-->
Tak Hanya Ibu, Ayah Juga Harus Melaksanakan Persiapan Menyusui

Tak Hanya Ibu, Ayah Juga Harus Melaksanakan Persiapan Menyusui

Persiapan menyusui baiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelum melahirkan, terlebih bagi calon ibu yang gres pertama kali mengalaminya, menyerupai dilansir dari laman muslimah.or.id (11/9/2011).

Akan tetapi, persiapan menyusui ini bukan hanya dilakukan oleh calon ibu saja, lho. Para calon ayah juga harus melakukannya. Karena berdasarkan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), yang dilansir dari laman dokter-keluarga.com (6/2/2018), bahwa ibu gagal menyusui yaitu kegagalan ayah, keluarga, dan juga lingkungannya.

Sumber gambar: hellosehat.com

5 persiapan menyusui ini penting dilakukan oleh ayah. Apa saja? Cek satu-satu, yuk!

Pertama, ayah cari tahu gosip mengenai persiapan menyusui yang sempurna melalui media atau bahkan ahlinya langsung. Setelah itu share dan diskusikan pengetahuan itu ke istri. 

Kedua, berikan tunjangan penuh terhadap istri. Tunjukkan rasa percaya, bahwa istri Anda kelak dapat menyusui anak kalian dengan sepenuh cinta.

Ketiga, penuhi kebutuhan nutrisinya selama hamil. Sering-sering ingatkan istri Anda untuk makan buah, sayur, susu, minum, dan istirahat yang cukup.

Keempat, ajak istri Anda untuk membeli bra, baju menyusui, apron, dan alat-alat perlengkapan pompa ASI untuk mendukung proses menyusuinya nanti. 

Kelima, jangan segan-segan untuk membantu pekerjaan rumah tanpa diminta. Saat istri terlihat lelah, pijatan lembut Anda di pundak atau kakinya akan sangat membantu mengurangi lelah atau stresnya. 

Nah, itu beliau persiapan menyusui yang dapat ayah lakukan. Lakukan dengan sepenuh cinta biar istri senang dan sukses memperlihatkan ASI langsung selama 6 bulan dan lanjut memberikannya sampai 2 tahun. Ayah sudah siap melakukannya?

Baca juga: