-->
Manfaat Berjalan Kaki Di Bak Renang

Manfaat Berjalan Kaki Di Bak Renang

Mungkin Anda pernah mendapati orang yang hanya kerjaaannya hanya mondar-mandir dikala berada dikolam renang. Asal Anda tahu, acara tersebut bukan acara biasa sebab, berjalan-jalan didalam air sangat dianjurkan bagi mereka yang sedang mengalami gangguan kesehatan. Selain untuk orang yang terkena gangguan kesehatan, jalan-jalan di air kolam renang juga sanggup memmberikan pengaruh faktual bagi kesehatan kita.

Mungkin Anda pernah mendapati orang yang hanya kerjaaannya hanya mondar Manfaat Berjalan Kaki di Kolam Renang

Nah apa saja manfaat dari berjalan kaki di kolam renang ?

Dilansir dalam Arthritis Foundation, berjalan kaki di dalam kolam renang cocok bagi Anda yang mempunyai permasalahan sendi dan meminimalkan rasa nyeri otot. Lori Sherlock, seorang ajun dosen dari West Virginia University di Amerika Serikat menyampaikan bahwa berjalan di air yakni terapi dan latihan yang baik untuk orang dengan:

  1. Nyeri sendi atau mengalami kerusakan sendi
  2. Keterbatasan pergerakan (sebagai terapi pemulihan. Misalnya sedang terapi menggerakan otot-otot belahan kaki)
  3. Baru pulih dari cedera
  4. Memiliki duduk kasus tulang dan membutuhkan olahraga low impact

Saat Anda berjalan kaki di dalam air, kondisi ini berbeda dengan berjalan di darat. Ada perlawanan antara otot Anda dengan tekanan air. Hal ini menciptakan otot bekerja lebih keras untuk bergerak. Meskipun menciptakan Anda bekerja kebih keras, tetapi kondisi ini tidak memperlihatkan beban besar pada persendian dan tulang (low impact) Anda yang sedang bermasalah. Sebab, daya apung dari air mengurangi tekanan pada sendi dan tulang Anda. Gerakan berjalan di air ini melatih sendi dan otot Anda kembali aktif menyerupai semula tanpa memperlihatkan risiko cedera yang besar.

Apalagi kalau berjalan pada suhu air kolam yang cenderung hangat, ini sanggup membantu menenangkan rasa sakit pada sendi, tulang, dan otot Anda.

Bukan hanya untuk gangguan sendi dan otot yang Anda alami, manfaat berjalan kaki di air juga sanggup meningkatkan kebugaran jantung dan pembuluh darah menyerupai manfaat berjalan kaki biasa di darat. Saat Anda berjalan di air Anda akan lebih butuh banyak energi untuk melawan tekanan air. Jantung pun akan dilatih lebih keras untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.

Selain itu, berjalan di air juga melatih keseimbangan tubuh. Saat Anda berusaha berjalan di dalam air, air kolam pun tidak diam. Akan ada ombak yang menciptakan tubuh Anda sanggup terbawa ke samping kanan atau kiri. Di posisi inilah diperlukan kekuatan menahan dan juga keseimbangan tubuh semoga terus bergerak menuju tujuan Anda.

Manfaat berjalan kaki di dalam air yang tidak kalah penting yakni mengkremasi kalori lebih banyak dibandingkan jalan kaki biasanya. Berjalan di air membutuhkan perjuangan yang lebih besar daripada berjalan di darat. Kondisi ini tentunya menciptakan berjalan di dalam air akan lebih banyak bakar kalori.

Menurut dr. Robert Wildre, spesialis fisiologi dan kepala rehabilitasi olahraga di University of Virginia, air 800 kali lebih padat dibandingkan udara, sehingga ini akan mengkremasi lebih banyak kalori dan lebih banyak membangun otot di setiap gerakan dalam air.

Bagi Anda yang ingin mengkremasi kalori dengan olahraga air, tapi belum sanggup berenang, Anda sanggup memulai latihan dengan jalan kaki di dalam air ini.

Nah itulah manfaat dari berjalan kaki di kolam renang, semoga ulasan tersebut sanggup menambah wawasan bagi kita semua.

Baca juga: