-->
Indahnya Pesona Alam Pulau  Sagori

Indahnya Pesona Alam Pulau Sagori


Indahnya pesona alam pulau sagori merupakan hal yang wajar, sebab pulau ini mempunyai bermacam-macam keindahan baik dari pantainya, daratannya, sunset dan sunrise, karang-karang, flora dan masih banyak lagi beberapa keindahan dari pulau yang satu ini. Jika anda sedang berlibur, berliburlah didaerah ini tepatnya di pulau sagori Sulawesi Tenggara, kabupaten bombana, kecamatan kabaena. 

 Indahnya pesona alam pulau sagori merupakan hal yang masuk akal Indahnya pesona alam pulau  sagori

Indahnya pesona alam pulau sagori

Pulau sagori juga menjadi salah satu wisata bahari. Wisata laut merupakan salah satu destinasi unggulan Indonesia untuk menarik minat wisatawan dari luar negeri. Wisatawan mancanegara sangat menyukai pantai dengan air yang jernih, berpasir putih, jauh dari hiruk pikuk warga, dan kondisi alamnya masih terjaga. Sedangkan pulau Sagori masuk dalam kriteria itu. 

Pulau ini berlokasi di kabaena barat tepatnya di sekeli. Panjang pulau ini sekitar 3 KM dan lebar 200 meter. Jika dilihat dari atas, pulau sagori berbentuk lurus dan tidak mempunyai pohon kelapa. Bupati bombana M Tafdil menyampaikan "Kami punya benteng, kami punya desa wisata, ada pulau sagori ada pasir putih dan masih ada kapal bekas VOC tenggelam di sana," (22/12/2015) siang. 

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Bombana, Janariah, S.Sos kepada KompasTravel, selama ini wisatawan mancanegara banyak yang tiba ke Sagori memakai kapal layar atau yacht.

Sejarah mencatat, perairan Pulau Sagori disebut-sebut tempat karamnya kapal layar VOC pada era 17. Kapal tersebut diperkirakan berasal dari China sebab penduduk setempat meyakininya masih menyimpan harta karun berupa piring antik dan gerabah. Ini terang potensi bawah laut Sagori yang belum digarap terutama untuk wisatawan penyuka selam (diving). Janariah menuturkan selama ini wisatawan yang membawa yacht kerap berlabuh di Sagori.

Misteri pulau sagori

Negara yang mempunyai banyak mempunyai pulau ialah negara Indonesia. Dengan keanekaragaman pulaunya, banyak terdapat wisata-wisata laut di Indonesia. Wisata laut terbanyak di Indonesia berada di wilayah penggalan timur, salah satunya ialah pulau sagori yang mempunyai banyak keindahan dan sanggup memanjakan kepetangan para wisatawan. 

Keindahan pulau sagori sungguh menakjubkan dengan pemandangan laut bagaikan lukisan sang mestro yang bermain dengan imajinasi tinggi. Lebih uniknya lagi, pulau ini banyak terdapat pohon-pohon pinus yang tumbuh dan bertebaran ditengah daratan pulau, bukan pohon-pohon kelapa ibarat pulau pada umumnya. 


Dimasa kolonial pulau ini dijadikan sebagai persinggahan armada Belanda yang dipimpin oleh Peter Bot. Armada Belanda tersebut berambisi untuk menyerang Kesultanan Buton untuk mempermudah jalur VOC dalam merampas rempah-rempah yang banyak dikawasan timur nusantara. Namun ambisinya tidak sanggup menguasai Kesultanan Buton, bahkan untuk hingga di daratan Buton sangat sulit dipenuhi, sebab kekuatan mistis dari pulau sagori telah membunuh ambisi dan niat jahatnya serta menjadikan bala pada pada armada dan seluruh pasukannya yang hancur lalu tenggelam tenggelam kedalam laut. 

Baca juga: 

Misteri lainnya dari keangkeran pulau ini ialah segi tiga bermulanya. Bahkan misteri yang sanggup menanggalkan logika danbuat rasionalitas tidak sanggup dipakai dipulau ini. Dahulu kala tidak sedikit kapal-kapal yang melintasi daerah ini akan ditelan oleh lautan dan bahkan bangkai kapalnya pun tak sanggup ditemukan. 

Bahkan, orang yang pergi memancing didaerah ini sering hilang dan tidak ditau apa dan penyebab dari hilangnya orang tersebut. Katanya, pulau ini mempunyai bermacam-macam SDA yang menciptakan orang tertarik untuk tiba ke pulau ini dan pada kesannya mereka hilang di pulau yang satu ini. 

kita juga sanggup melaksanakan diving melihat kehidupan bawah laut sekaligus melihat pribadi kapal-kapal yang tenggelam diantaranya; kapal kerajaan Cina dengan simbol mandarin berupa abjad pinyin dan gambar naga yang terukir terang pada kapal yang tenggelam tersebut yang berisikan kerajinan gerabah ibarat keramik, piring, dan mangkuk antik. Ada juga kapal VOC yang merupakan armada laut Belanda, serta bangkai-bangkai kapal lainnya yang banyak tenggelam diperairan sekitar pulau Sagori. 

Sekian dari artikel ini, biar bermanfaat bagi anda dan aku juga secara pribadi. Pesan dari aku ialah jagalah lingkungan alam kita sebab lingkungan merupakan paru dunia. Tanpa alam tidak akan ada kehidupan didunia. Jangan lupa kritik dan komentarnya yaa Salam JOLANG


Baca juga: