-->
Membersihkan Recent Apps Akan Membuat Boros Baterai, Kenapa ??

Membersihkan Recent Apps Akan Membuat Boros Baterai, Kenapa ??

Membersihkan Recent Apps Akan Membuat Boros Baterai Membersihkan Recent Apps Akan Membuat Boros Baterai, Kenapa ??

Recent apps merupakan fitur yang dimana terdapat daftar aplikasi yang teah digunakan dan bisa kita gunakan kembali. Setiap android pasti mempunyai recent apps yang biasanya bisa diakses melalui tombol yang berada di sebelah Home. Ada beberapa permasalahan mengenai membersihkan recent apps, ada yang berpendapat bahwa membersihkan recents apps bisa membuat boros baterai dan ada juga yang berpendapat bahwa membersihkan recent apps bisa mengatasi android lemot.

Membersihkan recent apps untuk mengatasi android lemot memang cukup masuk akal, karena artinya kita membersihkan atau mengosongkan penyimpanan sementara (cache). Namun bagaimana dengan membersihkan recent apps akan membuat boros baterai ? Itulah topik yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini, berikut penjelasannya.

Membersihkan Recent Apps Akan Membuat Boros Baterai

Aplikasi yang berada di recent apps tersebut sebenarnya tidak berjalan lagi, melainkan hanya disimpan di penyimpanan sementara (cache). Fungsi penyimpanan tersebut adalah untuk mempercepat atau mempermudah proses loading ketika aplikasi tersebut akan dibuka kembali. Maka sangat masuk akal jika dengan membersihkan recent apps bisa membuat boros baterai, kenapa ? 

Karena ketika Anda membersihkan daftar aplikasi di recent apps, secara otomatis data yang berada di penyimpanan sementara (cache) juga akan terhapus. Maka ketika Anda membuka ulang aplikasi tersebut, sistem memerlukan proses berfikir yang cukup keras untuk bisa membuka aplikasi tersebut, disamping sistem juga tentu baterai akan digunakan pada saat seperti ini.

Namun bagaimana dengan bisa mengatasi android lemot ?

Aplikasi yang berada di recent apps memerlukan penyimpanan sementara (cache) untuk mempercepat proses pembukaan kembali. Jika aplikasi yang berada di recent apps hanya sedikit, itu tidak bermasalah. Namun jika sudah tertalu banyak atau berlebihan tentu akan membuat android menjadi lemot, karena hal tersebut diakibatkan semua aplikasi telah memakan banyak penyimpanan sementara (cache).

Jadi bagaimana solusinya ?

Karena dengan membersihkan recent apps akan membuat boros baterai dan membuat android lemot, jadi saya sarankan untuk menghapus aplikasi di recent apps yang sekiranya tidak akan digunakan lagi dalam jangka waktu pendek. Tetapi untuk aplikasi yang sering digunakan, misalnya aplikasi chatting, lebih baik jangan dibersihkan dari recent apps supaya proses pembukaan ulang tidak memakan banyak tenaga (baterai).

Itulah penjelasan mengenai membersihkan recent apps akan membuat boros baterai serta solusi untuk mengatasi baterai secara singkat. Silahkan tambahkan lagi di kolom komentar dan semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga: