-->
Makanan Khas Sulawesi Tenggara

Makanan Khas Sulawesi Tenggara

MAKANAN KHAS SULAWESI TENGGARA
Sulawesi tenggara merupakan salah satu provinsi yang berada di negara indonesia. Sulawesi tenggara tidak hanya dikenal dengan tempat wisata dan sejarahnya melainkan jugga dengan masakan khas yang mengguggah selera yang mungkin tidak akan di miliki oleh tempat lain.
Di tempat sulawesi selatan tepatnya di kota makasar banyak terdapat tempat-tempat wisata yang sangat menggugah dan memanjakan mata anda. Wisata tersebut yaitu menyerupai peninggalan sejarah, wisata alam dan wisata lainnya.
Adapun yang aku akan bahas dalam pembahasan kali ini yaitu perihal kuliner khas tempat sulawesi tenggara.
Berikut yaitu daftar nama-nama kuliner khas sulawesi tenggara:
  1. KASOAMI
 Sulawesi tenggara merupakan salah satu provinsi yang berada di negara indonesia kuliner khas sulawesi tenggara
Makanan khas yang satu ini berasal dari sulawesi tenggara tepatnya di pulau Buton dan wakatobi. Bagi warga sekitar kuliner tersebut merupakan kuliner wajib yang harus dihidangkan pada dikala makan.
Tidak menyerupai di tempat lain, di wakatobi kuliner khas sekaligus kuliner wajib sebagai pengganti beras. Makanan ini hampir sama dengan masakan tumpeng di jawa hanya saja tumpeng terbuat dari beras kemudian di buat kerucut. sedangkan kasuami terbuat dari ubi kayu.
Makanan ini berasal dari ubi kayu yang di olah sedemikian rupa sesuai tempat tersebut. Cita rasa kasoami sangat enak jikalau dinikmati bersama dengan ikan asin, ikan kuah, ikan goreng, ikan perende, ikan bakar, ataupun tergantung selera Anda. Sayur bening juga sanggup ditambahkan atau sanggup juga dimakan sambil menikmati secangkir teh hangat.
  1. MAKANAN KHAS SULAWESI TENGGARA, KABUTO
 Sulawesi tenggara merupakan salah satu provinsi yang berada di negara indonesia kuliner khas sulawesi tenggara
Makanan yang satu ini berasal dari pulau buton dan muna. Makanan ini terbuat dari ubi yang di jemur dan disimpan usang semoga berjamur. Fungsinya yaitu semoga sanggup mendapat cita rasa yang khas dan menambah rasa yang gurih.
Makanan ini akan lebih yummy apabila disajikan dengan  kelapa parut dan ikan asin. Bukan hanya itu saja kuliner nin sanggup di sajikan dengan makanan-makanan lainnya.
Kabuto mempunyai tekstur yang kenyal dan lembut apabila dimakan. Adapun untuk pembuatan kuliner ini anda harus di dampingi oleh koki yang mahir agar  sanggup menghasilkan hasil yang sempurna.
  1. SATE GOGOS POKEA KHAS SULAWESI
 Sulawesi tenggara merupakan salah satu provinsi yang berada di negara indonesia kuliner khas sulawesi tenggara
Merupakan sate yang berbahan dasr kerang yang sanggup dengan gampang didapatkan di tempat daerah yang lembap menyerupai manggrof, empang, maritim dll.
Nama pokea ini sendiri berasal dari sebutan masyarakat lokal sekarang. Sate kerang ini disajikan dengan memakai bumbu-bumbu tradisional.
Adapun gogoso atau biasa dikenal dengan gogos, terbuat dari beras ketan yang dicampuri dengan santan kelapa dan bumbu-bumbu lainnya.

4.SINONGGI KHAS SULAWESI TENGGARA

 Sulawesi tenggara merupakan salah satu provinsi yang berada di negara indonesia kuliner khas sulawesi tenggara
ali ini beranjak ke kuliner khas suku Tolaki yang terbuat dari sari pati sagu. Suku Tolaki mempunyai tradisi menyantap sinonggi bahu-membahu yang berjulukan mosonggi. Bagi suku Tolaki, sinonggi merupakan kuliner pokok yang dikala ini telah tergeser maknanya dan bersaing dengan keberadaan nasi.
Adapun dalam proses pembuatannya, sinonggi tergolong unik dan berseni. Jika kau tak tahu proses pembuatannya mungkin akan sulit untuk menikmati cita rasa aslinya.
Jadi, jikalau belum pernah menyantap dan menciptakan sinonggi maka ada baiknya berkunjung ke rumah makan di Kendari yang menyajikan kuliner ini. Dijamin lidahmu akan dimanja dengan kelezatan dari sinonggi ini. Buktikan sendiri.

5. LAPA-LAPA SALAH SATU MAKANAN KHAS SULAWESI TENGGARA

 Sulawesi tenggara merupakan salah satu provinsi yang berada di negara indonesia kuliner khas sulawesi tenggara
Makanan Sultra ini mempunyai cita rasa yang gurih, akan lengkap jikalau lapa-lapa disantap bersama dengan ikan kaholeonarore (ikan asin). Dalam proses pembuatannya, lapa-lapa ini berbahan dasar beras yang dimasak bersama dengan santan. Saat setengah matang kemudian diangkat dan didinginkan, kemudian direbus.
Tapi, sebelum direbus, dibungkus dulu dengan memakai janur kelapa yang masih muda. Dalam kehidupan masyarakat suku Muna, lapa-lapa ini biasanya dibentuk menjelang hari raya umat Islam, contohnya pada lebaran idul fitri dan idul adha atau pada pembukaan puasa.
Waktu pembuatannya pun tidak mengecewakan lama, lantaran untuk mendapat hasil yang maksimal dengan cita rasa yang luar biasa enak. Termasuk gampang didapatkan, lantaran banyak yang menjualnya di pasar tradisional. Di kota Kendari contohnya biasa dijajakan di Pasar Korem, terutama pagi hari.
Itulah tadi beberapa macam kuliner khas sulawesi tenggara yang sanggup anda coba jikalau semisal anda berkunjung di sulawesi tenggara. Dari 5 klarifikasi kuliner khas Sulawesi Tenggara kau ingin tau sama yang mana? Heummm.. oh iya kau juga sanggup nitip buah tangan ke teman kau yang lagi ada di Sulawesi Tenggara ini. Yaa mugkin ini sajah dari aku kurang danlebihnya ya mohon di maafkan. jikalau anda pengen melihat tempat wisata terbaik di malang klik disini

Baca juga: