-->
Monitoring Server Pada Windows Server 2016

Monitoring Server Pada Windows Server 2016

NAMORZ - Oke,kali ini Admin akan membagikan lagi Materi Sistem Operasi Jaringan wacana Monitoring Server.Sistem network monitoring merupakan sistem yang secara berkesinambungan melaksanakan proses monitoring secara terus menerus pada ketika sistem jaringan aktif sehingga jaringan sanggup di pantau.Jika muncul masalah, maka kita sanggup mengetahuinya dengan cepat.Topologi kali ini hanya membutukan 1 Server Windows dan 1 Client Windows saja.Untuk konfigurasinya eksklusif kita mulai!

Baca Juga : Cara Reservation IP DHCP Server untuk Client di Windows Server 2016

1. Buka Task Manager di Windows Server sobat, caranya sahabat sanggup klik kanan pada Taskbar kemudian klik "Task Manager".Kalau sudah nantinya akan terlihat ada goresan pena There are no running apps yang artinyta tidak ada aplikasi yang berjalan.

  •  Kemudian disini kita coba untuk menjalankan aplikasi, contohnya disini kita membuka Calculator.


  •  Setelah itu nantinya akan terlihat aplikasi yang kita jalankan.Kemudian kita coba "End task" dan klik "More details" untuk melihat secara full task yang berjalan.


2. Kemudian kita sanggup melihat penggunaan CPU dan Memory kita secara umum serta apps yang berjalan yakni Task Manager.

  •  Selanjutnya untuk melihat penggunaan CPU, Memory, dan Ethernet sahabat sanggup klik di sajian Performance.Nantinya disitu akan terlihat Grafik serta statusnya secara detail.


  •  Lalu bila sahabat ingin melihat Resourcer Monitor, sahabat sanggup klik pilihan "Open Resource Monitor" di paling bawah.Dan nantinya sahabat sanggup melihat Overview dari CPU, Memory, Disk dan Network sobat.


3. Kalau tadi kita melihatnya eksklusif dari Windows, kali ini kita coba lewat Server Manager.Caranya sahabat buka Server Manager > Tools > Performance Monitor.

  •  Selanjutnya pilih Performance > Monitoring Tools > Perfomance Monitor untuk melihat Grafik Performance kita.


  •  Kemudian kita coba juga untuk menambahkan Counter.Caranya klik kanan pada Grafik > Add Counters...


  •  Lalu klik Tanda panah kecil di sajian Processor > Add > Akan muncul di Added Counters > OK.


  •  Nantinya Grafik performance akan bermetamorfosis berwarna.


3. Kemudian untuk melihat Event, kita sanggup lakukan dengan cara klik Tools > Event Viewer.

  •  Nantinya akan muncul sajian awal dari Event Viewer (Local).


  •  Nah, bila sahabat ingin memfilter log sanggup dilakukan dengan cara pilih  Windows Logs > System > klik Kanan > Filter Current Log...


  •  Kemudian kita rubah Event Level menjadi Critical > OK.Dan nantinya status log-nya akan berubah semua menjadi Critical.


4. Selanjutnya kita coba di Client dengan Aplikasi Manage Engine Windows Health Monitor.Untuk mendapat aplikasi-nya sahabat sanggup download Disini.Kalau sudah di download, install menyerupai biasa kemudian buka Aplikasinya.Lalu koneksikan ke Server.Caranya klik Add Server > Lalu masukkan Server Name, Domain, Username, dan Password kemudian Connect.

  •  Kalau sudah sanggup terkoneksi nantinya akan muncul Informasi wacana Server kita.


Oke, itu saja mungkin untuk Monitoring Server di Windows Server 2016 yang sanggup Admin bagikan kali ini.Semoga sanggup bermanfaat dan menambah ilmu dan pengetahuan sahabat wacana Monitoring Server.Jika sahabat mengalami kesulitan ketika pengerjaan sanggup eksklusif komentar dibawah atau eksklusif ke Fanspage Facebook kami.Terima kasih dan Selamat Mencoba!


Baca juga: