-->
Berbagai Komponen Hardware Ponsel

Berbagai Komponen Hardware Ponsel


Hardware merupakan serangkaian komponen elektronik yang ter-compact pada telepon seluler (ponsel) yang berfungsi saling terkait antar komponen sehingga menjadi satu bab yang tidak sanggup terpisahkan. Beberapa hardware utama penyusun ponsel antara lain yakni power supply, rangkaian transmisi, rangkaian receiver (penerima), penguat sinyal , komponen input, serta komponen output.
Komponen Hardware Ponsel dan Penjelasannya
1.       Power Supply
Power supplya yakni pemasok energi yang dibtutuhkan dalam ponsel sehingga ponsel sanggup digunakan, dalam hal ini yakni baterai. Baterai berfungsi menunjukkan tegangan untuk membangkitkan seluruh komponen elektronik yang ada di dalam ponsel.
Di dalam sebuah ponsel terdapat sebuah integrated circuit (IC) yang berfungsi untuk mengatur masukan tegangan secara otomatis pada ketika ponsel diisi dayanya. IC power supply akan berperan dalam memutus tegangan dari adaptor kepada ponsel ketika baterai telah terisi penuh. Hal ini akan mengurangi resiko baterai yang gampang drop alasannya yakni baterai tidak mengalami overload.
2.       Rangkaian Transmisi
Rangkaian transimi berperan dalam mentransmisikan gelombang radio atau radio frequncy (RF). RF akan dipancarkan menuju stasiun relay operator sim-card base transreciever system (BTS) yang berupa sinyal audio, grafik, dan alfonumerik analog.
Rangkaian transmisi ini memungkinkan terjadinya pengiriman gelombang yang berisi data, yang selanjutnya sanggup diterima oleh ponsel lain. Ponsel tertentu juga telah dilengkapi dengan  fitur infrared dan Bluetooth. Kedua fitur ini juga termasuk dalam rangkaian transmisi yang sanggup berupa audio, video, gambar, dan data.
3.       Rangkaian Penerima atau Receiver
Rangkaian peserta yakni kebalikan dari rangkaian transmitter atau pemancar yang berfungsi sebagai pengolah dan penyaring sinyal yang diterima ponsel dari operator kartu sim (BTS). Rangkaian peserta dilengkapi dengan frekuensi shintesizer (osilator frequency) yang merupakan IC pembangkit sinyal frekuensi yang mempunyai jalur 26 MHz, dan berfungsi dalam mendapatkan data yang berupa audio, grafik, serta alfanumerik.
4.       Komponen Input
Komponen input merupakan komponen harware ponsel yang utama dalam hal memasukkan data. Yang termasuk komponen input di antaranya yakni keypad dan microphone. Perkembangan teknologi menyebabkan ketika ini ponsel dilengkapi dengan komponen input pendukung ibarat radio dan kamera.
5.       Komponen Output
Komponen output yakni komponen pendukung utama ponsel sebagai sarana hasil keluaran pengolahan data yang telah diperintahkan untuk diproses melalui komponen input dan diproses oleh sistem. Komponen output sendiri antara lain speaker, liquid crystal device (LCD), light emiting dioda (LED), dan vibrator.
6.       Komponen Penguat Sinyal
Komponen hardware ponsel ini berperan dalam menguatkan daya penerimaan sinyal gelombang elektromagnetik operator kartu sim biar sanggup diterima dengan baik dan terang oleh ponsel. Komponen penguat sinyal sendiri teridiri atas antena dan switch antena.
Pada ponsel yang tergolong keluaran lama, antena menjulur keluar dari tubuh ponsel atau sering disebut dengan antena eksternal. Sedangkan untuk ketika ini, lantaran perkembangan teknologi, ponsel telah banyak memakai antena yang tidak tampak menjulur keluar atau disebut dengan antena internal, yang jauh lebih efektif dari antena eksternal.
Adapun switch antena berfungsi sebagai duplexer atau berfungsi untuk memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah secara otomatis. Pada perangkat ibarat handy talky, switch antena masih memakai half duplexer atau komunikasi satu jalur saja, sehingga pada ketika berkomunikasi, pengguna HT tidak sanggup gotong royong berbicara, melainkan harus bergantian dalam mengirim atau mendapatkan informasi.
Secara keseluruhan, seluruh komponen hardware ponsel tersebut di atas saling berkaitan dan membentuk satu unit kesatuan dalam menjalankan program, memasukkan data, memroses data, mengirimkan data, serta mendapatkan data, sehingga hasil kerja dari semua komponen tersbut sanggup dimanfaatkan oleh insan dalam berkomunikasi.





























Baca juga: