-->
7 Cara Gampang Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

7 Cara Gampang Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

7 Cara Praktis Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi, Ingat hal pertama yang harus kau lakukan yaitu jangan membawah keyboard kau ke tukang service lantaran kali ini saya akan mengasih tau bagaimana sih cara memperbaiki atau mengatasi keyboard yang tidak berfungsi?

Keyboard laptop sangat berperan penting dalam mengoperasikan laptop atau PC kamu, kalau keyboard kau rusak tentunya kau akan kebingungan untuk memperbaikinya. Memperbaiki atau mengatasi keyboard rusak itu sanggup kau lakukan sendiri tanpa membawahnya ke tukang service

Keyboard laptop yang error atau tidak sanggup berfungsi disebabkan oleh banyak hal menyerupai terkena air atau bubuk atau sanggup juga keyboard yang sering berada pada ruangan dengan suhu yang lembab dan dibawah ini saya akan mengasih solusnya biar kau tidak kebingungan atau gelisah lagi. Nah berikut inilah 7 Cara Praktis Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi, Cekidot!


1. Bersihkan Kotoran Atau Debu Yang Tertempel Pada Keyboard


Bila sebagian tombol keyboard kau tidak berfungsi, tetapi anehnya tombol yang lain baik-baik saja, jadi ada kemungkinan ada kotoran atau debut yang menghalangi tombol keyboard kamu.

Untuk mengatasi, hal ini terbilang cukup mudah, yang harus kau lakukan yakni memiringkan laptop kau dengan kemiringan kurang lebih 75 derajat serta goyangkan laptop kau dengan lembut  karena itu sanggup untuk singkirkan kotoran-kotoran atau bubuk itu

Dan cek seluruhnya tombol pada keyboard serta saksikan apakah tombol-tombol laptop masih sanggup fungsi atau tidak. Bila belum berfungsi silahkan tiupkan angin pada tombol keyboard kau yang tidak berfungsi yang sanggup untuk membersihkan kotoran-kotoran atau bubuk yang ada di sela-selanya.

2. Pastikan Driver Keyboard Kamu Telah Terinstall Dan Berfungsi Dengan Baik


Kurang tau caranya? Berikut ini panduan lengkapnya

 - Pertama klik start> control panel > hardware and sound > device manager

- Buka keyboard kau sesudah itu lihat lah apakah berwarna kuning dan ada kau seru?

- Jika iya maka penyebabnya driver keyboard kau yang salah

- Klik kanan pada driver yang bermasalah > Update driver software > search automatically, maka windows akan otomatis mencari driver yang cocok untuk laptop kamu, kau juga sanggup search secara manual kalau kau tidak yakin atau kau tahu mana yang cocok untuk laptop kamu.

3. Restart Laptop


Jika tiba-tiba seluruh keyboard pada laptop kau tidak merespon, mungkin masalahnya ada di software/driver. Coba kau restart laptop, mungkin hal ini sudah cukup untuk memperbaikinya. Jika kau tidak sanggup melaksanakan restart dari sajian start, coba kau tahan tombol power selama 5 detik (maksimum 15 detik) dan laptop akan restart.


4. Me-restore system


Jika keyboard laptop kau berhenti berfungsi atau tidak berfungsi sesudah kau memasang software gres atau mengubah pengaturan laptop kamu, hal yang harus kau lakukan yaitu restore system laptop. Cara nya adalah:

- Pertama-tama kau klik tombol Start, kemudian klik Control Panel.

- Selanjutnya kamu, klik "Back up your computer" di bawah heading "System and Security"

- Nah, sesudah itu kau klik "Recover system settings or your computer"

- Lalu klik "Open System Restore".

Selanjutnya, ikuti saja langkah-langkah sederhana yang akan muncul untuk me-restore laptop kamu. Setelah proses restore berhasil, reboot laptop kamu. Jika penyebabnya yaitu dilema pada keyboard yang terletak pada sistem, maka keyboard kau seharusnya kembali berfungsi dengan baik.

5. Periksa Num Lock


Kadang kau tidak tahu bahwa keyboard yang error diakibatkan oleh numlock. Ya, saya sendiri memang pernah mengalami hal ini, pada awalnya saya bingung. Tapi sesudah saya browsing, kesudahannya saya menemukan salah satu dilema yakni pada numlock nya.

Jadi, jangan panik. Jika memang laptop kau sudah di restart dan juga sudah diperiksa drivernya tetapi masih tetap saja error, mungkin numlocknya masih menyala. Solusinya sangat mudah, cukup matikan numlock keyboard kamu, sesudah itu coba lagi untuk mengetik. Saya yakin keyboard kau sudah kembali normal.

6. Bawa Ke Tempat Service


Masih belum berhasil? Maka sebaiknya kau membawa laptop kau ke tenaga yang cukup professional dalam bidang ini. Terlebih bila garansi laptop kau masih berlaku lantaran itu sanggup memudahkan kau untuk tidak mengeluarkan uang.

Tapi, kalau garansi laptop kau sudah tidak berlaku, bawa lah laptop kau ke daerah service yang cukup ternama. Ada kemungkinan permasalahan kecil terjadi pada kabel di laptop kamu, menyerupai terputusnya kabel karbon yang sanggup dengan gampang diperbaiki. 

Untuk perbaikan menyerupai ini, biasanya daerah service tidak akan terlalu memasang tarif tinggi atau sanggup juga dibilang cukup wajar.


7. Menempatkan Keyboard Alternative


Dalam keadaan  yang cukup menekan, untuk sesaat kau sanggup menggunakan keyboard dengan port USB. Memanglah kelihatannya bakal merasa tidak nyaman dikala dipakai. Tetapi kesuksesan langkah tersebut sanggup di pastikan nyaris 100% berhasil mengatasi dilema ini.

Apabila kau betul-betul dalam kondisi sangatlah menekan untuk mengetik kiprah kuliah ataupun pekerjaan pendek menyerupai umpamanya memasukan username serta password untuk terhubung alamat e-mail ketika itu juga kau sanggup menggunakan keyboard virtual di monitor laptop kamu.

Untuk mengaktifkannya silahkan kau klik tombol Start lantas klik 'All Programs'. Lalu klik 'Accessories' serta klik 'Ease of Access'. Kemudian itu klik 'On-Screen Keyboard' untuk mulai menggunakan keyboard virtual ini.

Nah itulah tadi ulasan lengkap perihal 7 Cara Praktis Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi, yang sanggup kau coba kini juga. Apabila ada pertanyaan yang ingin kau sampaikan silahkan tulis dikolom komentar ya. Sekian dan Terimakasih.

Baca juga: