-->
Yuk, Berlibur Ke-5 Negara Yang Mempunyai Biaya Hidup Murah!

Yuk, Berlibur Ke-5 Negara Yang Mempunyai Biaya Hidup Murah!

Liburan ke luar negeri selalu identik dengan kata mahal, iya nggak sih? Apalagi kalau liburannya ke Benua Eropa atau Amerika. Belum lagi dengan biaya pembuatan visa. Eh tetapi, ternyata masih ada negara-negara di Benua Eropa dan Amerika yang masih akrab dengan biaya hidup untuk para traveler, khususnya backpacker, loh. Seperti negara-negara di bawah ini yang berada di Benua Asia Tenggara, Eropa, ataupun Amerika sanggup dijadikan pilihan untuk berlibur ke luar negeri dengan biaya hemat.
Candi Angkor, Kamboja (foto by amikomalasari.wordpress.com)
1. Kamboja
Negara Kamboja yang termasuk keanggotaan ASEAN menunjukkan liburan tak hanya menyenangkan, tapi juga murah. Bayangkan saja, untuk penginapan hanya dengan mengeluarkan kocek Rp50.000 kita sudah sanggup tidur di sebuah hostel. Begitu pun untuk makanannya, di Kamboja satu porsi makan sekitar Rp40.000 hingga Rp60.000. Namun, bagi muslim harus lebih berhati-hati dan cermat ketika menentukan masakan di Kamboja.  Untuk objek wisatanya, kita sanggup mendatangi ciri khas pariwisata di Kamboja, ialah Angkor Wat atau Candi Kota sebab candi yang mempunyai luas 76.000 meter persegi ini berada di tengah kota. Hanya dengan Rp203.000 per kelompok, kita sudah sanggup berkeliling seharian memakai tuk-tuk (alat transportasi serupa delman tapi memakai motor). Malamnya, kita sanggup mengunjungi Angkor Night Market untuk mencari oleh-oleh, misalkan kain khas tradisonal Kamboja, Krama.
Pantai pasir putih Mue Nei, Vietnam
2. Vietnam
Negara Vietnam yang berada paling timur di Semenanjung Indocina Asia Tenggara ini menunjukkan destinasi yang memukau, seperti Pantai Mue Nei yang berpasir putih atau Dalat sebuah kota cocok untuk berbulan madu, dengan pemandangan lanskap danau dan pegunungan serta suasana sejuk dan tenang. Untuk urusan masakan dan minuman,  harga satu cangkir kopi hanya sekitar Rp12.000. Bahkan dengan Rp10.000 saja kita sudah sanggup merasakan Banh Mi (sejenis sandwich) dan sepiring spring rolls Rp36.000. Pergi ke mana saja pun tergolong murah dan mudah. Kita sanggup menentukan memakai taksi, ojek online, ataupun bus. Untuk harga bus sekitar Rp15.000 hingga Rp42.000 dan rate untuk taksi per kilometernya Rp6.700 hingga Rp7.280. Tak jauh dengan harga hostel di Kamboja, di Vietnam pun kita sanggup menginap semalam dengan kocek mulai dari Rp68.000.


Jembatan Chain, Hongaria (foto by pixabay.com
3. Hongaria
Hongaria termasuk salah satu negara di Eropa dengan kota bersejarah. Beberapa objek wisata yang layak dikunjungi, menyerupai Danau Balaton, Jembatan Chain, atau Botanical Garden. Ibu Kota Hongaria, ialah Budapest, selalu dianggap mempunyai biaya hidup mahal termasuk untuk berlibur. Padahal biaya hidup di Budapest jauh lebih murah dibandingkan dengan negara Eropa lainnya. Mata uang Hongaria, ialah Hungarian Forint, 300 HUF senilai Rp15.519. Tak menyerupai harga hostel di negara Eropa lainnya, di Hongaria harga hostel semalam sekitar Rp130.000 dan hotel Rp190.000 hingga Rp525.000. Begitu pun dengan harga makanan, kau sanggup menekannya dalam sekali makan Rp65.000 sekelas negara di Benua Eropa.
Monesteri Sanahim, salah satu bangunan bersejarah di Armenia (foto by: perigundul.com)
4. Armenia
Nah, jikalau kita ingin mengunjungi salah satu negara di Eropa, tapi bujet terbatas sanggup menyebabkan Armenia sebagai tujuannya. Armenia, Ibu Kota Yerepan ini, dikenal sebagai salah satu kota di dunia dan tempat dimana terdamparnya perahu Nabi Nuh Alaihissalam. Objek wisata di Yerepan pun banyak yang gratis, lho! Contohnya saja bangunan-bangunan bekas gereja bergaya klasik. Untuk masakan saja satu buah roti hanya Rp6.000. Sedangkan untuk kemudahan jika  tiba berkelompok lebih baik menyewa apartemen yang dipatok mulai dari Rp400.000 hingga dengan Rp500.000. Sesampainya di Yerepan, kau diharuskan untuk menciptakan Visa on Arrival dengan biaya mulai dari Rp68.000
 
Grand Palace, Thailand (foto by: bangkok.com)
5. Thailand
Hindari tempat Sukhumvit jikalau tak ingin terjebak dengan harga-harganya yang selangit. Untuk mencari penginapan murah, kita sanggup tiba ke tempat Khaosan Road. Untuk berkeliling objek wisata di Kota Bangkok ini, kita sanggup memanfaatkan transportasi umum salah satunya BTS (Bangkok Mass Transit System) mulai dari Rp6.038 hingga Rp16.012 atau jikalau berkelompok lebih baik memakai taksi sehingga sanggup dibagi dengan jumlah orang yang ikut. Nah, untuk makan, pilih saja masakan khas Thailand yang dijual di pinggiran jalan dengan harga mulai dari Rp15.000 hingga Rp30.000. Jangan khawatir dengan rasanya, dijamin lezat dan bersih! Untuk objek wisata, sempatkan diri untuk berkunjung ke Wat Hua Krabeu atau Taman Suan Rot Fai, tanpa dipungut biaya sedikit pun.

Pada umumnya, harga tiket pesawat di negara-negara di atas jikalau dilihat dari situs online sekitar mulai dari Rp1.461.000 hingga Rp13.979.900. Agar lebih pasti, kau sanggup cek harga tiket melalui Reservasi.com yang sanggup diakses melalui website atau aplikasi yang tersedia di Play Store dan App Store.

Weeeh, jadi ngiler kan? Hehe..., yuk siapkan waktu dan uang untuk liburan!

Baca juga: