-->
Sambal Tempe Ayam Suwir So Good, Variasi Sajian Piring Gizi Seimbang

Sambal Tempe Ayam Suwir So Good, Variasi Sajian Piring Gizi Seimbang

Para emak niscaya oke jikalau aktifitas masak-memasak itu menguras empat hal ini: waktu, tenaga, materi, dan pikiran. Saya eksklusif sebagai istri dan ibu gres mencicipi banget, terlebih di awal-awal ijab kabul dan kini ditambah punya bayi yang sudah diberi MPASI.

Mencari resep gres dan mencobanya seakan menjadi rutinitas aku setiap hari, hal tersebut tentu bertujuan biar dapat mengefektifkan empat hal yang aku sebutkan di atas. Selain itu juga aku menekankan pada hidangan gizi seimbang supaya kebutuhan gizi aku dan keluarga tercukupi. Kalau dulu, sih, terkenalnya dengan istilah 4 sehat 5 sempurna, ya. Kalau kini diganti menjadi hidangan gizi seimbang.



Dilansir dari Official Instagram So Good (3/3/2018), bahwa hidangan gizi seimbang terdiri dari 35% karbohidrat, 15% protein, dan 50% buah dan sayuran. Karbohidrat diharapkan sebagai sumber energi utama, protein berperan penting untuk sistem di dalam tubuh, sedangkan buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral sebagai nutrisi penting dalam tubuh.

Kita sendiri dapat menentukan takarannya dengan memakai tangan masing-masing. Protein seukuran telapak tangan, sayuran dan karbohidrat masing-masing setelungkup tangan, dan lemak seukuran jempol.

Selain hidangan gizi seimbang tentunya kita harus menjaga contoh hidup dengan melaksanakan aktifitas fisik dan gaya hidup sehat lainnya, menyerupai tidak merokok dan menghindari minuman beralkohol. Alhamdulillah suami dan aku tentunya tidak merokok apalagi minum-minuman beralkohol.


Untuk memenuhi hidangan gizi seimbang tersebut, aku punya beberapa hidangan andalan di rumah dari hasil eksperimen menu. Untuk postingan kali ini aku akan mengembangkan salah satu hidangan andalan saya, yakni sambal tempe ayam suwir SO GOOD.

Saya sengaja menentukan materi tempe dan ayam yang sama-sama mengandung protein. Bedanya tempe mengandung protein nabati sedangkan ayam mengandung protein hewani. Keunggulan protein nabati yakni mempunyai kandungan lemak tidak jenuh lebih banyak, sedangkan protein hewani mempunyai asam amino essensial lebih lengkap dan baik, sehingga lebih gampang dicerna oleh tubuh. Kaprikornus dua-duanya baik untuk kecukupan gizi badan kita. 


Alasan lain mengapa aku menggabungkan dua sumber protein ini tak lain supaya lebih ekonomis, dengan begitu bukan hanya gizi saja yang terpenuhi, keamanan anggaran biaya rumah tangga juga ikut terkendai. Hehe.

Di sini aku memakai ayam dari produk So Good siap masak dengan varian ayam potong bumbu kuning. Kaprikornus ayamnya sudah gurih dan yummy banget. Saya ambil dua potong bab dada untuk lalu digoreng dan disuwir-suwir. Satu kemasan So Good ini isinya 5 potong, jadi sisanya dapat aku simpan untuk masak besok dengan variasi hidangan lainnya.



Untuk lebih terang lagi, berikut resep sambal tempe ayam suwir So Good:

Bahan:
Tempe 1/2 papan
Ayam potong bumbu So Good bab dada, 2 potong

Bumbu dihaluskan:
2 buah cabai merah besar
10 buah cabai rawit
5 siung bawang merah
1 siung bawang putih
Garam
Gula putih
5 sdm air
Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:
1. Tempe dipotong persegi panjang, goreng hingga berwarna keemasan.
2. Goreng ayam hingga kecoklatan, suir-suir.
3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum, tambahkan air dan ayam suir. Terakhir tambahkan tempe lalu aduk rata dan biarkan hingga bumbu meresap.
4. Angkat dan siap dihidangkan.

Ini cukup untuk dua kali makan, siang dan sore porsi makan aku dan suami.


Untuk sayurnya aku pilih tumis labu siam dan timun sebagai lalapan. Timun ini favorit suami aku banget, jadi setiap makan harus dan wajib ada timun. Cara menciptakan tumis labu siamnya gampang dan simpel. Tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai merah, lalu masukkan labu siam yang dipotong bentuk korek api, beri garam dan embel-embel sedikit gula putih untuk menambah rasa gurih.


Karena secara ukuran jumlah sayurnya belum mencukupi, aku tambahkan buah jeruk yang katanya baik dimakan sebelum makanan utama, bukan sebagai basuh lisan menyerupai kebiasaan kita selama ini. 

Menu piring gizi seimbang sudah siap, deh. Jangan lupa minum air putih yang cukup supaya tidak dehidrasi. Selamat makan, selamat menjalani hidup sehat dengan hidangan gizi seimbang.

*Artikel ini diikutsertakan di dalam Lomba Blog Kreasi Menu Gizi Piring Seimbang So Good.
#BPNxSoGoodPiringGiziSeimbang

Baca juga: