-->
Cara Memperbaiki Hardisk Yang Terkena Bad Sector

Cara Memperbaiki Hardisk Yang Terkena Bad Sector

 Bad Sector ialah keadaan dimana satu sektor dalam harddisk atau removable disk mengalami Cara memperbaiki Hardisk yang terkena Bad Sector
 Haren's boot cd
Bad Sector ialah keadaan dimana satu sektor dalam harddisk atau removable disk mengalami kerusakan sehingga tidak dapat lagi dipakai sebagai kawasan penyimpanan data. hal ini sering terjadi lantaran beberapa hal, contohnya putusnya koneksi dikala adanya proses transfer data atau disebabkan oleh benturan yang mengakibatkan kerusakan secara permanen. kerusakan ini disebabkan lantaran :

  1. Daya atau tegangan listrik iru tidak stabil.
  2. Komputer sering forced shutdown, atau dimatikan secara paksa. Sehingga, hardisk (piringanya) akan berhenti secara tidak aman.
  3. Sering di defrag, ini disebabkan proses defrag memerlukan kinerja harddisk dalam kondisi optimal jadi jikalau dipakai terus menerus dalam interval yang akrab maka harddisk akan panas dan aus dan lebih parahnya akan merusak komponen harddisk baik belahan luar harddisk (board harddisk) maupun belahan dalam harddisk (platter/piringan harddisk)
  4. Sering terkena benturan, yang menimbulkan head (bagian dalam hardisk) nya rusak. Head berfungsi untuk membaca data di platter

Meskipun Harddisk di notebook kini sudah ada perlindungan untuk getaran  atau "Anti Shock" tetapi jikalau itu terjadi terus-menerus maka tetap saja akan kuat terhadap komponen harddisk tersebut. Jika Ini terjadi pada anda maka ikuti langkah-langkah pada tutorial cara memperbaiki harddisk bad sector berikut ini:

  1. Siapkan software Haren's boot cd, jikalau belum punya silahkan donlot disini 
  2. Kemudian, Masuk ke bios ubah "first boot" menjadi CD/DVD-Rom dan "second boot" pilih harddisk
  3. Jalankan haren's boot cd kemudian pilih "Dos Boot CD" selanjutnya pilih "harddisk tools, dan pilih  HDD Regenerator. Selanjutnya lihat gambar dibawah ini.
 Bad Sector ialah keadaan dimana satu sektor dalam harddisk atau removable disk mengalami Cara memperbaiki Hardisk yang terkena Bad Sector
Cara memperbaiki Hardisk yang terkena Bad Sector

Jika proses sudah mencapai 100% berarti sudah selesai, maka akan muncul laporan atau report keterangan berapa banyak (B) bad sector yang ada pada harddisk dan berapa banyak (R) bed sector yang dapat di perbaiki. Nah disini dapat anda lihat harddisk anda kerusakannya parah atau tidak dari banyaknya bad sector yang tidak dapat diperbaiki. lantaran bed sector itu ada 2 jenis yaitu:

  1. Bad sector fisik (tidak dapat di reovery atau tidak dapat diperbaiki)
  2. Bad Sector Non Fisik (bisa di recovery atau dapat diperbaiki)

Untuk harddisk yang bad sector fisik dapat di selamatkan dengan cara dicroping atau sebagian kapasitas yang terkena bad sector di potong. nah untuk cara ini aku akan bahas di posting selanjutnya. Semoga posting ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua...wasalam

Baca juga: