali ke pokok bahasan, kebanyakan dari kita sehabis membeli sebuah Android, niscaya ada cita-cita untuk melaksanakan ROOT, mencoba Custom ROM, memasang MOD, dan menginstall TWRP. Nah kalau anda ingin mendapat terusan root dan install TWRP pada Redmi 5A, baca panduan secara seksama yang kami berikan dibawah ini.

Note : Pertama Unlock Bootloader pada Redmi 5A biar dapat menginstall TWRP. Baca Cara Unlock Bootloader semua HP Xiaomi disini.

Persyaratan untuk Root Redmi 5A


  • Membutuhkan sebuah PC atau Laptop, kabel USB.
  • Backup seluruh data penting yang tersimpan di smartphone.
  • pastikan bootloader sudah unlocked.
  • Garansi tidak akan berlaku lagi.
  • Install Xiaomi Redmi USB Driver di PC.
  • Download dan instal ADB Drivers terlebuh dahulu.
  • Aktifkan mode USB Debugging melalui sajian Developer Option.
  • Pastikan Baterai terisi minimal 70% lebih.

Cara Install TWRP Recovery di Redmi 5A

 Dalam posting kali ini kami akan membahas mengenai cara Root dan Cara Install TWRP Recove Cara Root Xiaomi Redmi 5A Dan Install TWRP Recovery Pasti Sukses
Xiaomi Redmi 5A Toolkit

Sebenarnya proses root dan install TWRP hanya membutuhkan waktu yang singkat kalau kita sudah benar-benar mengerti dan mengikuti proses dengan benar. Pada cara ini kita akan menggunakn Redmi 5A toolkit yang disediakan oleh salah satu member lembaga XDA. Tool ini sangatlah berkhasiat dan cukup gampang digunakan, kita hanya perlu menentukan menu-menu yang sudah disediakan. Simak panduan dibawah ini:

  1. Download Redmi 5A Toolkit kemudian ekstrak file tersebut disebuah folder. Pastikan sekali lagi kalau ADB driver sudah diinstall di PC atau Laptop yang digunakan.
  2. Matikan Redmi 5A kemudian hidupkan kembali dengan Masuk ke Fastboot mode.
    - Setelah benar benar mati tekan tombol Power + Volume Down untuk masuk ke fastboot.
    - Tahan kedua tombol tersebut sampai layar menyala dan terlihat logo MI
    - Tunggu sampai berhasil masuk ke fastboot mode.
  3. Sambungkan smartphone ke PC memakai kabel USB.
  4. Buka folder hasil ektrak file pada langkah 1, cari dan jalankan file dengan nama redmi 5A toolkit.exe. Setelah itu akan muncul jendela CMD dengan banyak sekali pilihan opsi.
  5. Untuk menginstall TWRP ketik angka "41" tanpa tanda kutip, kemudian tekan Enter.
  6. Setelah menekan enter maka akan muncul sebuah kalimat yang berbunyi "We are Going to Install Custom Recovery on your Phone, bla bla bla .....".
  7. Tekan tombol apa saja pada keyboard untuk memulai proses isntalasi twrp recovery.
  8. Tunggu sampai proses final sampai perangkat otomatis Reboot/Restart
Selamat, TWRP recovery sudah berhasil diinstall pada Redmi 5A "Riva" dan sudah dapat melanjutkan untuk melaksanakan root.

Note : Setelah berhasil menginstal TWRP sebaiknya selalu lakukan backup ROM yang ketika itu dipakai sebelum melaksanakan banyak sekali hal yang akan memodifikasi system perangkat, hal ini sangat diharapkan kalau suatu ketika perangkat mengalami Bootloop.

Cara Root Xiaomi Redmi 5A dengan SuperSU atau Magisk Root

Ada 2 cara untuk mendapat terusan root pada perangkat Android ini yakni memakai SuperSU atau memakai Magisk Root. Saran saya lebih baik memakai Magisk Root sebab lebih friendly dan gampang untuk mengeleola perizinan juga mempunyai banyak sekali modul MOD yang dapat digunakan. Sebenarnya SuperSU juga merupakan app menejmen root yang sangat baik dan juga gampang digunakan. Plilihan kembali ada ditangan anda, pilih mana yang cocok dengan kebutuhan.

Berikut ialah panduan yang perlu dilakukan :
  1. Setelah menentukan antara SuperSU dan Magisk, File dapat didownload melalui link dibawah ini.
    Download Magisk Root dan Magisk Manager APK.
    Download SuperSU flashable .ZIP.
  2. Copy dan paste file Magis/SuperSU ke Redmi 5A.
  3. Matikan ponsel dan kemudian masuk ke Recovery Mode dengan menekan tombol Power + Volume Up hingga muncul logo MI dan tunggu sampai masuk TWRP.
  4. Jika sudah masuk ke TWRP, swipe panah kekanan untuk memperlihatkan izin untuk melaksanakan modifikasi system kalau muncul peringatan tersebut.
  5. Pilih opsi Install kemudian cari folde dimana anda menyimpan file Magisk/SuperSU.
  6. Swipe panah kekanan untuk melaksanakan proses flashing.
  7. Jika sudah selesai, pilih Reboot System untuk merestart ulang Redmi 5A.
Note :  Install Magisk Manager APK kalau menentukan Magisk Root Setelah perangkat kembali menyala.

Selamat sudah berhasil menginstall TWRP dan melaksanakan root pada Xiaomi Redmi 5A, kini anda bebas melaksanakan apapun pada Android anda, menyerupai mencoba banyak sekali macam CustomROM, Custom Kernel, MOD, dan banyak sekali macam hal lain yang hanya dapat dilakukan pada Rooted device. :)

Baca juga: