-->
Teknologi Telekomunikasi Dalam Jaringan

Teknologi Telekomunikasi Dalam Jaringan

NAMORZ - Hai teman namorz, kali ini Admin akan membagikan sebuah Materi perihal Teknologi Telekomunikasi dalam Jaringan.Materi ini sangat bermanfaat bagi kalian yang sedang mencar ilmu perihal Komputer Terapan, Telekomunikasi , dll.Khususnya bagi teman yang masih menginjak di Sekolah Menengah kejuruan jurusan Teknik Komputer Jaringan, materi ini bakal ngebantu kalian nih untuk lebih memahami lagi.Oke, tanpa berlama-lama eksklusif saja kita mulai pembahasannya.Sebelum itu, beberapa poin yang akan saya jelaskan yaitu sebagai berikut :


  • Perangkat komunikasi pada komputer
  • Perangkat Teknologi komunikasi pada telepon
  • Komponen terpenting yang ada dalam telepon
  • Teknologi komunikasi perangkat bergerak
  • Teknologi informasi dan komunikasi
  • Teknologi Wireline 
  • Jenis-jenis Jaringan Wireline
  • Kabel Wireline
  • Komponen jaringan yang digunakan dalam sebuah jaringan telepon wireline
  • Teknologi Wireless
  • Jenis jaringan wireless menurut jangkauan
  • Membangun jaringan telekomunikasi
  • Peralatan teknologi komunikasi modern


Perangkat Komunikasi pada Komputer
Setiap komunikasi niscaya membutuhkan alat untuk mengubungkannya.Nah, dibawah ini merupakan alat-alat yang dibutuhkan dalam Teknologi Telekomunikasi :

  1. NIC (Network Interface Card) berfungsi PC Stand Alone semoga sanggup berkomunikasi dengan PC lain, diharapkan Network Interface Card (NIC). NIC berfungsi menghubungkan PC dengan media yang digunakan. 
  2. Kabel Alat yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal dari satu tempat ke tempat lain. Berdasarkan jenisnya, kabel terbagi menjadi 3 yakni kabel tembaga (copper), kabel koaksial, dan kabel serat optik. Switch sebuah alat jaringan yang melaksanakan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding menurut alamat MAC)
  3. Modem (Modulator-Demodulator), Modem yaitu proses penerjemahan data dari digital ke analog sehingga bisa ditransmisikan. Demodulate yaitu sebaliknya, proses menerjemahkan dari analog ke digital. Server Komputer yang disediakan untuk menyediakan sejumlah layanan yang diharapkan komputer lain (klien).
  4. Repeater adalah peralatan yang berfungsi memperkuat sinyal di dalam jaringan komputer 
  5. Access Point, Access Point yaitu sebuah node yang telah dikonfigurasi secara khusus pada sebuah WLAN (Wireless Local Area Network). Access Point bertindak sebagai pusat pemancar dan peserta untuk sinyalsinyal radio WLAN. Access Point sering disebut juga base station. 
  6. Router, Sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan menyerupai Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.
Perangkat Teknologi Komunikasi pada Telepon
Selain pada komunikasi komputer, didalam komunikasi telepon juga pastinya mempunyai perangkat.Beberapa perangkat yang ada yaitu :
  • Telepon kabel , yaitu alat komunikasi yang membutuhkan kabel semoga sanggup berfungsi Telepon Seluler Telepon seluler memakai sistem wireless. pengirim dan peserta harus tetap tercakup BTS (Base Transceiver Station ). BTS yaitu peralatan yang memfasilitasi komunikasi secara wireless antara pengguna telepon seluler.
Komponen terpenting yang ada dalam telepon
Sementara itu komponen yang sangat penting yang sanggup menciptakan telepon sanggup digunakan untuk berkomunikasi yaitu sebagai berikut :
  1. Mekanisme Dialing memungkinkan penelpon memasukkan nomor tujuan yang ingin beliau panggil, sebagian besar telepon dilengkapi dengan keypad yang berjumlah 12 tombol, yang terdiri dari tombol 0 hingga 9 kemudian tombol bintang (*), dan tanda pagar (#).
  2. Transmitter berfungsi mengubah bunyi menjadi arus listrik yang kemudian dikirimkan lebih jauh melalui kabel telpon.
  3. Ringer berfungsi untuk mengatakan sinyal adanya telpon yang masuk, pada permulaan, ringer terbuat dari sebuah lonceng kecil, dikala ini, peralatan elektronik digunakan untuk menggantikan loncek kecil, sebuah chip komputer ditempatkan untuk menciptakan sinyal bunyi (ringtone) atau bahkan sebuah lagu. 
  4. Receiver berfungsi untuk mengubah arus listrik menjadi suara.
Teknologi komunikasi perangkat bergerak
Selain itu, ada juga Teknologi Komunikasi perangkat bergerak menyerupai yang ada di HP Android kita sekarang, Tablet ataupun Modem USB.
  1. UMTS (3G) (universal Mobile Telecommunication Service) merupakan balasan atas kebutuhan komunikasi bunyi dan data yang lebih cepat dibanding generasi sebelummya. Teknologi ini mengatakan kecepatan pengiriman data antara 114 - 384 Kbps untuk user yang bergerak dengan kecepatan 100 km, bahkan bisa mencapai kecepatan 2Mbps untuk user diam.
  2. GPRS (2,5G) (General Packet Radio Services) merupakan teknologi pengembangan dari GSM (2G) yang hanya memakai komunikasi bunyi saja, yang kemudian ditambahkan semoga bisa digunakan dalam pengiriman data. Teknologi dibagi menjadi tiga kelas (A,B dan C) dan mengatakan kecepatan pengiriman data dari 64 - 114 Kbps.
  3. HSDPA (3,5G) (High Speed Downlink Packet Access) merupakan teknologi peralihan dari UMTS(3G) ke Wimax (4G) yang mengatakan kecepatan pengiriman data (downlink) hingga 7,2 - 14 Mbps. Teknologi jalan masuk yang digunakan yaitu HS-DSCH (High Speed- Downlink Shared Channel) yang memungkinkan kecepatan transfer data dan kapasitas penggunaan secara bersamaan menjadi tinggi.
  4. Wimax (4G) (Worldwide Interoperability for Microwave access) mulai diperkenalkan pada tahun 2001, merupakan jaringan nirkabel pita lebar (broadband). Keunggulan utama dari wimax yaitu kecepatan pengiriman data yang sangat tinggi dan ditunjang oleh cakupan yang luas sehingga jumlah BTS pemancar sanggup diminimalkan.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu Teknologi yang berfungs untuk mengatakan sebuah informasi dan menyebarkannya ke satu tempat ke tempat yang lain.

Peralatan Teknologi Informasi yaitu segala alat untuk mengolah dan menyajikan informasi. Kalian tentu sering mendengar kata "Komputer‟. Nah, komputer yaitu pola alat teknologi informasi.

Beberapa jenis komputer yang ada di sekitar kita dan perlu kalian ketahui yaitu :
  1. Personal Komputer (PC) merupakan peralatan yaitu peralatan utama dalam teknologi informasi. Alat ini berfungsi untuk mengubah data menjadi informasi yang diperlukan. Peralatan ini terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).
  2. Laptop/Notebook Laptop yaitu bentuk lain dari komputer. Sebutan laptop menunjuk pada komputer ramping yang yang sanggup dipangku (Lap berarti pangkuan). 
  3. Personal Digital Assistant ( PDA ) merupakan bentuk komputer yang lebih kecil lagi. Ukurannya kira-kira menyerupai Handphone. Karena sanggup digenggam maka komputer ini digolongkan sebagai komputer genggam (handled computer) atau lebih sering disebut palmtop. Untuk sanggup menulis atau mengetikan sesuatu penggunanya harus memakai pena khusus. Tapi banyak juga yang dilengkapi dengan keyboard mini.
Peralatan Teknologi Komunikasi yaitu segala alat yang berfungsi untuk memindahkan informasi dari satu tempat ke tempat yang lain. Beberapa jenis peralatan komunikasi yaitu sebagai berikut :
  1. Telegraf merupakan alat komunikasi jarak jauh yang terdiri dari dua bab yaitu pengirim dan penerima. Alat pengirim biasanya berupa saklar tekan dan alat penerimanya disebut peserta Morse.
  2. Telepon berfungsi untuk mengirim dan mendapatkan informasi yang berbentuk Suara. Seperti halnya telegraf, pesawat telepon terdiri dari dua bab yaitu pengirim dan penerima.
  3. Radio Pesawat merupakan pesawat peserta gelombang radio yang dipancarkan dari stasiun pemancar radio. Bila yang dipancarkan berita, maka yang akan didengar di radio juga berita. Informasi yang dipindahkan yaitu Suara.
  4. Televisi adalah salah satu peralatan komunikasi peserta yang mendapatkan sinyal-sinyal dari stasiun pemancar televisi. Alat ini sanggup mendapatkan informasi berbentuk bunyi dan gambar (audio visual) 
  5. Faximile mempunyai kegunaan yang sama dengan telepon, yakni mendapatkan dan mengirim informasi. Namun mesin faximile tidak mengirim suara, melainkan mengirim data dan informasi dalam bentuk teks atau gambar. 
  6. Satelit adalah alat komunikasi yang di letakan di luar angkasa. Satelit berputar mengelilingi orbit tertentu di atas bumi. Tugas satelit yaitu mendapatkan sinyal dari sebuah tempat di bumi dan mengirimkannya ke bab lain di bumi.
  7. Telepon selular (handphone) yaitu alat komunikasi yang tidak dikirim dengan kabel, tapi memakai sistem wireless (tanpa kabel = nirkabel). 
  8. Modem adalah alat yang berfungsi mengubah sinyal analog dari dari kabel telepon menjadi sinyal digital. Sinyal analog harus diubah menjadi sinyal digital, alasannya komputer hanya sanggup membaca sinyal digital.
Teknologi Wireline
Wireline adalah media transmisi dengan memakai kabel sebagai mediator antara pengirim dan penerima.Wireline biasanya digunakan untuk jaringan dalam jarak bersahabat menyerupai dalam satu kantor atau gedung.Akan tetapi,tidak menutup kemungkinan wireline sanggup digunakan untuk jaringan komunikasi jarak jauh,seperti pada pesawat telepon dan sambungan Internet.

Jenis-Jenis jaringan Wireline
Wireline juga terbagi dalam beberapa macam, yaitu sebagai berikut :
  1. LAN (Local Area Network) yaitu jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran. Umumnya dimiliki oleh perusahaan atau organisasi tertentu. LAN digunakan untuk men ghubungkan komputerkomputer yang terdapat di dalam gedung atau kantor tersebut.LAN memungkinkan suatu perusahaan atau pabrik-pabrik sanggup memakai sumber daya (resources, contohnya printer) secara bersama-sama. Selain itu LAN juga memungkinkan komputer-komputer sanggup saling berkomunikasi dan saling bertukar informasi.
  2. MAN (Metropolitan Area Network) yaitu jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. MAN umumnya digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang letaknya berdekatan. Misalnya saja kantorkantor pemerintah yang terdapat dalam suatu kota,dapat dihubungkan dengan MAN. Hal ini dibentuk untuk tujuan membuatkan data antara satu instansi dengan instansi yang lainnya. Man bisa menunjang data dan suara, bahkan sanggup bekerjasama dengan jaringan televisi kabel.
  3. WAN (Wide Area Network) yaitu jaringan komputer yang meliputi area yang sangat luas dari segi geografis.WAN sanggup saja meliputi sebuah negara atau benua 
  4. Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang sangat besar yang sanggup meliputi seluruh dunia. Orang yang terhubung ke Internet berarti terhubung ke semua komputer yang ada di dunia yang juga terhubung ke Internet.
Kabel Wireline
Selain jenis-jenis jaringan, Wireline juga mempunyai jenis-jenis kabel yang digunakan sebagai media transmisinya.Kabel-kabel tersebut yaitu :
  1. Kabel terpilin ,Kabel ini biasa digunakan sebagai penghubung telepon dengan jalur telepon.Setiap dua kabel saling dipilin dengan tujuan untuk mengurangi interferensi elektromagnetik terhadap kabel lain atau dengan sumber eksternal.Kabel ini juga sanggup digunakan untuk menghubungkan komputer dalam suatu jaringan dengan menghubungkannya dengan hub dan switch.
  2. Kabel Coaxial ,Kabel ini merupakan kabel yang dibungkus dengan metal yang lunak dan mempunyai tingkat transmisi yang tinggi kalau dibanding kabel terpilin. Akan tetapi harganya relatif lebih mahal. Kabel ini biasa digunakan untuk menghubungkan peralatan video, jaringan radio, dan juga untuk jaringan komputer, khususnya ethernet.
  3. Kabel Serat Optik ,Kabel ini terbut dari serat – serat optik, yaitu serat – serat yang terbuat dari serabut beling (optical fibers) yang sangat tipis sebesar diameter rambut manusia. Kabel ini mempunyai kecepatan transfer data 10 kali lipat kabel coaxial. Kabel ini biasa digunakan untuk transmisi data digital jarak jauh dengan kecepatan yang lebih tinggi dari jaringan kabel lain atau tanpa kabel.
Komponen Jaringan yang digunakan dalam sebuah Jaringan Telepon Wireline
Secara umum komponen jaringan yang digunakan dalam sebuah jaringan telepon wireline yaitu : 
  1. Sentral Telepon (switching unit) : yaitu perangkat yang berfungsi untuk melaksanakan proses pembangunan kekerabatan antar pelanggan. Sentral telepon juga melaksanakan kiprah pencatakan data billing pelanggan.
  2. MDF (Main Distribution Frame) : yaitu sebuah tempat terminasi kabel yang menghubungkan kabel saluran pelanggan dari sentral telepon dan jaringan kable yang menuju ke terminal pelanggan. Bila sebuah sentral telepon mempunyai 1000 pelanggan, maka pada MDF-nya akan terdapat 1000 pasang kabel tembaga yang terpasang pada slot MDF-nya, dimana setiap pasang kabel tembaga ini akan mewakili satu nomor pelanggan.Dan 1000 pasang kabel yeng terpasang di slot MDF ini akan di-cross coneect dengan 1000 pasang kable lain yang berasal dari saluran pelanggan yang menuju ke pesawat terminal pelanggan. Makara bila seorang pelanggan ingin semoga nomor teleponnya diganti dengan nomor lain, maka proses perubahan nomor ini sanggup dengan gampang dilakukan dengan merubah koneksi saluran pelanggan di MDF-nya. MDF bisanya diletakan pada satu gedung yang sama dengan sentral teleponnya (berdekatand engansentral telepon). 
  3. RK (Rumah Kabel) : juga merupakan sebuah perangkat cross connect saluran pelanggan, hanya saja ukurannya lebih kecil. Makara dari MDF, kable saluran pelanggan akan dibagi-bagi dalam kelompok yang lebih kecil dan masingmasing kelompok kabel akan didistrubikan ke beberapa RK. Dan dari RK, kable saluran pelanggan ini akan dibagi-bagi lagi ke dalam jumlah yang lebih kecil dan terhubung ke beberapa IDF. Bentuk phisik RK yaitu sebuah kotak (biasanya berwarna putih) dan banyak kita temui dipinggir-pinggir jalan. 
  4. IDF (Intermediate Distribution Frame) : juga merupakan sebuah perangkat cross connect kabel saluran pelanggan, dengan ukuran yang lebih kecil dari MDF dan RK. Secara phisik, IDF berbentuk kotak-kotak (biasanya warna hitam) yang terpasang pada tiang-tiang telepon. 
  5. TB (Terminal Box) : juga merupakan cross connect kabel saluran pelanggan yang menghubungkan antara kabel saluran pelanggan di dalam rumah dengan yang diluar rumah. Secara phisik, TB berbentuk kotak yang terpasang di rumah-rumah pelanggan. 
  6. Pesawat telepon pelanggan : perangkat yang berfungsi sebagai transceiver (pengirim dan penerima) sinyal suara. Pesawat pelanggan juga dilengkapi dengan bell dan keypad DTMF yang berfungsi untuk mendial nomor pelanggan.
Teknologi Wireless
Wireless adalah teknologi elektro yang beroperasi tanpa kabel. Tehnologi wireless yaitu juga sanggup digunakan untuk komunikasi, dan pengontrolan contohnya penggunan untuk komunikasi.Cara Kerja : Data dipertukarkan melalui media gelombang cahaya tertentu (seperti teknologi infra merah pada remote TV) atau gelombang radio (seperti bluetooth pada komputer dan ponsel)dengan frekuensi tertentu.

Jaringan wireless yaitu jaringan dengan memakai teknologi nirkabel, dalam hal ini yaitu kekerabatan telekomunikasi bunyi maupun data dengan memakai gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel, teknologi nirkabel, ini lebih sering disingkat dengan istilah jaringan wireless. 

Teknologi wireless, memungkinkan satu atau lebih peralatan untuk berkomunikasi tanpa koneksi fisik, yaitu tanpa membutuhkan jaringan atau peralatan kabel. Teknologi wireless memakai transmisi frekwensi radio sebagai alat untuk mengirimkan data, sedangkan teknologi kabel memakai kabel. Teknologi wireless berkisar dari sistem komplek menyerupai Wireless Local Area Network (WLAN) dan telepon selular hingga peralatan sederhana menyerupai headphone wireless, microphone wireless dan peralatan lain yang tidak memproses atau menyimpan informasi.

Jenis jaringan wireless menurut jangkauan
Jaringan wireless banyak jenisnya tapi biasanya digolongkan ke dalam tiga kelompok menurut jangkauannya: Wireless Wide Area Network (WWAN), WLAN, dan Wireless Personal Area Network (WPAN).
  1. WWAN meliputi teknologi dengan kawasan jangkauan luas menyerupai selular 2G, Cellular Digital Packet Data (CDPD), Global System for Mobile Communications (GSM), dan Mobitex 
  2. WLAN, mewakili local area network wireless, termasuk diantaranya yaitu 802.11, HiperLAN, dan beberapa lainnya.
  3. WPAN, mewakili teknologi personal area network wireless menyerupai Bluetooth dan infra merah. Semua teknologi ini disebut “tetherless” dimana mereka mendapatkan dan mengirim informasi memakai gelombang electromagnet (EM).
Membangun jaringan telekomunikasi
Hal-hal yang harus diperhatikan dikala membangun sebuah jaringan telekomunikasi yang mangacu pada tantangan dalam sebuah jaringan. Adapun tantangan tersebut diuraikan sebagai berikut: 
  1. Kekurangan alamat. alamat IP alamat terbatas pada 2**32 dan kini sedang berlangsung perjuangan untuk meningkatkan jumlah alamat ini hingga 2**128. o Perusahaan tidak bisa memakai semua 2**24 alamat yang diijinkan oleh suatu kelas A. o Pengalamatan Kelas C menjadi lebih efektif tetapi metode ini meningkatkan ukuran tabel routing dalam router, mengurangi efisiensi paket yang di-forward.
  2. Kendali yang didesentralisasi menciptakan jaringan gampang diskalakan. Namun juga mendatangkan bahaya menciptakan suatu service tidak terjamin integritasnya. Perlu perhatian terhadap aspek keamanan. Ini juga berarti tidak ada cara yang sama untuk melaksanakan perhitungan pemakaian, yang justru amat diharapkan untuk menjamin Mutu Layanan (QoS) untuk aplikasi-aplikasi seperi aplikasi multimedia.
  3. Multimedia (suara, video, dan data) aplikasi yang memerlukan kinerja secara real-time juga membutuhkan jaminan ketersediaan bandwidth minimum atau sambungan dengan latency yang variasinya kecil (jitter).
  4. Parameter jaminan Mutu Layanan (Qos) ini tidak lagi didukung dengan teknologi internet yang ada sekarang.
  5. Qos memerlukan sinyal tertentu untuk menginformasikan kepada semua router perihal parameter jalur yang harus tersedia untuk masing-masing kelas kemudian lintas data.
  6. Lalu lintas arus data yang gres harus sanggup mengizinkan atau menolak entry tertentu yang akan masuk ke jaringan menurut keadaan kemudian lintas arus yang ada kini semoga memenuhi parameter QoS. Ini sukar untuk dipenuhi di bawah kendali jaringan desentralisasi.
  7. Penundaan Delay pada setiap workstation relatif rendah, luas bandwidth relatif tinggi.
  8. Rasio kesalahan selama transmisi data rendah.
  9. WorkStation mempunyai kemampuan untuk memancarkan pesan secara satu persatu atau secara keseluruhan (multicast).
  10. Hubungan secara peer to peer antara workstation yang terhubung sanggup berlaku kekerabatan master/slave.
Peralatan Teknologi Komunikasi Modern
Pada dasarnya peralatan teknologi komunikasi modern meliputi 3 perangkat utama: 
  • Komputer
  • Jaringan Sistem Komunikasi
  • Net Tools 
  1. Komputer , Gabungan antara penggunaan komputer dengan teknologi telekomunikasi telah menghasilkan apa yang kita kenal sebagai teknologi informasi. Teknologi informasi telah berperan sebagai tempat untuk menyimpan informasi, mengolah informasi, mendistribusikan informasi dalam banyak sekali bentuk dan cara. Bahan atau informasi tersebut sanggup disebarkan berupa teks, gambar, grafik, suara, animasi, dan video, atau adonan secara interaktif yang dikenali sebagai multimedia. 
  2. Jaringan dan Komunikasi Jaringan komunikasi merupakan sebuah sistem yang bisa menghubungkan dan mengga-bungkan beberapa titik komu-nikasi menjadi satu kesatuan yang bisa berinteraksi antara satu dengan lainnya. Berikut ini beberapa perangkat komunikasi yang memakai jaringan.
  • Telephone merupakan alat komunikasi dua arah yang memungkinkan 2 orang atau lebih untuk bercakap-cakap tanpa terbatas jarak.
  • Integrated Service Digital Network (ISDN) merupakan layanan jaringan komunikasi khusus yang memakai jaringan telepon yang bisa menangani penyimpanan data berupa teks, gambar, video, faksimili, dan lain-lain
  • CD Interaktif (CD-i) Pengetian CD interaktif yaitu CD pembelajaran yang mempunyai fungsi memberi informasi. Di dalamnya terdapat tombol-tombol yang bisa menuju ke kemudahan lainnya.
  • Video Streaming merupakan teknologi komputer sebagai jaringan clientserver dalam melaksanakan undangan (request) untuk dikirimi data dalam hal ini materi yang bersifat multimedia (audio, video). 
  • Leased line merupakan jaringan telepon tetap (permanen) yang menghubungkan dua tempat atau lebih. Jaringan ini tidak mempunyai alat pengalih (switching) atau sejenisnya, jaringan ini bekerja diantara tempat-tempat yang dihubungkan tersebut secara spesifik atau yang sudah ditentukan.
  • Jaringan Komunikasi dengan Satelit Jaringan komunikasi tanpa kabel yang memakai satelit yang berfungsi sebagai pemancar, peserta dan penguat. Sistem komunikasi ini memakai gelombang sebagai penghantar datanya
  • Komunikasi seluler merupakan komunikasi yang memakai transmisi radio untuk mengirimkan sinyal informasi, alat tersebut lebih dikenal dengan nama HandPhone. 
Oke, mungkin itu saja yang sanggup Admin bagikan seputar Materi Teknologi Telekomunikasi dalam Jaringan.Semoga teman semua yang membutuhkan bisa mengerti dan memahami apa yang ada disitu.Semoga Bermanfaat!



Baca juga: