-->
Berbagai Alat Servis Hp Sendiri

Berbagai Alat Servis Hp Sendiri


Dalam penggunaan Handphone atau HP, terkadang terdapat kesalahan yang tidak sengaja telah kita lakukan yang sanggup menyebabkan HP menjadi rusak atau error. Kerusakan yang terjadi pada HP sanggup berupa kerusakan pernagkat keras atau hardware dan sanggup juga sebab kerusakan perangkat lunak atau software. Untuk memperbaikinya, dibutuhkan alat-alat servis HP yang memadai. Sebab, perangkat keras yang ada di dalam mesin HP tentu saja berukuran sangat kecil, sehingga alat-alat servis HP pun juga harus khusus.
Terlebih lagi dikala ini HP telah merajalela dan berkembang pesat. Hal ini sanggup menjadi peluang perjuangan bagi orang yang sudah mempunyai keterampilan dalam bidang elektronika, khususnya HP. Selain itu, kita juga sanggup berguru bagaimana servis HP supaya ketika HP kita mengalami masalah, kita sanggup menyelesaikannya sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya untuk membawanya ke tukang servis HP.
Beberapa Alat Servis HP
Alat-alat servis HP mempunyai banyak jenis dan fungsi. Untuk itu, sebelum mempunyai alat-alat servis HP, sebaiknya mengetahui dan mempelajari banyak sekali alat servis HP beserta fungsinya. Berikut beberapa alat servis HP yang sering dibutuhkan dalam servis HP:
1.      Power Supply
Power Supply berfungsi sebagai sumber daya ketika cuilan HP diperbaiki. Secara logika, power supply menggantikan tugas baterai HP yang sedang diperbaiki tersebut. Fitur yang sebaiknya ada:
§  Voltage yang sanggup dilihat dengan gampang melalui design Dual Digital Display;
§  Sistem Multi-Functional Telecom Power Supply;
§  Highly Sensitive Electronic Protection, untuk melindungi PCB dari kerusakan yang fatal;
§  Continuous Adjustablility, supaya voltage output lebih stabil.
2.      Digital Multimeter
Alat servis HP yang satu ini berfungsi sebagai alat ukur. Sebaiknya Anda memakai multimeter yang tampilannya sudah digital, sebab pengukuran komponen dan tes pada suatu test poin sudah menawarkan presisi angka yang sangat mendetail, sehingga bila hanya dibaca secara manual akan kesulitan.
3.      BGA Multifunctional Repair Platform
Alat ini berfungsi untuk mencetak komponen-komponen HP menyerupai IC, SMD, dan BGA secara lebih akurat. Penyolderan pada cetakan ini dilakukan dengan memakai pasta timah. Fitur yang sebaiknya ada dalam alat servis HP ini antara lain:
§  Untuk solder dan pengetesan platform SMD, PCB;
§  Desain dengan Anti Listrik Statik;
§  Desain untuk Ground connection;
§  Modul posisi BGA secara magnetik;
§  Model rujukan chip yang bervariasi.
4.      Welding Remover
Alat servis HP ini berfungsi untuk melepas atau menyolder IC dengan ajaran udara panas dari pemanas yang keluar dari blower pada alat tersebut.
Fitur yang sebaiknya ada dalam alat ini adalah:
§  Bahan atau elemen material yang mendukung, sehingga alat ini akan lebih tahan lama;
§  Air flow dan temperatur yang sesuai untuk proses pemasangan atau pelepasan SMD menyerupai : SOIC, CHIP, QFP, PLCC, IC, BGA, dan sebagainya;
§  Menggunakan desain Anti-Static;
§  Rata-rata air flow sebesar 0,3 - 24 L/minutes;
§  Elemen pemanas sebesar 50 Watt;
§  Temperatur udara yang sanggup mencapai 100° C - 480° C.
5.      High Precision Thermostat Soldering Station
Alat servis HP yang satu ini mempunyai fungsi yang hampir sama dengan welding remover, yakni untuk mencopot atau memasang IC dengan ajaran udara panas dari pemanas yang dikeluarkan oleh blower.
6.      Intelligent Frequency Counter
Alat ini berfungsi untuk mengontrol Frequency Counter termasuk Measure Frequency, Measure Period, Check Crystal, Calculation Function yang khusus didesain untuk memperbaiki HP.
7.      Sparepart Handphone
Dalam perbaikan handphone kita juga memerlukan sparepart HP, menyerupai layar LCD, speaker, kabel, microphone, dan lain sebagainya. Sparepart HP ini sanggup dibeli secara eceran di toko-toko elektronik atau toko elektronik khusus HP.























Baca juga: