-->
Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Tidak Cepat Rusak dengan Baik & Benar

Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Tidak Cepat Rusak dengan Baik & Benar

Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Tidak Cepat Rusak Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Tidak Cepat Rusak dengan Baik & Benar

Cara merawat kerboard laptop agar tidak cepat rusak - Keyboard merupakan salah satu komponen penting di laptop, coba Anda bayangkan jika di laptop Anda tidak terdapat keyboard. Tentu Anda akan kesulitan untuk melakukan aktifitas yang memerlukan perintah keyboard, contohnya mengetik. Memang meskipun bisa dengan bantuan keyboard on screen, tapi lama kelamaan malah akan jengkel karena memerlukan waktu yang lama jika mengetik dengan keyboard on screen.

Saya sering kali mendengar teman atau orang lain yang resah karena keyboard laptop mereka rusak, gejala yang biasa muncul biasanya seperti, susah ditekan, keyboard tidak jalan di beberapa bagian, hingga rusak total. Nah dari permasalahan tersebutlah mendorong saya untuk membuat artikel tentang Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Tidak Cepat Rusak, karena penyebab semua kerusakan keyboard laptop tidak jauh dari perawatan yang jarang atau bahkan tidak dilakukan sama sekali dan kesalahan saat menggunakannya. Karena menghindari lebih baik daripada mengobati, maka mari baca artikel ini sampai tuntas.


1. Merawat keyboard laptop dengan melakukan maintenance rutin

Setiap alat elektronik tentu membutuhkan perawatan (maintenance) supaya kesegaran alat tersebut tetap terjaga, begitu juga dengan keyboard. Cara merawat keyboard laptop agar tidak cepat rusak bisa Anda lakukan dengan melakukan pembersihan secara sederhana tapi rutin. Bersihkan keyboard laptop dari debu dengan menggunakan kuas khusus yang bisa dibeli di toko - toko komputer, harganya juga terjangkau kok. Selain itu, Anda bisa membersihkan bagian dasar atas dengan kain halus supaya keyboard tetap terlihat bersih.

2. Merawat keyboard laptop dengan menggunakan Keyboard Cover

Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Tidak Cepat Rusak Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Tidak Cepat Rusak dengan Baik & Benar

Anda juga bisa merawat keyboard laptop agar tidak cepat rusak dengan membeli aksesoris yang biasa disebut dengan keyboard cover. Keyboard cover ini berbahan dasar karet elastis, tujuan utamanya yaitu mencegah debu masuk ke dalam. Karena perlu Anda ketahui bahwa debu yang masuk ke dalam keyboard laptop lama kelamaan akan menumpuk dan merusak keyboard tersebut. Untuk sebagian merk laptop biasanya sudah dibekali dengan keyboard cover, namun jika tidak ada Anda bisa membelinya di toko - toko komputer juga.

Baca Juga : Kelebihan Keyboard Mechanical yang Wajib Diketahui

3. Merawat keyboard laptop dengan tidak keras saat menekannya

Biasanya gamers suka menekan keyboard dengan keras sekali akibat dia terbawa dalam suasana game. Nah sebenarnya hal tersebut bisa menjadi faktor kerusakan keyboard dan hal ini sering banget terjadi. Setiap keyboard memiliki sensitifitas yang berbeda - beda, khusus untuk keyboard laptop biasanya dia ingin ditekan dengan lembut. Maka Anda bisa mengurangi kebiasaan buruk menekan keyboard laptop dengan keras supaya keyboard laptop tidak cepat rusak.

4. Bermain game dengan keyboard eksternal atau joy stick

Bermain game tidak bisa kita hilangkan atau larang, karena bermain game menjadi kebutuhan bagi beberapa orang, karena dengan bermain game bisa menghilangkan kejenuhan. Namun yang harus Anda perhatikan alat yang digunakan untuk bermain game tersebut, usahakan gunakan keyboard ekternal atau joy stick saja ketika ingin bermain game supaya keyboard laptop terawat dan tidak cepat rusak.

5. Merawat keyboard laptop dengan menjauhkan benda cari dari keyboard

Tidak sedikit orang yang bermain game atau bahkan bekerja ditemani dengan minuman seperti kopi yang biasa di simpan di pinggir laptop. Memang hal tersebut adalah kenikmatan dan membuat kita tetap santai, saya juga merasakan hal tersebut. Cara merawat keyboard laptop agar tidak cepat rusak yaitu Anda jangan menyimpan minuman atau benda cair dai keyboard laptop, karena keyboard laptop itu sensitif banget oleh air dan jika terkena air bisa - bisa error sampe tidak berfungsi.

Baca Juga : Cara Lengkap Masuk BIOS di Berbagai Merk Laptop

6. Merawat keyboard laptop dengan tidak menyimpan barang berat diatasnya

Cara merawat keyboard laptop agar tidak cepat rusak yang terakhir yaitu Anda jangan menyimpan barang, apalagi barang berat di atas keyboard. Karena dikhawatirkan swtich akan menekan secara terus menerus hingga respons berkurang atau bahkan sampai tidak berfungsi lagi.

Itulah cara merawat keyboard laptop agar tidak cepat rusak yang bisa saya sampaikan berdasarkan pengalaman saya pribadi. Hal yang menurut saya harus Anda jaga yaitu jangan menekan terlalu keras, karena kebanyakan keyboard laptop rusak karena laptop tersebut dipake untuk bermain game, dimana mungkin si pemain gamenya terbawa suasana hingga menekan keyboard dengan keras.

Mungkin sekian untuk kali ini, jika Anda mempunyai cara yang lain silahkan berkomentar saja. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Baca juga: