-->
Cara Menciptakan Mail Merge

Cara Menciptakan Mail Merge

belajar komputer

Mail merge yaitu akomodasi untuk menciptakan surat yang penerimanya akan otomatis terisi sendiri, sebab sudah dibuatkan data peserta surat tersebut. Kaprikornus ada dua buah file yaitu file surat nya dan file data peserta surat.

Cara membuat:

1. buatlah dokumen surat menyerupai berikut ini:

 gambar. mencar ilmu komputer 1



2. letakan kursor pada tanda _ dibawah kata Kepada Yth, 
  • klik sajian MAILINGS, klik Select Recipients, 
  • lalu klik Type a New List ..., 
  • kemudian klik Customize Colomns ..., 
  • klik Add, isikan teks Nama-Penerima, menyerupai gambar berikut ini:

gambar. mencar ilmu komputer 2

  • kemudian klik Add kembali, dan isikan teks Alamat-Penerima.

3. sesudah di tekan OK, akan tampil kotak dialog.


gambar. mencar ilmu komputer 3

  • isikan data Nurdiansyah pada kolom NamaPenerima, kemudian Matang Suri pada kolom AlamatPenerima, kemudian klik New Entry untuk mengisi data berikutnya,
  • bila semua data sudah di isikan, klik OK, akan muncul kotak obrolan penyimpanan, berilah nama DATA.

kembali lagi ke layar editor Microsoft Word 2013 ...


4.  letakan kursor pada  tanda _ dibawah teks Kepada Yth, klik sajian MAILINGS kembali, klik Insert Merge Field, kemudian klik NamaPenerima.

5. letakan kursor pada  tanda _ yang berikutnya, dibawah, klik menu, klik Insert Merge Field, kemudian klik AlamatPenerima.




 gambar. mencar ilmu komputer 4


  •  sehingga surat kita tampak menyerupai gambar berikut ini:


 gambar. mencar ilmu komputer 5


6. Untuk melihat isi datanya, klik sajian MAILINGS, kemudian Preview Results, menyerupai gambar berikut.



 gambar. mencar ilmu komputer 5


  • klik tanda > yang berwarna biru untuk melihat data yang berikutnya.

6. selanjutnya di Save dokumennya, dan di print tentunya ... Semoga bermanfaat.

Baca juga: