-->
Cara Pasang/ Instalasi Pc Built-Up Pemula

Cara Pasang/ Instalasi Pc Built-Up Pemula





Lesson III

Ini yaitu serial postingan sebelumya yaitu kemarin admin sempat posting wacana Pengertian Serta Fungsi Dasar PC. Dan sekarang, kita akan mempelajari lebih lanjut wacana cara instalasi komputer yang baik dan benar.

Untuk teman yang pertama kali akan memasang atau instalasi PC, bukan mustahil akan mengalami sedikit kebingungan, mengingat jalur-jalur kabel serta beberapa port yang memang terlihat sangat rumit. Tetapi sebaiknya teman juga memahami terlebih dahulu Bagian-bagian Komputer yang sangat perlu diketahui.

Standarnya, pengguna PC di Indonesia terbagi menjadi dua bagian. Ada yang lebih menentukan merakit PC sendiri, ada juga yang menentukan untuk membeli PC Built Up alias bawaan pabrikan produsen. Alasannya sangat beragam, sebagian para Gamer akan bereksperimen meningkatkan performa komputer yang di berdiri dengan cara merakit nya sendiri.
Sedangkan untuk para pelajar biasanya akan menentukan PC Built Up siap pakai/alias tidak mau ambil pusing.

Nah, bagi teman yang ingin mencar ilmu merakit PC, teman sanggup masuk sini, 19 Cara Simple Merakit PC Disana telah dijelaskan 19 step lengkap yang pas buat pemula.



Cara Memasang Perangkat PC Built Up


Sebelum ke tutorial, pastinya teman harus tahu dulu socket/port yang nantinya akan dihubungkan satu per satu.

Setiap satu set PC pastinya mempunyai bentuk/fisik yang berbeda sesuai Produsen. Imbasnya jumlah port serta tombol sanggup bervariasi. Tugas pertama yang harus teman lakukan yaitu memperhatikan pecahan Case CPU depan dan belakang, pahami jalur port serta tombol yang teman lihat.

Setelah teman memahami port serta tombol-tombol, maka akan lebih gampang untuk menghubungkan perangkat menyerupai Monitor, Keyboard, Mouse, serta peripheral lainnya menyerupai speaker, printer dan lain sebagainya.


Mempersiapkan Komputer Desktop



Step I

 Ini yaitu serial postingan sebelumya yaitu kemarin admin sempat posting wacana  Cara Pasang/ Instalasi PC Built-Up Pemula


Pertama teman sanggup mengeluarkan Casing CPU, Monitor dari box bawaan. Lepaskan semua epilog plastik atau Vita pelindung.
Siapkan semuanya di ruangan yang kondusif serta tidak lembab.

Tips
Sebaiknya, pasang PC di area yang mempunyai sirkulasi udara yang baik untuk menghindari terjadinya kerusakan pada komponen atau Hardware. 


Step II

Di langkah ke-2 teman sanggup eksklusif mempersiapkan kabel-kabel.
Di beberapa kasus, kemungkinan kabel yang teman miliki tidak sama menyerupai gambar dibawah.
Jika teman menemukan kesulitan, solusi tepatnya teman sanggup membaca buku panduan bawaan PC.



Step III


 Ini yaitu serial postingan sebelumya yaitu kemarin admin sempat posting wacana  Cara Pasang/ Instalasi PC Built-Up Pemula



Sekarang, silahkan sambungkan ujung kabel monitor ke port belakang CPU yang tadi teman perhatikan.
Perlu di ingat, bila teman memakai kabel jenis VGA menyerupai terlihat pada gambar, biasanya terdapat sekrup pengunci kabel di sebelahnya.

Catatan
Kabel monitor itu beragam, ada sebagian kabel monitor yang memerlukan cara tertentu untuk instalasi nya. Jika kabel monitor teman tidak cocok atau sulit disambungkan, sebaiknya silahkan baca lagi Buku manual komputer. 


Step IV


 Ini yaitu serial postingan sebelumya yaitu kemarin admin sempat posting wacana  Cara Pasang/ Instalasi PC Built-Up Pemula


Langkah ke-4, bila pemasangan kabel monitor tadi sudah berhasil, selanjutnya teman sanggup eksklusif memasang Keyboard ke CPU. Jangan lupa perhatikan pecahan port kabel tersebut. Pastikan apakah colokan keyboard tersebut memakai socket USB, atau PS/2.
Umumnya, keyboard PC memakai konektor USB, tetapi ada juga yang memakai socket PS/2.
Jika konektor kabel teman memakai PS/2 maka teman sanggup menyambungkan nya ke port berwarna Hijau dibelakang CPU.



Step V

Langkah atau tutorial ke-5, teman sanggup eksklusif menyambungkan kabel Mouse ke CPU. Jangan lupa, perhatikan lagi pecahan konektor kabel yang di gunakan. Untuk jenis kabel yang dipakai Mouse biasanya memakai konektor USB. Namun ada juga sebagian Mouse yang memakai konektor Wireless.
Jika konektor Mouse milik teman memakai konektor Nirkabel ( wireless ) maka teman harus menyambungkan lewat Dongle Bluetooth
( Adaptor USB ) ke komputer.



Step VI

Peripheral lain yang wajib kita pasang selanjutnya yaitu Speaker atau Headphone eksternal. Bagi sebagian pengguna komputer, memasang speaker yaitu hal yang mutlak dan wajib digunakan.

Perlu dicatat juga bahwa tidak semua paket komputer mempunyai port serta warna yang sama. Dan biasanya, rata-rata cara memasang speaker eksternal yaitu dengan.

Speaker dan headphone sanggup disambungkan ke port berwarna Hijau
Microphone sanggup disambungkan ke port berwarna Merah muda
Dan port berwarna Biru merupakan port Line In, yang biasa dipakai untuk perangkat tertentu



Step VII

Sementara pemasangan hampir selesai, banyak peripheral yang sifatnya Plug & Play, menyerupai Webcam, Scanner, atau pun perangkat lainnya. Maka teman sanggup eksklusif menyambungkannya ke komputer.

Namun, beberapa perangkat mungkin memerlukan aplikasi atau software untuk memakai perangkat tersebut semoga sanggup berjalan dengan normal.


Catatan
Secara umum, Peripheral yaitu perangkat yang sifatnya Opsional yang sanggup teman gunakan kapanpun. So, teman tidak perlu memasang perangkat dikala pemasangan Komputer juga tidak masalah. 



Step VIII


 Ini yaitu serial postingan sebelumya yaitu kemarin admin sempat posting wacana  Cara Pasang/ Instalasi PC Built-Up Pemula


Langkah terakhir yaitu menghubungkan kabel pusat, yaitu kabel power.
Sambungkan kabel power ke socket power supply di pecahan CPU. Dan hingga disini pemasangan selesai. Sekarang teman sanggup coba menghidupkan PC baru.
Selamat mencoba dan semoga berhasil


Tips

Sebaiknya, selalu gunakan Stavolt untuk merawat PC dengan baik. Sebab bila dihubungkan eksklusif ke stopkontak, lonjakan arus listrik yang besar sanggup mempengaruhi kinerja CPU, alias mempercepat kerusakan komputer. 

Admin akan membahas lebih lanjut wacana cara memakai komputer teman pada beberapa panduan penting lainnya

Lesson 4 Selanjutnya….






Baca juga: