-->
Cara Menciptakan Simbol Superscript  Subscript Pada Sebuah Blog

Cara Menciptakan Simbol Superscript Subscript Pada Sebuah Blog

Simbol merupakan suatu tanda yang sanggup menawarkan arti tertentu. Dan dalam sebuah artikel atau goresan pena niscaya tidak terlepas dalam penulisan simbol-simbol tertentu.

Dan dalam kesempatan ini kita akan menciptakan simbol yang sering dipakai untuk melengkapi sebuah goresan pena yang bertema penghitungan luas, volume, perpangkatan menyerupai simbol persegi, kubik, dan kwadrat juga simbol persamaan dalam penulisan tanda senyawa kimia.


Saya sanggup membagikan cara tersebut, ini dikarenakan dari pengalaman saya dalam menciptakan sebuah artikel yang sering menampilkan profil suatu bangunan tertentu menyerupai luas tanah serta pembuatan suatu volume dalam sebuah ruangan.

Awalnya saya resah bagaimana cara menampilkan tanda tersebut dalam sebuah blog. maklum waktu itu saya hanya seorang blogger pemula, kemudian saya mencoba mencari di banyak sekali sumber, dan ternyata tidak terlalu sulit bahkan sanggup dikatakan gampang saja dalam menciptakan dan menerapkannya, dan ternyata berhasil.

Dalam menuliskan tanda atau simbol tersebut ternyata sanggup dilakukan dengan dua cara yang berbeda, yaitu melalui menu HTML di kanvas Postingan dan melalui perpaduan kode pada papan keyboard komputer anda.

➮Membuat Simbol Pangkat Atas atau Tanda Persegi atau kwadrat dan Kubik

Dalam menciptakan tanda tersebut, secara tampilan akan terlihat bahwa angka tertentu menyerupai angka 3 dan 2 terletak lebih kecil di samping atas sebuah goresan pena normal. Dan hal tersebut sanggup kita menggunakan kode “SUP”  yang artinya Superscript (Pangkat Atas)
Sebagai Contoh kita akan menciptakan tanda 100 m².

Cara 1# Melalui Menu HTML (Bukan Compose). Silahkah kau ketik  "100 m<sup>2</sup>". Karena kita menciptakan tanda persegi maka yang akan kita buat menjadi supscript yaitu angka 2. Jadi angka 2 tersebut harus di apit oleh instruksi “sup” tersebut, di buka dengan  <sup> dan di tutup dengan  </sup>. Yang membedakan instruksi pembuka dan epilog yaitu pada tanda slash (“/” ), pada instruksi pembuka tidak menggunakan tanda slash dan di epilog harus di tambahkan instruksi slash tersebut. Dalam hal ini berlaku juga dalam pembuatan tanda Kubik sebagai simbol volume benda. Misal 100 m³ jadi penulisannya dalam html menjadi 100 m<sup>3</sup>

Cara 2 # Menggunakan Kombinasi angka yang pribadi sanggup dilakukan melalui hidangan Compose pada kanvas postingan yaitu Kombinasi Alt + 0178 (untuk tanda kwadrat/persegi) dan Alt + 0179 (untuk tanda kubik). Caranya : letakkan kursor pada daerah yang akan di beri tanda persegi atau kubik. Tekan dan tahan tanda Alt sembari mengetikkan angka 0178 atau 0179, kemudian secara otomatis akan muncul tanda persegi atau kubik.

Membuat Simbol Pangkat Bawah

Dalam menciptakan tanda persamaan kimia biasanya mencakup tanda superscript yang sudah dibahas di atas tadi dan juga tanda angka yang terlihat lebih kecil menjorok ke bawah suatu goresan pena normal yang disebut Subscript (pangkat Bawah) dengan instruksi “SUB”.
Sebagai Contoh kita menciptakan tanda “H2O" =Hujan-Hujan pun Oke…. he..he.. bercanda (artinya simbol Kimia dari “Air”).

Caranya # Tulis atau ketik tanda tersebut pada hidangan HTML. Dan angka 2 tersebut kita akan dibentuk subscript. Makara penulisannya menjadi H<sub>2</sub>O. Makara tanda 2 tersebut harus di apit dengan instruksi “sub” dengan membuka dan menutupnya (membuka tanpa slash dan menutup harus ada tanda slash “/”).

Cukup gampang bukan?…. Sekarang kita telah sanggup menciptakan tanda kuadrat, persegi dan kubik. Silahkan praktekkan, semakin sering dipraktekkan niscaya akan menjadi terbiasa dan mudah. Semoga bermanfaat. 


Sumber https://www.myavitalia.com/

Baca juga: