-->
Hal Yang Harus Dilakukan Saat Menghadapi Gempa Bumi

Hal Yang Harus Dilakukan Saat Menghadapi Gempa Bumi

hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi

hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi
Hal-hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi
hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi
Hal-hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi

1. Ketika posisi anda berada di dalam rumah

Saran dari saya masuklah dulu ke bawah meja untuk menjaga tubuhmu dari jatuhan benda-benda. Seandainya dirumah anda tidak mempunyai meja ataupun jauh dari meja, lindungi kepalamu dengan bantal ataupun dengan benda lainnya. Bagi ibu-ibu seandainya sedang menyalakan kompor memasak makanan, matikan terlebih dahulu semoga mencegah terjadinya kebakaran. Jika sudah tidak bergetar lari lah keluar dari rumah.

2. Ketika anda berada di luar rumah

Hal yang harus pertama kali dilakukan yakni melindungi kepala anda dan juga hindarilah benda-benda berbahaya menyerupai kaca, pohon. Seandainya anda berada didaerah perkantoran atau daerah industri ancaman mungkin saja sanggup muncul dari jatuhnya kaca-kaca dan papan-papan reklame. Terpenting Lindungi kepalamu dengan memakai tangan, tas atau benda  apa pun yang anda bawa.

3. Ketika anda berada di mall, bioskop, atau di lantai dasar gedung

Usahakanlah tetap damai dan jangan mengakibatkan kepanikan atau kerusuhan. Jika anda membawa keluarga pastikan semuanya ikut dan aman. Jika ada anak kecil bawalah bersama anda. Kemudian Ikutilah semua petunjuk dari pegawai ataupun satpam yang berada disana. Jauhilah benda-benda yang akan mendatangkan ancaman bagi anda maupun keluarga anda. Jangan memakai lift tapi gunakanlah tangga.
hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi
Hal-hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi

4. Ketika anda berada di dalam lift

Jangan pernah memakai lift dikala terjadi gempa bumi atau kebakaran. Seandainya anda mencicipi getaran gempa bumi dikala berada di dalam lift, saran dari saya tekanlah semua tombol. Sewaktu liftnya berhenti, keluarlah, lihat keamanannya dan carilah jalan keluar untuk mengungsi usahakan tetap damai jangan tergesa-gesa dan menciptakan kepanikan alasannya hal tersebut hanya akan menambah susah anda nantinya. Lain halnya jikalau anda terjebak dalam lift baik itu sendirian maupun bersama orang lain. Lakukan hal ini yakni menghubungi petugas gedung dengan memakai interphone jikalau tersedia itupun kalo petugas belum keluar dan menyelamatkan dirinya. Jika terjadi demikian berdoalah kepada yang Maha Kuasa.

5. Ketika anda berada di dalam kereta api

Hal yang paling utama untuk dilakukan oleh anda yaitu Berpeganganlah dengan erat pada tiang sehingga anda tidak akan terjatuh seandainya kereta dilarang secara mendadak. KemudianBersikap tenanglah ikuti klarifikasi dari petugas kereta. Salah mengerti terhadap informasi petugas kereta atau stasiun akan menyusahkan diri anda. Bawalah barang seperlunya saja yang penting dan kondusif diri anda terlebih dahulu gres amankan barang bawaan anda nantinya.

6. Ketika anda berada di dalam mobil

Ini salah satu yang menciptakan panik semua orang ketika berkendara malah terjadi gempa bumi. Hal yang harus dilakukan dikala terjadi gempa bumi besar, anda akan merasa seperti roda kendaraan beroda empat tersebut gundul. Sopir ataupun anda sendiri akan kehilangan kontrol terhadap kendaraan beroda empat dan akan sangat susah mengendalikannya. Parkirkan kendaraan beroda empat Jauh dari persimpangan, pinggirkan kendaraan beroda empat di kiri jalan dan berhentilah. Ikuti arahan dari radio kendaraan beroda empat jikalau ada. Seandainya anda harus mengungsi, keluarlah dari mobil, biarkan kendaraan beroda empat tak terkunci jikalau memang sempat kuncilah kendaraan beroda empat untuk mengamankan barang bawaan anda.
hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi
jalan pun retak akhir gempa bumi

7. Seandainya anda berada di gunung ataupun pantai

Seandainya anda berada digunung yang harus diperhatikan yaitu adanya kemungkinan longsor terjadi dari atas gunung. Jika hal ini terjadi menjauhlah pribadi ke tempat kondusif turunin gunung dengan kondusif pastikan sobat dan saudara anda tidak tertinggal, barang bawaan tinggalkan saja dahulu bawa yang penting saja. Itu kalo anda berada digunung lain halnya jikalau anda berada dipantai. Karena jikalau anda dipesisir pantai, kemungkinan terbesar dari bahayanya tiba dari tsunami. Seandainya anda mencicipi getaran dan gejala tsunami mulai muncul, cepatlah mengungsi ke dataran yang lebih tinggi.

8. Carilah informasi yang terpercaya

Ketika gempa bumi besar terjadi, anda akan terpukul baik mental, kejiwaan. Karena hal ini masih saja ada orang yang akan memanfaatkan situasi anda untuk menyebarkan isu hoax yang akan memicu keresahan. Bahkan ada yang menggunakannya untuk mengambil perhatian masyarakat. Oleh alasannya itu untuk mencegah keresahan anda. Sangat penting sekali bagi anda maupun orang yang disekitar anda untuk bersikap damai dan bertindak sesuai dengan informasi yang benar dan terpercaya. Anda sanggup memperoleh informasi yang benar dari pihak berwenang menyerupai dari polisi, petugas PMI, BMKG. Harus diingat dan diperhatikan jangan anda percaya dan bertindak alasannya informasi orang yang tidak jelas.
 
hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi
tolonglah sesama

9. Berikan pinjaman pada orang yang ada disekitar anda

Sudah sanggup kita jamin bahwa banyak orang akan cedera dikala terjadi gempa bumi besar. Para petugas kesehatan dari rumah-rumah sakit akan mengalami kesulitan tiba ke tempat kejadian, untuk itu bersiaplah menunjukkan pinjaman pertama kepada orang-orang yang berada di sekitar anda. Bantu lah mereka, menyebarkan lah makanan, selimut kepada mereka. Dan jangan lupa untuk berdoa.

Hal yang Harus diPersiapkan untuk keadaan darurat jikalau terjadi gempa bumi:

1.  Tentukanlah tempat-tempat berlindung yang kondusif jikalau terjadi gempa bumi. 


hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi
Hal-hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi
Yang dimaksud tempat berlindung yang kondusif yaitu suatu tempat yang yang sanggup melindungi anda dari benda-benda yang jatuh atau mebel yang ambruk, contohnya di bawah meja. Gunakan tenda pengunsian yang telah dibuatkan pemerintah. Usahakan semoga keluarga anda tidak terpisah.

2.  Sediakan air minum untuk keperluan darurat anda selama melaksanakan pengusian.

 Gunakan Bekas botol air mineral untuk menyimpan air minum jikalau memang tidak ada tempat lain. Usahakan Kebutuhan air minum anda tercukupi biasanya 2 hingga 3 liter sehari untuk satu orang.
 
hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi
Hal-hal Yang Harus Dilakukan Ketika Menghadapi Gempa Bumi

3.  Siapkan tas ransel untuk digunakan yang berisi (atau sanggup diisi) barang-barang yang sangat dibutuhkan di tempat pengungsian.

Adapun Barang-barang yang sangat diharapkan dalam keadaan darurat misalnya:
a.  Lampu senter beserta baterainya kalo memang ada jikalau tidak ada gunakan media alternatif lainnya
b.  Air minum sangat penting sekali, walaupun tidak ada kuliner usahakan tetap minum
c.  Kotak P3K berisi obat menghilangkan rasa sakit, plester, pembalut dan dsb jikalau anda memang ada, seandainya tidak ada minta kepada petugas medis untuk persiapan yang akan datang.
d.  Siapkan Makanan yang tahan usang menyerupai biskuit. Jika memang anda mempunyai kesempatan untuk itu.
e.  Sejumlah uang tunai jikalau ada untuk membeli makanan, obat-obatan dan keperluan lainnya.
f.  Buku tabungan kalo ada sih, jikalau tidak ada atau pun tidak sempat terbawa gunakan uang uang yang ada dengan hemat.
g.  Korek api
h.  Lilin
i.  Helm
J. Pakaian ganti kalo ada.
i. Barang-barang berharga yang harus dibawa di dikala keadaan darurat.

4.  Mengencangkan mebel yang gampang rubuh 

seperti lemari pakaian dengan langit-langit atau dinding dengan memakai logam berbentuk siku atau sekrup semoga tidak gampang rubuh di dikala terjadi gempa bumi.

5.  Mencegah beling jendela atau beling lemari pakaian semoga tidak pecah awut-awutan di dikala gempa bumi.

dengan menentukan beling yang kalau pecah tidak berserakan dan melukai orang (Safety Glass) atau dengan menempelkan beling film.

6.  Mencari tahu lokasi tempat penyelamatan dan rumah sakit yang terdekat. 

Jika pemerintah setempat tidak mempunyai tempat evakuasi, pastikan anda tidak pergi ke tempat yang lebih rendah atau tempat yang bersahabat dengan pinggir laut/sungai untuk menghindari tsunami.

Saran Ketika Terjadi Gempa Bumi :

1.  Matikan api kompor jikalau anda sedang memasak.

Matikan juga alat-alat elektronik yang sanggup mengakibatkan timbulnya api. Jika terjadi kebakaran di dapur, segera padamkan api dengan memakai alat pemadam api. Jika tidak mempunyai pemadam api gunakan pasir atau karung basah 

2.  Membuka pintu dan mencari jalan keluar dari rumah atau gedung

3.  Cari informasi mengenai gempa bumi yang terjadi lewat televisi atau radio

4.  Utamakan keselamatan terlebih dahulu, jikalau terjadi kerusakan pada tempat Anda berada, segeralah mengungsi ke tempat pengungsian terdekat 

5. Tetap damai dan tidak terburu-buru keluar dari rumah atau gedung. Tunggu hingga gempa mereda, dan setelah agak tenang, ambil tas ransel berisi barang-barang keperluan darurat dan keluar dari rumah/gedung menuju ke lapangan sambil melindungi kepala dengan helm atau barang-barang yang sanggup digunakan untuk melindungi kepala dari benturan reruntuhan.

6.  Jika anda harus berjalan di tengah jalan raya, berhati-hatilah terhadap papan reklame yang jatuh, tiang listrik yang tiba-tiba rubuh, kabel listrik, bagian kaca, dan benda-benda yang berjatuhan dari atas gedung

 7.  Pastikan tidak ada anggota keluarga yang tertinggal pada dikala pergi ke tempat evakuasi. Jika sanggup ajaklah tetangga bersahabat Anda untuk pergi tolong-menolong

Jika gempa bumi terjadi pada dikala Anda sedang menyetir kendaraan, jangan sekali-kali mengerem dengan mendadak atau memakai rem darurat. Kurangilah kecepatan secara sedikit demi sedikit dan hentikan kendaraan anda di pundak jalan. Jangan berhenti di bersahabat pompa bensin, di bawah kabel bertegangan tinggi, atau di bawah jembatan penyeberangan.

Baca juga: