-->
Ciri Kota Maju Di Indonesia! Semuanya Faktanya Buat Lo Merem Melek! :D

Ciri Kota Maju Di Indonesia! Semuanya Faktanya Buat Lo Merem Melek! :D

Kota merupakan daerah pemukiman yang secara fisik ditunjukkan oleh kumpulan rumah-rumah yang mendominasi tata ruangnya dan mempunyai banyak sekali kemudahan untuk mendukung kehidupan warganya secara berdikari adalah pengertian kota menurut wikipedia. Tapi simpelnya pengertian kota sebagaimana yang diterapin di Indonesia yakni satuan manajemen negara di bawah Provinsi.

Gue menulis ini bukan sok akil atau kek mana, cuma sekedar share hasil pengamatan gue aja selama melaksanakan perjalanan ke banyak sekali daerah di Indonesia. Ya walaupun gres beberapa doang kota besar di Indonesia yang udah pernah gue jelajah. Hehehe

Kota maju? Pasti lo sering denger sebuah kota bisa dikatakan maju atau malah dikatakan tertinggal. Apa sih sebenernya yang menjadikan sebuah kota bisa dikatakan maju atau malah tertinggal?

Gue dan lo niscaya sama-sama setuju klo Jakarta, Bandung, Surabaya yakni salah satu kota maju dan masuk kategori Kota terbesar di Indonesia. Sepakat? Klo setuju apa sih yang mendasari atau simpelnya apa sih ciri-ciri sebuah kota bisa dikatakan maju? :D
 merupakan daerah pemukiman yang secara fisik ditunjukkan oleh kumpulan rumah Ciri Kota Maju di Indonesia! Semuanya Faktanya Buat Lo Merem Melek! :D
Jakarta!
Oh iya, Gue gak akan bahas ciri kota maju dari pertumbuhan ekonomi, inflasi kota, pendapatan orang-orang di suatu kota tersebut atau lainnya. Gue gak akan bahas itu, lantaran itu terang data yang benar dan niscaya gue gak bisa ngitung sendiri dengan keterbatasan gue. Klo ditulisan ini mah berdasarkan hasil pengamatan gue aja yang simpel dari sudut pandang yang lain dan lo juga bisa melakukannya sambil baca ini. Hehe *Padahal mah lantaran gak paham yang begituan. Maklum aja, pas kuliah sering ngelamun gak jelas! :D

Nah, dari hasil pengamatan ketika gue itu. Gue menyadari, bahwa ditiap kota yang maju, mempunyai banyak persamaan. Dan, sesudah itu, gue berani menyimpulkan dalam goresan pena ini. Anjir! Tulisan gue kok serius amat lah ya. Hahaha


Berikut ini Ciri Kota Maju di Indonesia



1. Kota Maju Pasti Banyak Tukang Gorengan

Tukang Gorengan yakni unsur yang paling wajib ada di setiap kota maju. Percayalah, kemanapun dan kapanpun lo berkunjung ke suatu daerah yang tingkat penjual gorengan banyak. Udah bisa dipastikan Kota itu masuk kategori kota maju atau bahkan salah satu kota terbesar di Indonesia. Percayalah!

Klo lo menemukan suatu daerah yang populasi penjual gorengan sedikit. Fix! Kota yang lo singgahi itu belum maju atau tertinggal atau bahasa halusnya masih berkembang. Hehehe


2. Kota Maju Pasti Banyak Bank

Yups, Bank yakni salah satu ciri kota yang maju. Bukan cuma satu bank aja loh, tapi ada beberapa bank dalam satu kota. Yakali klo cuma satu bank mah, semua kota di Indonesia maju. Bukan cuma perkotaan doang, setiap kecamatan yang bahkan agak terisolir pun ada Bank BRI. Salut nih sama Bank BRI.

Maksud gue bank-bank swasta, semisal Bank BCA, Bank Mega dan bank-bank lainnya. Coba deh diinget-inget, ada gak di daerah lo Bank Swasta atau bank besar lainnya?

Secara teori makin banyak bank di suatu daerah mengambarkan perputaran uang yang beredar baik itu menyimpan maupun mengeluarkan. So, udah niscaya geliat perekonomian juga tinggi. Simpelnya gitu. ^_^


3. Kota Maju Pasti Banyak Pengamen Jalanan

Gue pernah ke maen ke Kota Cilegon yang bisa dikatakan salah satu Kota Terbesar di Indonesia dengan industri-industri besarnya ada disana. Gue mendapati pengamen jalanan yang mengerikan, gimana gak ngeri coba? Masak ya ngamen sampe ke rumah-rumah gitu. ngeri ya kan? Ya gue juga gak tau sih itu pengamen emang sering ke rumah-rumah gitu atau cuma pas gue kesana doang, tapi yang gue tau klo pengamen itu di tempat-tempat nongkrong atau bus atau lampu merah doang. Hehehe *Maklum aja, di tempat gue tinggal gak ada pengamen! Yups. Kota gue tinggal ketika ini masih tahap berkembang. wkwkw

Gue makin meyakini klo kota maju niscaya banyak pengamen jalanan. Gue gak tau kenapa, mungkin salah satu klo dibahas ilmu ekonominya sih gak ada lapangan pekerjaan yang menciptakan banyak pengangguran, daripada gak ada pemasukan. Ngamen aja gampang. Gak perlu pake ijazah plus tinggal genjreng. Hehehe

Intinya sih di suatu daerah bila banyak pengamen, bisa gue simpulkan daerah itu bisa dikatakan daerah yang maju yang menarik siapapun untuk mengadu nasib di daerah itu.

4. Kota Maju Pasti Banyak Gepeng (Gelandangan Pengemis)

Nah, ini hampir sama kek kek pengamen jalanan. Dengan gemerlap kota yang begitu mempesona menciptakan banyak orang untuk mengadu nasib, lantaran kalah bersaing demi memenuhi kebutuhan hidup mereka rela mengemis. 

Tapi gue liat makin kesini banyak yang ngemis lantaran passion dan hobi. Ya mungkin mereka sering denger kata-kata dari orang bijak ibarat kek gini, "pekerjaan yang menyenangkan yakni hobi/passion yang dibayar." :D


5. Kota Maju Pasti Polusi Udara

Gue dan lo niscaya menyadari ini, dengan tingkat populasi yang semakin ramai, industri yang maju pesat dan transportasi yang semakin ramai menciptakan udara di sebuah kota akan tercemar. Ya polusi udara di kota-kota besar dan maju akan lebih terkontaminasi daripada pedesaan. Selain udara yang segar di pedesaan, yang seger-seger lagi itu ceweknya loh. gak percaya? Sering-sering nonton FTV gih! Hehe

Ya, disatu sisi berdampak konkret terhadap kemajuan sebuah kota, tetapi disisi lain ada efek negatifnya. Salah satunya, polusi udara itu.


6. Kota Maju Pasti Sering dikunjungi Artis Nasional/ Internasional

Nah, ini yakni ciri keenam sebuah kota yang  bisa dikatakan maju. Yups, kota itu sering dikunjungi artis papan atas Indonesia sampe artis-artis luar negeri. 

Simpelnya dengan banyaknya artis mau berkunjung ke kota tersebut. Bisa dipastikan kota tersebut mempunyai kemudahan transportasi yang baik, penginapan yang baik, keamanan yang baik, tempat wisata yang kece dan faktor pendukung lainnya. Simpelnya sih gitu. Hehe

* * *
Hmm.. Rasanya cuma itu deh yang bisa gue sampaikan. Gue memasukkan Ciri-ciri Kota Maju di Indonesia bukan tanpa sebab, gue tulis berdasarkan pengamatan gue aja. Klo lo ada pemanis lain yang lebih pedas dan renyah. Komen dong! ^_^



- - -
Source picture: https://www.trekearth.com/gallery/Asia/Indonesia/Java/Jakarta_Raya/photo1410086.htm
Sumber https://www.banyolanesia.com/

Baca juga: