-->
Cara Membersihkan Karang Gigi Paling Ampuh

Cara Membersihkan Karang Gigi Paling Ampuh

Karang gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi yang bisa menjadi dilema serius kalau tidak segera dibersihkan. Banyak bertebaran di media online wacana membersihkan karang gigi secara cepat, baik itu secara alami maupun dengan obat-obatan. Namun, info-info tersebut belum terang kebenarannya. Maka dari itu, dalam goresan pena ini gue mau share informasi wacana Cara Membersihkan Karang Gigi Paling Ampuh.

Karang gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi yang bisa menjadi dilema serius kalau t Cara Membersihkan Karang Gigi Paling Ampuh

Gue menunjukkan informasi ini sesudah pergi ke dokter gigi untuk konsultasi sekaligus membersihkan karang gigi beberapa bulan yang lalu. Dari pembicaraan dengan dokter itu, gue menyimpulkan bahwa tidak ada cara alami membersihkan karang gigi, begitu pula dengan memakai obat-obatan tertentu. Yups, bener banget. Gak ada cara ampuh dan cepat untuk membersihkan karang gigi.

"Lalu, apa dong cara membersihkan karang gigi paling ampuh, nyol?"

Menurut dokter, cara membersihkan karang gigi hanya bisa dihilangkan dengan scaling gigi memakai peralatan kedokteran. Proses scaling gigi mungkin kurang familiar dilakukan kebanyakan orang, namun cara ini merupakan cara paling dianjurkan oleh dokter.

Selain itu, idealnya membersihkan karang gigi dengan scaling yaitu 6 bulan sekali. Hayo, lo seumur hidup udah scaling berapa kali? :D

Dengan dianjurkan 6 bulan sekali untuk menilik kesehatan dan membersihkan karang gigi itu pertanda scaling yaitu cara paling ampuh dan kondusif untuk menghilangkan karang gigi.

Karang gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi yang bisa menjadi dilema serius kalau t Cara Membersihkan Karang Gigi Paling Ampuh

Lalu informasi yang sudah terlanjur beredar di masyarakat menyerupai membersihkan karang gigi dengan garam, baking soda, daun sirih, obat-obatan, dan lain sebagainya. Bisa disebut kurang efektif dan tidak dianjurkan oleh dokter dan cara tersebut belum terbukti kebenarannya untuk menghilangkan karang gigi.


Gue sebelum mengenal scaling gigi. Udah pernah nyobain membersihkan karang gigi dengan cara alami. Tapi nyatanya gak ada imbas sama sekali, untuk yang memakai obat-obatan. Gue belum percaya, soalnya belum ada temen atau saudara yang pernah pake obat-obatan gitu. Takut lah pake sembarangan obat.

Buat lo yang belum pernah scaling gigi. Jangan takut alasannya scaling itu gak sakit sama sekali, cuma sedikit ngilu-ngilu dikit aja. Klo kita liat video di youtube wacana scaling gigi sih emang keliatannya menyakitkan dan mengerikan. Terlebih suaranya itu loh yang nyaring banget. Tapi, pendapat negatif gue itu berubah sesudah gue melaksanakan scaling gigi. Memang butuh keberanian lebih untuk scaling gigi, alasannya membersihkan karang gigi belum begitu familiar ditengah masyarakat kita.

Oh iya, usang scaling itu bervariasi. kebetulan ketika gue scaling gigi memakan waktu sekitar 15 menitan. Kata dokter sih karang gigi gue masih tergolong masuk akal dan tidak mengkhawatirkan. Maklum aja, gue jarang minum kopi dan gak merokok juga. Katanya dokter sih, itu penyebab karang gigi paling umum terjadi. Dan buat lo yang mempunyai karang gigi yang sudah mengeras dan parah. Tentunya akan sedikit lebih lama.

Kemaren itu, gue scaling gigi di puskemas terdekat. Kenapa puskesmas? Ya alasannya harga scaling gigi di puskesmas jauh lebih murah. Pelayanan juga tetap maksimal kok melayani pencucian karang gigi.

Beda halnya klo gue membersihkan karang gigi di rumah sakit atau praktek dokter gigi. Dari yang gue baca sih biaya bersihkan karang gigi di rumah sakit atau dokter gigi itu bisa sampe ratusan ribu. Klo kemaren pas gue bersihkan karang gigi di puskesmas mah cuma dikenai biaya 30 ribu doang. Iya serius, cuma 30 ribu doang. Nyesel gak tuh gue selama hidup gres pertama kali scaling gigi kemaren ini. Padahal mah gak mahal-mahal banget deh, lah kuota internet sebulan aja lebih dari segitu, masa menyisihkan uang untuk kesehatan gigi gak mampu. Hehe

Walaupun biaya bersihkan karang gigi di puskesmas lebih murah. Tapi hening aja, pelayanan dan peralatan yang dipakai di puskesmas gak kalah kok dengan rumah sakit. Minusnya cuma satu, yang antre niscaya lebih banyak dikarenakan lebih murah. Hehe


Satu info lagi nih, buat lo yang mau pake BPJS untuk bersihkan karang gigi. Scaling gigi tidak ditanggung BPJS. Kaprikornus siapkan uang sebelum membersihkan karang gigi di puskesmas ataupun rumah sakit. Gue sempat tanya dilema ini di kasir ketika mau bayar.

Setelah lo baca goresan pena ini, seharusnya lo mulai nyiapin keberanian untuk scaling gigi di puskesmas ataupun rumah sakit. Gak usah aib dan minder ketika dokter menilik gigi kita, dokter gigi kan emang kerjaanya begitu. Lebih baik dikonsultasikan sekarang, daripada ditunda-tunda yang karenanya menyesal sesudah gigi semakin parah. Yuk konsultasikan dan periksa gigi di dokter gigi. ^_^

Demikianlah goresan pena gue wacana membersihkan karang gigi paling ampuh. Semoga bermanfaat dan terimakasih!

Source Picture:
1. http://klinikita.co.id/blog/scalling-gigi-di-semarang/
2. https://harga.web.id/biaya-pembersihan-karang-gigi-di-puskesmas-rumah-sakit-dan-klinik-dokter-gigi.info

Sumber https://www.banyolanesia.com/

Baca juga: